Categories: Trending

6 Tradisi Asli Indonesia Untuk Menyambut Ramadan

Negara Indonesia mayoritas dihuni oleh penduduk beragama Islam. Karena itulah, setiap bulan Ramadan menjelang, berbagai kota di Indonesia menyambut bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya ini.

Baca Juga : 6 Istilah Ini Berganti Nama Ketika Bulan Ramadan

Karena Indonesia merupakan negara dengan yang kaya akan beragam adat istiadat dan budaya, maka tidak heran jika masing-masing daerah memiliki caranya sendiri dalam menyambut tradisi ini. Berikut ini beberapa cara khas masing-masing daerah menyambut Ramadhan.

1. Balimau

Balimau adalah tradisi khas yang berasal dari masyarakat Minangkabau. Dalam tradisi ini, warga muslim berbondong-bondong pergi ke sungai untuk melakukan balimau, yakni mandi dengan menggunakan jeruk nipis di sungai atau tempat pemandian.

Balimau di Padang [Image Source]
Kegiatan ini dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadhan, yaitu sehari sebelum puasa dimulai untuk menyucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Tradisi ini dipercaya telah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu.

2. Meugang

Di Nangroe Aceh Darussalam ada tradisi tersendiri dalam menyambut bulan suci Ramadan. Tradisi yang disebut Meugang tersebut ditandai dengan kegiatan menyembelih kambing atau kerbau. Meugang biasanya dilaksanakan sehari sebelum bulan Ramadhan.

Meugang [Image Source]
Dalam tradisi ini, seluruh warga akan menyembelih daging kerbau atau kambing untuk dimasak dan dinikmati bersama-sama. Kalaupun ada yang tidak mampu membeli daging, semua warga akan bergotong royong untuk membantu mereka agar bisa ikut menikmati daging. Kabarnya, tradisi ini sudah ada sejak jaman raja-raja Aceh sekitar 1400 Masehi.

3. Dugderan

Tradisi Dugderan dilangsungkan di Semarang, Jawa Tengah. Tradisi ini sudah berlangsung selama ratusan tahun untuk menandai datangnya bulan Ramadhan. Biasanya acara ini digelar 1 hingga 2 minggu sebelum bulan Ramadhan dimulai.

Dugderan [Image Source]
Kata dugder diambil dari ‘dug’ yang merupakan suara bedug masjid yang ditabuh dan ‘der’ merupakan suara dentuman meriam yang disulut. Nah, kombinasi dua suara yang mewarnai festival inilah asal muasal nama festival ini.

4. Nyadran

Nyadran dilaksanakan sebagai rangkaian upacara yang dilaksanakan sebelum bulan Ramadan dimulai. Acara ini berasal dari daerah Jawa terutama Jawa Tengah. Nyadran ditandai dengan dilakukannya pembersihan makam leluhur, kemudian menabur bunga. Acara puncaknya adalah dengan diadakannya selamatan atau kenduri.

Nyadran [Image Source]
Sejatinya nyadran berasal dari tradisi Hindu-Budha, namun kemudian sejak kedatangan Walisongo, tradisi tersebut digabung dengan dakwah agar agama Islam dapat diterima dengan lebih mudah. Agar tidak bertolak belakang dengan tradisi Jawa, maka kegiatan tersebut tidak dihapus, tapi diubah sedemikian rupa dan diisi dengan ajaran Islam seperti membaca ayat Al-Quran, tahlil dan doa.

5. Nyorog

Di Betawi juga ada tradisi khusus untuk menyambut Ramadhan. Dalam tradisi ini, masyarakat membagikan bingkisan makanan kepada anggota keluarga yang lebih tua untuk saling mengingatkan bahwa bulan Ramadan akan segera datang.

Nyorog [Image Source]
Tidak hanya itu saja, kegiatan ini juga berfungsi sebagai pengikat tali silahturahmi sesama keluarga. Saat ini, istilah Nyorog memang mulai menghilang, namun tradisi ini tetap awet dalam kalangan masyarakat Betawi.

6. Dhandangan

Tradisi Dhandangan adalah sebuah festival yang diadakan oleh masyarakat Kudus dalam menyambut bulan Ramadhan. Masyarakat akan mengunjungi Masjid Menara Kudus, untuk menyaksikan penentuan 1 Ramadan yang akan diumumkan lewat masjid ini.

Masjid Menara Kudus [ImageSource]
Festivalnya itu sendiri berlokasi di sekitar masjid tersebut dan di sepanjang jalan Sunan Kudus. Melihat banyaknya orang yang datang kesana, para pedagangpun turut serta menjajakan dagangannya. Barang yang dijualpun beraneka ragam, mulai dari makanan, minuman, kerajinan khas Kudus sampai peralatan rumah tangga.

Baca Juga : 11 Fakta Unik Tentang Papua yang Jarang Diketahui Orang

Nah, itu tadi beberapa kegiatan tradisional Indonesia dalam rangka menyambut bulan Ramadan. Semua kegiatan tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing sesuai dengan daerah asal tradisi tersebut. Bagaimanapun, menyambut Ramadan kali ini, jangan lupa kita sambut dengan hati dan pikiran yang bersih agar bisa menjalankan puasa dengan sebaik mungkin.

Share
Published by
Tetalogi

Recent Posts

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

2 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago