Mendengar nama Papua disebut, yang akan terbayang dalam kepala kita adalah daerah pra-sejahtera dengan hutan belantara yang luas dan jauh dari sentuhan modern. Bahkan hampir semua orang mengetahui jika Papua adalah pulau dengan akses yang susah, belum lagi maraknya pemberitaan miring baru-baru ini  membuatnya mendapat predikat kota yang butuh perhatian lebih dari pemerintah.

Uniknya, di tengah kehidupan Papua yang katanya ‘tertinggal’ tersebut, sebuah kota malah berdiri megah dan sangat kontras dengan kondisi negeri di ujung timur ini. Kuala Kencana namanya, kota modern yang perbandingannya bak bumi dengan langit dengan Papua. Lebih lengkapnya, kira-kira seperti inilah fasilitas modern yang akan disuguhkan oleh Kuala Kencana.

Tatanan kota yang tiada bandingannya dengan Papua

Kota Kuala Kencana berada di dataran rendah bagian tengah selatan Papua. Kota ini masuk ke dalam distrik kabupaten Mimika dengan ibukota Timika. Tapi, jangan dibandingkan dengan kota Timika, Kuala Kencana seolah merupakan dimensi lain yang lebih maju dan modern, terutama dalam hal tatanan kotanya. Saat memasuki kota ini, kamu akan dismabut dengan ucapan selamat datang, masuk sedikit ke dalamnya akan ada patung-patung dengan etnik khas Papua, jalan beraspal yang mulus dan bebas sampah, serta lalu lintas yang sangat tertib.

Ucapan selamat datang Kuala Kencana [Sumber foto]
Ya, tak akan ada kata bosan untuk melintasi sepanjang jalan rayanya, karena kamu akan langsung disajikan dengan pemandangan menyegarkan yang kaya keanekaragaman hayati. Pengendara di kota inipun sangat santun menghargai hak-hak para pejalan kaki. Terbayang tidak bagaimana indahnya kota ini?

Perumahan elit untuk para karyawan PT. Freeport

Kota Kuala Kencana sebenarnya adalah kota yang didesain khusus sebagai fasilitas untuk para karyawan PT. Freeport Indonesia. Lagi-lagi jika dibandingkan dengan kota ini, Timika tak ubahnya seorang gembel. Memasuki kawasan elit ini pun harus memakai  ID card visitor dari Freeport, jadi tak akan ada orang asing yang bisa masuk sembarangan ke dalam kota.

Perumahan Kuala Kencana [Sumber foto]
Atmosfer yang diberikan kota ini benar-benar berbeda. Model rumah-rumah berderet seperti yang sering kita lihat di film-film Barat, tanpa pagar dan halaman hijau yang luas membentang. Setiap rumah dilengkapi playground yang memungkinkan untuk anak-anak bermain dengan aman dan nyaman.

Utilitas pengamanan bawah tanah pertama di Indonesia

Diresmikan pertama kali oleh presiden Soeharto pada tahun 1995, kota ini adalah kota spesial yang memiliki utilitas bawah tanah untuk saluran listrik dan komunikasinya. Tidak ada jalur tiang listrik serta tiang telepon yang tampak ke permukaan, karena semuanya tertanam rapi di dalam bumi.

 

Utilitas bawah tanah di Kuala Kencana [Sumber foto]
Selain itu, kota ini juga memiliki distribusi air terpusat serta pengelolahan limbah terpadu. Ditunjang kelengkapan fasilitas water treatment plant mandiri membuat mereka tidak perlu lagi memikirkan air bersih, air kran yang di rumah mereka pun bisa langsung diminum.

Kota sempurna dengan sarana umum yang lengkap

Tak hanya unggul dan mewah di area perkantoran dan perumahan saja, sarana umum di Kuala Kencana juga megah  dan lengkap. Ada beberapa lapangan yang digunakan sebagai sebagai tempat bermain golf, sepakbola, serta lapangan badminton dan futsal indoor, bank dan rumah sakit. Selain itu, Kuala Kencana layak banget disebut sebagai kota di dalam kota, karena fasilitas ekstra seperti shopping center, supermarket, restoran barat dan oriental, serta salon kecantikan.

Lapangan Golf Kuala Kencana [Sumber foto]
Sekolah di kota Kuala Kencana juga dikhususkan untuk anak-anak para karyawan Freeport saja. nah, poin plusnya, segala fasilitas yang tersedia tersebut juga bisa dinikmati sama keluarga yang berkunjung loh. Surga dunia banget!

Jika kamu memiliki kesempatan berkunjung ke Kuala Kencana, kota ini  amat sangat menakjubkan. Rasanya tak akan pernah terbayangkan jika kota dengan pembangunan yang pesat, fasilias lengkap seperti itu akan ada di Indonesia, terlebih di tengah hutan belantara Papua. Tapi, kita semua berharap agar semua kota di pelososk Indonesia bisa seperti Kuala Kencana.