in

9 Warga Pribumi Keturunan Tionghoa yang Mati-matian Membela Indonesia

3. Wan Moy

Wan Moy adalah pejuang pribumi keturunan Tionghoa yang asli dan lahir di Jawa Tengah. Dia mulai aktif berjuang untuk kemerdekaan Indonesia sejak berumur 13 tahun. Di usianya yang sangat muda, Wan Moy ditugaskan untuk menjadi mata-mata tentara Siliwangi untuk mencari segala informasi yang dimiliki Belanda.

Palang Merah Indonesia [Image Source]
Palang Merah Indonesia [Image Source]
Selain menjadi mata-mata Wan Moy juga aktif dalam Palang Merah Indonesia. Tidak pernah dia membeda-bedakan pribumi atau keturunan ketika merawat semua prajurit Indonesia yang terluka.

4. Joe Hin Tjio

Nama Joe Hin Tjio mungkin masih asing di telinga masyarakat Tanah Air, padahal dari tangannya ini, nama Indonesia akhirnya banyak dikenal di dunia internasional. Di era penjajahan Jepang, dia pernah ditahan karena dianggap memberontak, namun akhirnya Joe berhasil melarikan diri ke Eropa.

Joe Hin Tjio [Image Source]
Joe Hin Tjio [Image Source]
Di Eropa, Joe mendalami ilmu sains dan akhirnya namanya menjadi terkenal karena berhasil menetapkan jumlah koromosom manusia secara pasti dan sekaligus mematahkan teori painter. Oleh karenanya, dia sebagai orang Indonesia dianggap berjasa bagi dunia medis dan sains.

Written by dwiandika

Leave a Reply

Warak Ngendog, Hewan Mitologi yang Menjadi Simbol Persatuan Etnis di Semarang

Jadi Petugas Kebersihan, Aksi Damai Bela Islam Ala Aa Gym yang Bikin Terenyuh