in

Kontroversi KPAI yang Tuai Polemik, Salah Satunya Wanita Bisa Hamil Jika Renang dengan Pria

Pernyataan Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty memang sempat memancing kegaduhan di ruang publik. Hal ini terjadi lantaran dirinya menyebutkan bahwa wanita bisa hamil jika berenang di kolam renang bersama pria. Tagar #PecatSittiHikmawatty pun sempat ramai dan menjadi trending topic di Twitter.

Tak sekali ini KPAI menuai kontroversi dan menuai polemik di kalangan masyarakat. Sebelumnya, lembaga independen yang didirikan pada 20 Oktober 2002 ini sempat menjadi sorotan soal pelarangan iklan yang melibatkan Girlband asal Korea Selatan, Blackpink. Lebih lengkapnya, simak ulasan Boombastis berikut ini.

Soal KPAI yang menduga Jan Ethes dilibatkan dalam politik

Presiden Joko Widodo bersama Jan Ethes [sumber gambar]
Cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes sempat menuai polemik karena dipermasalahkan oleh KPAI. Menurut pihak KPAI, hal tersebut timbul karena adanya dugaan bocah tersebut terlibat dalam kegiatan politik. Lembaga itu itu pun sempat menyurati Bawaslu terkait permasalahan yang ada. “Dua hari yang lalu kita sudah bersurat ke Bawaslu karena sudah ada MoU soal pelibatan anak dalam politik. Dugaan kita ada upaya untuk menarik Jan Ethes dalam arena kontes politik,” ucap Komisioner KPAI Jasra Putra yang dikutip dari CNNIndonesia.com (10/02/2019).

Masalah KPAI dan PB Djarum yang sempat menuai polemik

Permasalahan antara KPAI dan PB Djarum yang telah selesai [sumber gambar]

KPAI sempat menjadi sorotan pada 2019 silam saat tengah berpolemik dengan PB Djarum. Buntut dari hal tersebut, PB Djarum memutuskan untuk menghentikan audisi per 2020 mendatang setelah KPAI menganggap ajang tersebut dinilai memanfaatkan anak-anak untuk mempromosikan Djarum sebagai merek rokok. Meski demikian, hal tersebut akhirnya berakhir damai dari kedua belah pihak. Di mana KPAI sepakat mencabut surat tanggal 29 Juli 2019 tentang permintaan pemberhentian audisi Djarum, dan PB Djarum tetap mengadakan audisi dengan nama baru tanpa memakai logo, dan mereknya selaku produk rokok.

KPAI pangil manajemen Shoppe terkait iklan yang menampilkan Blackpink

Ilustrasi iklan Shoppe Blackpink [sumber gambar]
Berangkat dari aduan masyarakat atas iklan yang menampilkan girlband asal Korea Blackpink, KPAI kemudian memanggil manajemen Shoppe terkait hal tersebut. Menurut Komisioner Bidang Pornografi dan Cybercrime, Margaret Aliyatul Maimunah, pihak Shoppe seharusnya memperhatikan dampak dari iklan yang ada. Terutama pada anak-anak yang menonton tayangan tersebut. Tak hanya KPAI, KPI pun sempat mengeluarkan menegur sebelas stasiun televisi yang menyiarkannya.

Pernyataan Komisioner KPAI soal wanita bisa hamil jika sekolam dengan pria

Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty sempat menjadi sorotan lantaran pernyataannya yang kemudian menuai polemik. Saat itu, dirinya menyebut adanya kemungkinan perempuan bisa hamil jika berenang di kolam yang ada pria di dalamnya. Melihat pernyataannya yang memicu kontroversi, Sitti pun akhirnya meminta maaf. “Saya meminta maaf kepada publik karena memberikan statement yang tidak tepat,” ucap Sitti yang dikutip dari Tagar.id (23/02/2020).

BACA JUGA: Kisruh PB Djarum VS KPAI jadi Drama Nasional, Benarkah Ada Eksploitasi Anak?

Terlepas dari kontroversi yang ada, para pejabat KPAI ternyata digaji dengan nominal yang lumayan oleh negara. Dalam Peraturan Presiden Nomor 85 Tahun 2019 tentang Hak Keuangan Bagi Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Ketua KPAI menerima gaji sebesar Rp 26.250.000, Wakil Ketua KPAI sebesar Rp 24.063.000, dan anggota KPAI sebesar Rp 21.875.000. Dengan jumlah yang demikian, tentu kita sebagai masyarakat berharap KPAI agar bekerja secara maksimal dengan profesionalitas tinggi.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Bisa Berbahaya, Sebaiknya Hal Ini Tak Usah Diadakan Saat Kegiatan Pramuka

Uniknya Tol di Korut, Lahan Bermain Anak-anak Hingga Bisa Jadi Landasan Darurat Pesawat