Categories: Trending

5 Terowongan Paling Aneh Dan Unik di Dunia

Kebanyakan dari terowongan yang ada di dunia biasanya adalah ciptaan manusia. Terowongan ini pada dasarnya dibangun untuk melewati gunung dan bukit dengan cara membuat rongga menembus gunung itu. Tapi tahukah Anda jika di dunia ini ada terowongan yang dibangun dengan tujuan yang sangat tidak biasa?

Baca Juga :6 Bangunan Bersejarah Paling Megah di Dunia

Hal yang tak biasa yang dimaksud di sini adalah dalam hal arsitekturnya hingga pemilihan lokasi terowongan yang tak lazim dibanguni sebuah terowongan. Di bawah ini adalah daftar dari terowongan yang kami yakin tidak dapat sering-sering traveler lihat, karena mereka sangat tak lazim atau unik. Itu sebabnya, beberapa dari mereka telah menjadi destinasi wisata yang sangat populer.

1. The Tower Tunnel, Jepang – Terowongan Menembus Gedung

Salah satu bangunan yang paling aneh di Jepang adalah Gate Tower Building di Osaka, Jepang. Bangunan ini merupakan hasil dari kompromi yang tidak biasa antara pemilik tanah dan pemerintah Jepang. Lantai 5, 6 dan 7 dari 16 lantai yang dimanfaatkan sebagai perkantoran ini digunakan untuk jalan raya. Uniknya, jalan ini tepat melewati tengah-tengah gedung yang dimanfaatkan sebagai terowongan.

The Tower of Tunnel, Jepang

Pada papan informasi yang berada di lantai dasar menginformasikan bahwa para penyewa untuk tiga lantai yang dimanfaatkan sebagai terowongan jalan raya itu terdaftar atas nama Hanshin Expressway. Hebatnya trowongan ini dibangun sama sekali tidak melakukan kontak dengan gedung utama melainkan berdiri ditopang dengan penyangga yang mandiri. Terowongan ini juga dibangun dengan struktur tersendiri dengan tujuan gangguan kebisingan dan juga getaran yang dirimbulkan lalu lintas kendaraan tidak dirasakan orang-orang dalam gedung.

Selanjutnya : 2. Terowongan Batang Kayu, California, Amerika – Dibuat dari Pohon Tumbang

2. Terowongan Batang Kayu, California, Amerika – Dibuat dari Pohon Tumbang

Apa yang dilakukan jika melihat pohon besar di pinggir jalan tumbang menutupi bahu jalan? Langsung panggil tukang kayu kemudian memotongnya dan menyingkirkannya dari jalan agar para pengguna jalan dapat melinta kembali bukan? Namun hal ini rupanya tidak dilakukan oleh warga California. Mereka membiarkan pohon itu membentang di tengah jalan kemudian hal kreatif terjadi. Mereka melubangi pohon tersebut sebesar lebar jalan sehingga terciptalah sebuah terowongan unik dari batang kayu.

Terowongan Batang Kayu, California, Amerika

Artikel Seru Lainnya: 6 Kota Paling Berbahaya Untuk Dikunjungi Turis

Terowongan dari batang kayu ini adalah terowongan yang menembus pohon Sequoia raksasa yang ambruk di Taman Nasional Sequoia, California, Amerika Serikat. Pohon ini memiliki ukuran tinggi sekitar 84 meter dengan diameter 6,4 m roboh ke tengah jalan pada tahun 1937 karena proses yang alami. Kemudian para kru Taman Nasional memotong kayu itu pada bagian tengahnya sehingga jalan bisa dilewati lagi.

Selanjutnya : 3. Terowongan Cinta, Ukraina – Berasa Masuk Dunia Alice in Wonderland

3. Terowongan Cinta, Ukraina – Berasa Masuk Dunia Alice in Wonderland

Salah satu terowongan paling indah di Dunia dapat ditemukan di dekat kota Klevan di Ukraina. The Tunnel of Love atau Terowongan Cinta begitulah warga sekitar menyebutnya. Terowongan ini sebenarnya adalah sebuah terowongan kereta pohon. Karena modelnya yang sangat uni dan indah makanya terowongan ini menjadi daya tarik utama di daerah itu dan juga salah satu tempat paling indah di Ukraina.

Terowongan Cinta, Ukraina

Selama musim semi pohon-pohon yang ditanam di kanan dan kiri rel akan tumbuh subur sehingga menciptakan sebuah terowongan alami dari pepohonan yang panjangnya mencapai satu kilometer. Berada di dalam terowongan ini seakan dibawa kedalam dunia dongeng yang penuh dengan peri. Tidak banyak orang yang tahu tentang terowongan keberadaan terowongan ini, atau bahkan masih jarang yang pernah mendengar tentang terowongan ini.

Selanjutnya : 4. Terowongan Batu, Amerika – Awas Ketiban Batu Segede Gaban

4. Terowongan Batu, Amerika – Awas Ketiban Batu Segede Gaban

Terowongan batu terletak persis di pintu masuk ke Taman Nasional Sequoia di Central California. Itu lho taman yang telah diulas sebelumnya yang memiliki terowongan unik juga dari glondongan kayu. Ternyata hal menakjubkan tidak hanya ada di dalam kawasan Taman Nasional saja, di pintu masuk taman para traveler sudah disuguhi pemandangan yang luar biasa.

Terowongan Batu, Amerika

Di bawah sebuah batu granit besar digali sebauah trowongan untuk jalan raya pada tahun 1938 oleh CCC (Civilian Conservation Corps). Meskipun kini telah dibangun jalan lain yang letaknya di sebelah terowongan batu ini namun para traveler yang ingin melewati terowongan yang dijuluki dengan batu seimbang inipun masih diperbolehkan tentu saja dengan jalan kaki.

Selanjutnya : 5. Terowongan Guoliang, Tiongkok – Terowongan Keren Menembus Gunung

5. Terowongan Guoliang, Tiongkok – Terowongan Keren Menembus Gunung

Terowongan yang sangat megah ini dibangun di pegunungan Taihang oleh 13 warga desa setempat yang dipimpin oleh kepala desa mereka, Shen Mingxin. Waktu yang dibutuhkan untuk merampungkan pengerjaan terowongan ini adalah lima tahun. Pada tahun 1977 terowongan ini pun akhirnya dibuka untuk jalur lalu lintas.

Terowongan Guoliang, Tiongkok

Terowongan Guoliang memiliki panjang 1200 meter dengan lebar 4 meter dan tinggi lorong 5 meter. Terowongan ini melewati sisi bagian gunung yang hampir vertikal dengan banyak lubang yang terlihat seperti jendela. Traveling melewati jalan ini sangat mendebarkan karena traveler dapat menyaksikan jurang di sisi terowongan secara langsung.

Waduh ternyata di dunia ini ada banyak sekali hal-hal unik ya, termasuk juga terowongan. Menurut Anda, mana nih yang paling keren?

Baca Juga: Fakta Tentang Virus Ebola yang Wajib Diketahui Agar Tidak Panik

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago