in

Viral Tiang Listrik ‘Berdiri’ di Tengah Jalan, Kata Netizen: Buat Belajar Ujian SIM C Bisa Nih!

Tiang listrik memang sudah sepantasnya ada di pinggir jalan. Tapi hal ini sepertinya enggak berlaku untuk daerah Pecatu, Bali. Di mana tiang listrik berada di tengah jalan dan pastinya mengganggu para pengendara. Uniknya, tiang listriknya berjumlah lebih dari satu sehingga jadi pemandangan unik bagi orang-orang yang melewatinya.

Kejadian yang diunggah oleh akun instagram @wonogirikita ini menuai banyak komentar dari para netizen. Mereka beranggapan kalau peristiwa ini juga sudah banyak terjadi di beberapa kota di Indonesia. Bahkan, ada juga yang bilang kalau tiang listrik di tengah jalan tersebut berfungsi untuk latihan ujian SIM C. Wah, bener juga nih warganet yang budiman..

https://www.instagram.com/p/BrwPllolsXq/

Tapi, keberadaan tiang listrik ini cukup mengganggu para pengguna jalan. Ya bagaimana tidak Sahabat Boombastis, kalau ada pengendara jalan yang tidak konsentrasi, bisa-bisa bikin kecelakaan tunggal. Kalau menimbulkan luka ringan sih tak masalah. Lha kalau tiang ini membuat para pengguna jalan jadi terluka parah atau meninggal, siapa yang mau tanggung jawab? Tidak mungkin kan kita menyalahkan si tiang listrik.

Jarak tiang listrik ke jalan berjarak 6 meter [Sumber Gambar]
Padahal, untuk pemasangan tiang listrik ini sudah ada aturannya sendiri Sahabat Boombastis. Aturan ini tertuang di Keputusan Direksi PT PLN (Persero) Nomor 606.K/Dir/2010 tentang Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Menengah Tenaga Listrik. Berdasarkan peraturan tersebut ada beberapa jarak aman antara tiang listrik dan suatu bangunan atau jalan supaya tidak membahayakan. Jika terhadap permukaan jalan raya, jarak amannya kurang lebih adalah sekitar enam meter. Nah kalau yang ada di Bali ini sudah bukan berjarak lagi. Tapi tumbuh di atas jalan raya. Ckckck..

https://www.instagram.com/p/BrxHIn_Fg20/

Kalau sudah begini, warga sekitar bisa lho untuk mengambil langkah supaya tiang ini segera dipindahkan. Mengacu pada Pasal 67 UU nomor 26 Tahun 2007 yang berbunyi
(1) Penyelesaian sengketa penataan ruang pada tahap pertama diupayakan berdasarkan prinsip musyawarah mufakat
(2) Dalam hal penyelesaian sengketa sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) tidak diperoleh kesepakatan, para pihak dapat menempuh upaya penyelesaian sengketa melalui pengadilan atau di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

BACA JUGA : Viral Zebra Cross Terhalang Tanaman di Sekitar GBK, Bolehkah Seperti Itu?

Namun, setelah penempatan tiang listrik ini jadi viral, akhirnya pihak PLN sudah bergerak cepat untuk menyelesaikannya. Dilansir dari akun instagram @ndorobeii, pihak PLN Pecatu sudah memindahkan tiang-tiang tersebut ke pinggir jalan. Jadi, para pengguna jalan enggak akan terganggu lagi deh.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Dimasukkan Gubuk atau Hutan, Begini Potret Pengasingan Wanita Menstruasi di Nepal yang Miris

Perjuangan Mantan OB yang Kini Miliki 5 Perusahaan Besar dan Beromset Milyaran Rupiah