in

Khatam Nama Youtuber Indonesia tapi Tak Hafal Rukun Islam, Ada Apa dengan Siswa Zaman Now?

Sebagai generasi muda, ada baiknya untuk menguasai berbagai aspek tentang kehidupan. Salah satunya yang paling mendasar yaitu tentang agama. Mulai dari membedakan apa yang boleh dilakukan dan tidak atau semacamnya.

Nah, sayangnya pengetahuan dasar agama ini terkadang sedikit terlupakan oleh orang-orang. Seperti beberapa video yang diunggah oleh akun instagram @makassar_iinfo, ada siswa dan siswi ditanyai tentang ilmu agama paling dasar. Yaitu menyebutkan rukun islam dan iman yang tentunya sudah dipelajari sejak kita kecil.

https://www.instagram.com/p/Bukq4NUAG4R/

Pertama-tama, lelaki yang diketahui bernama Nodie tersebut menanyakan tentang nama-nama youtuber ternama di Indonesia. Sontak, beberapa siswa yang ditanyai menjawab dengan lancar siapa nama youtuber-youtuber tersebut. Ya meskipun sedikit tersendat, tapi mereka berhasil menjawab pertanyaannya.

Tapi, setelah pertanyaan tentang Rukun Islam diutarakan oleh Nodie, siswa-siswi tersebut mendadak diam. Ada yang malu-malu, sok berpikir dan juga menutup wajahnya sendiri. Mereka seakan tidak tahu apa Rukun Islam dan Iman yang sudah diajarkan dari kecil. Bahkan, satu di antaranya bilang kalau pertanyaan ini enggak asyik sama sekali. What?

Hafal nama youtuber [Sumber Gambar]
Untung saja ada tiga siswi yang berhasil menjawabnya dengan lantang. Tanpa perlu browsing di internet ataupun berpikir lama. Dari sini menandakan bahwa tiga siswi ini sudah menanamkan Rukun Islam dan Iman dalam otak mereka. Walaupun hal tersebut sudah jarang atau bahkan tidak pernah ditanyakan lagi di sekolah.

Melihat video di atas, pasti banyak dari Sahabat Boombastis yang sebal sendiri. Ya bagaimana mungkin hal paling mendasar dalam agama tidak diketahui oleh anak-anak ini. Orangtua dan guru tentunya sudah mengajarkan hal tersebut berulang kali. Tapi, bagaimana bisa siswa-siswi ini begitu mudahnya bilang kalau mereka tidak mengetahuinya sama sekali?

Tidak hafal Rukun Islam [Sumber Gambar]
Ya kita berpikir positif saja Sahabat Boombastis. Mungkin mereka lupa dengan Rukun Islam dan Iman karena sudah tidak pernah diulangi lagi di sekolah. Pasalnya kedua rukun ini dipelajari di sekolah pada saat taman kanak-kanak dan sekolah dasar saja. Sedangkan ketika kita duduk di bangku SMP, Rukun Islam dan Iman sudah jarang untuk dibahas lagi. Jadi, ya wajar saja mereka bisa lupa begini.

Untuk kelancaran mereka dalam menyebutkan nama youtuber di Indonesia, ini bukan hal yang patut kita pertanyakan lagi. Sebab kita tahu sendiri apa tontonan anak-anak dan remaja zaman now. Kebanyakan adalah para vlogger dan youtuber yang terus menghiasi layar kaca dan media sosial. Jadi ya enggak perlu heran deh dengan hafalan mereka yang sudah di luar kepala.

Beragam komentar dari para netizen [Sumber Gambar]
Berbeda dengan kita-kita dulu yang tontonannya masih sesuai dengan usia. Tak ada vlogger, youtuber, selebgram yang membuat kita candu untuk melihatnya. Hanya ada kartun yang memberikan banyak pengetahuan baru. Dan juga banyak film-film lain yang tak kalah menarik. Sungguh indah memang berada di zaman 90-an~

Peristiwa di atas memang membuat kita merasa miris terhadap generasi milenial. Tapi tak sepantasnya kita menghujat apa yang sudah mereka lakukan. Anggap saja mereka tahu namun lupa poin-poin dalam kedua rukun tersebut. Ya walaupun seharusnya sebagai orang Islam wajib hukumnya untuk menanamkan kedua rukun itu di hati dan juga otak.

BACA JUGA : 8 Gaya Alay Kids Zaman Now Main ‘Tik Tok’ Ini Bikin Netizen Pengin Banting Hape!

Namun itu tidak jadi masalah kok. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan mengulanginya lagi. Seperti apa yang dikatakan Nodie di video tadi “Ketika kita tidak mengetahui sesuatu, ada baiknya kita mencari tahu dan mempelajarinya”.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Maudy Ayunda Lulus di Dua Kampus Ternama Sekaligus, Netizen Sibuk Bikin Jokes Super Receh Ini

Luar biasa, Capaian 4 Pebulutangkis Legendaris Indonesia Ini Seperti ‘Tidak Ada Lawannya’