Keberadaan jalan tol sendiri disediakan agar bebas hambatan dan bisa cepat sampai ke tempat tujuan lebih dulu daripada mereka yang menggunakan jalan umum. Keberadaan tol ini bisa sangat menolong saat sudah terburu dan dikejar waktu, ya, meski harus membayar ekstra mahal pula.

Di Indonesia sendiri, meski namanya jalan tol, namun kendaraan tetap saja terlihat berlalu lalang, terutama di Ibu Kota. Tak ada tol yang sangat sepi bahkan tampak seperti tidak dilalui oleh roda empat. Berbeda banget kalau kita melihat tol yang ada di Korea Utara. Yap, tol di negara sejuta kontroversi ini tak kalah menarik, karena ia lengang, kendaraan yang lewat benar-benar bisa dihitung jari.

Anak kecil bisa dengan bebas bermain di jalan tol

Anak kecil main di jalan tol Korut [sumber gambar]
Mungkin satu-satunya tol di dunia yang bisa dipakai untuk bermain adalah tol Korea Utara ini. Di jalan tol yang begitu luas, anak kecil bisa dengan leluasa bergerombol dan main-main tanpa harus takut tertabrak kendaraan yang lewat. Hal ini terjadi karena jarang sekali ada roda empat yang melintas di sana. Kondisi jalan tol yang jadi lahan bermain anak ini ditangkap oleh seorang fotografer bernama Eric Lafforgue.

Bisa dilalui oleh kendaraan roda dua

Tol di Korut [sumber gambar]
di momen lain, selain banyak anak kecil yang bermain, ada pula tampak orang yang memakai sepeda ontel sedang berada di tengah jalan tol tersebut. Mereka ini adalah buruh-buruh yang pulang atau berangkat bekerja. Tol yang sangat luas ini selama beberapa jam mungkin hanya dilewati oleh satu atau dua mobil saja. Kalau di Indonesia mah jangan harap sepeda bisa masuk ke ruas jalan tol, bisa-bisa terkena denda tuh.

Bisa dijadikan area balapan hingga landasan pesawat

Jalan tol di Korea Utara [sumber gambar]
Dengan tol yang sangat luas itu, kalaupun penuh oleh kendaraan, 10 mobil bisa lewat dalam satu waktu kok. Hanya saja, saking mulusnya tol ini, mungkin ia akan cocok menjadi landasan pacu pesawat yang ingin mendarat dengan darurat, atau mungkin arena untuk balap kendaraan bermotor.

Mengapa tol Korea Utara sepi?

Tol sepi [sumber gambar]
Korea Utara terkenal dengan segala macam aturan gilanya yang diterapkan kepada penduduk. Kim Jong Un adalah satu-satunya manusia yang berkuasa penuh di dalam negara ini. Mobil di Korea Utara adalah hal yang sangat langka. Hanya orang-orang tertentu saja yang boleh memiliki kendaraan, mereka adalah orang yang bergabung dalam militer atau masuk dalam jajaran pemerintah. Lantas buat apa bikin tol luas dan lebar ya?

BACA JUGA: Aturan Kecil Tapi Aneh dari Korea Utara yang Jarang Didengar

Pemandangan kondisi tol yang sangat sepi ini jarang sekali kita lihat, terutama di Indonesia. Namun, di Korea Utara pun, tol sepi adalah hal yang biasa, karena di sana orang yang punya kendaraan juga hanya orang tertentu saja. Maklum, Korea Utara memang terkenal punya aturan rumit dan nyeleneh.