Setelah menyambut datangnya putri pertama, Raditya Dika mengunggah persiapannya menjadi suami siaga dalam kanal YouTube-nya. Di dalam video tersebut Radit berencana untuk mempersiapkan dan mengetes diri sendiri tentang seberapa siaga dirinya menyambut kelahiran sang buah hati.

Tak bisa mengandalkan Anissa Aziza secara langsung, Radit pun meminta bantuan dari seseorang untuk berpura-pura menjadi sang istri. Spekulasi netizen, “kalau enggak mbak pembantu di rumah, paling-paling adik perempuannya,” tetapi kenyataannya, partner Radit saat icip-icip makanan, Pandu Winoto.

Pandu Winoto gantikan istri Raditya Dika [sumber gambar]
Jadi, bagaimana praktek Radit untuk menjadi suami siaga dengan membawa Pandu sebagai istri pura-puranya? Kacau? Jelas. Sebelumnya, Radit bertanya kepada Mbah Google mengenai apa yang harus disiapkan menjelang persalinan istri. Hal yang paling penting adalah memperkirakan jarak antara rumah dan rumah sakit, berapa menit yang harus ditempuh, agar tidak tergesa-gesa hingga akhirnya terjadi hal yang tak diinginkan. Untuk mengukur berapa menit yang dihabiskan dari rumah menuju rumah sakit, Radit mempraktekannya dengan menyetir.

Mobil Merci Raditya Dika baret [sumber gambar]
Pandu yang telah di-make over dengan bantal besar di perutnya pun ikut duduk di kursi depan sebelah sopir. Radit juga ingin suasana ketika istrinya kontraksi terasa nyata. Alhasil, ia meminta Pandu untuk berlaku seperti perempuan yang sedang kontraksi. “Aduh, aduh cepetan ini sudah mau keluar,” katanya. Namun, Radit tak puas dan menyatakan bahwa perempuan hamil yang kontraksi bisa berteriak lebih kencang. Saking tak konsentrasi, Radit yang telah 2 bulan tidak menyetir mobil sendiri berhasil membuat baret mobil Merci-nya.

Total perjalanan dari rumah ke rumah sakit Anissa Aziza [sumber gambar]
Radit, Pandu, dan sang kameramen pun hanya bisa tertawa getir. Para subscriber Radit pun berkomentar “cuman bang Radit yang goresin mobil Merci tapi ketawa-ketawa, gue udah pusing satu bulan kayanya.” Iya juga sih, kenapa Radit malah ketawa-ketawa, ya? Mungkin hal ini bagian dari kegetiran menjadi suami siaga. Tak lama, Radit berhasil keluar gang. Tak butuh waktu lama pula, 4 menit ditempuh, dirinya telah sampai di rumah sakit yang dipilih Anissa Aziza untuk melahirkan.

Percobaan Raditya Dika jadi suami siaga [sumber gambar]
Belum selesai persiapan menjadi suami siaga, Radit membuat skenario jika dua mobil di rumahnya tak bisa berfungsi. “Kan ada aplikasi bernama ojek online bang,” sebut Pandu. Namun, mereka sadar jika membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meng-order ojek online. Alhasil, Radit menyarankan untuk mencoba jalan kaki ke rumah sakit. Sayangnya, sepanjang jalan bukannya benar-benar latihan, Radit malah kebanyakan ngakak karena enggak sanggup menahan malu membawa Pandu sebagai ganti istrinya.

BACA JUGA: Raditya Dika Resmi Jadi Ayah, Begini Ternyata Makna Nama Bayi Perempuan yang Diberikannya

Pada akhir video, Radit baru sadar bahwa ada aplikasi peta yang bisa mengukur jarak tempuh dan waktu dari satu tempat ke lainnya. Begitu pula Pandu dan sang kameramen, entah apa yang dipikirkan suami siaga ini sampai hal dasar saja kelupaan!