in

Viral Zebra Cross Terhalang Tanaman di Sekitar GBK, Bolehkah Seperti Itu?

Setiap sudut DKI Jakarta selalu mendapat sorotan dari banyak pihak. Mulai dari Kali Item, jalur transjakarta yang selalu diterobos motor dan lain sebagainya. Nah, akhir-akhir ini ada fenomena dari Jakarta yang menarik perhatian dari para netizen. Adalah zebra cross yang terpotong oleh tanaman di tengah-tengahnya.

Peristiwa ini pertama kali diunggah oleh akun facebook Gusti Fauzi M Gafli. Di video tersebut menampilkan ada seorang wanita yang hendak menyeberang menggunakan zebra cross di sekitaran Gelora Bung Karno (GBK). Tapi, kejanggalan terlihat ketika sang wanita berada di tengah-tengah zebra cross yang ternyata terdapat tanaman penghias jalan. Jelas si wanita kebingungan, ingin melompati tumbuhan atau lewat di samping tanamannya.

https://www.facebook.com/gusti.gafli/videos/10214497730889688/

Melihat video tersebut, banyak warganet yang tertarik untuk berkomentar. Hampir semuanya tidak menanggapinya dengan serius. Banyak dari mereka berpendapat, kalau zebra cross itu dibuat khusus untuk para atletik karena berada di sekitaran GBK. Jadi kita harus melompatinya untuk menyeberang. Wah, ada-ada saja sih para netizen ini..

Komentar dari para netizen [Sumber Gambar]
Yuk deh kembali lagi ke peristiwa zebra cross terhalang tanaman tadi. Sebenarnya, boleh atau enggak sih alat penyeberangan dibangun seperti itu? Jawabannya adalah boleh. Sebab, menurut Unit Laka Lantas Polresta Banjar, aturan pemasangan zebra cross hanya ada dua. Pertama, zebra cross harus dipasang pada jalan dengan arus lalu lintas, pejalan kaki dan kecepatan relatif rendah. Kedua, lokasi zebra cross harus mempunyai jarak pandang yang cukup. Artinya, agar pengemudi mempunyai waktu untuk mengerem kendaraannya dari jauh. Sehingga saat ingin mencapai zebra cross, kendaraan bisa berhenti dengan tepat.

Zebra cross terhalang tanaman [Sumber Gambar]

Pada intinya, zebra cross yang sedang viral di media sosial tersebut tidak melanggar aturan sama sekali. Tapi alangkah lebih baiknya jika alat penyeberangan jalan bagi pejalan kaki itu diperbaiki. Alasannya karena hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan para pejalan kaki. Kalau yang menyeberang berusia mudah sih tak apa, bisa melompati tanaman tersebut. Lah tapi jika yang menggunakan zebra cross berusia lanjut, ya tidak mungkin kan akan melompat.

BACA JUGA : Dimarahi CCTV Lalu Lintas, Pengendara Motor yang Injak Zebra Cross Langsung Mundur Teratur

Sampai artikel ini diterbitkan, zebra cross yang sedang viral tersebut akhirnya sudah dalam proses perbaikan. Dikutip dari laman detik.com, terlihat beberapa orang sedang membongkar tanaman dan menggantinya dengan conblock. Dengan begitu, enggak akan ada lagi deh drama ketika ingin menyeberang jalan. Ya semoga fenomena ini tidak terjadi di tempat lain ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kisah Mahasiswa Sederhana yang Sukses Raup Ratusan Juta Berkat Tunda Bayar Sewa Kos

Setelah Era Mike Tyson dan Floyd, Pria Meksiko ini Menjadi Petinju dengan Uang Menggunung