in

9 Warga Pribumi Keturunan Tionghoa yang Mati-matian Membela Indonesia

9. Tan Liong Houw

Jika di dunia bulutangkis ada nama Susi Susanti, di dunia sepakbola ada Tan Liong Houw. Dia adalah mantan pesepakbola Indonesia yang memiliki julukan “Macan Betawi,” karena pada saat di era kejayaannya, dia sempat membela tim yang sekarang sudah berganti nama menjadi Persija Jakarta.

Tan Liong Houw [Image Source]
Tan Liong Houw [Image Source]
Selain itu, pesepakbola yang memiliki nama lain Latief Harris Tanoto ini sangat ditakuti lawan karena keahliannya dalam bermain bola serta menjadi penghubung antara barisan belakang dan depan. Dia tidak segan bermain keras dan merusak barisan pertahanan lawan. Bahkan, ketika terpilih untuk membela Timnas Indonesia, tim kuat Uni Soviet pun sempat dibikin kerepotan.

Inilah tokoh-tokoh Tionghoa yang berjasa besar bagi Indonesia. Kalau masih ada di antara orang-orang yang masih sering mempermasalahkan SARA terutama yang berelasi dengan orang-orang Chinese di negeri ini, maka sepertinya harus membuka lagi buku sejarah dan membaca kisah tokoh-tokoh di atas. Lihat bagaimana mereka begitu cinta dengan Indonesia sampai rela berkorban seperti itu.

Written by dwiandika

Leave a Reply

Warak Ngendog, Hewan Mitologi yang Menjadi Simbol Persatuan Etnis di Semarang

Jadi Petugas Kebersihan, Aksi Damai Bela Islam Ala Aa Gym yang Bikin Terenyuh