Selama ini kita sudah tahu kalau China memang selalu berinovasi untuk membuat teknologi tercanggih di dunia. Bahkan bisa dibilang, China sekarang sedang bersaing dengan Amerika Serikat dalam bidang teknologi. Nah, persaingan Amerika dan China selalu sengit sehingga kita tak bisa bedakan mana yang paling unggul di antara kedua negara tersebut.

Tapi, akhir-akhir ini Tiongkok sudah mulai menunjukkan taringnya. Di mana ia menciptakan teknologi yang di luar nalar manusia. Enggak percaya? Coba Sahabat Boombastis cek di bawah ini.

Bendungan yang bisa perlambat rotasi bumi

Salah satu penemuan pertama yang paling mengejutkan dari China adalah bendungan. Eh tapi ini bukan waduk biasa ya, bendungan ini digadang-gadang bisa memperlambat pergerakan dari rotasi bumi. Loh, kok bisa?

Bendungan perlambat rotasi bumi [Sumber Gambar]
Nah, bendungan yang berada di tengah Sungai Yangtze ini berisi sekitar 9,43 kubik mil air. Air tersebut akan membebani bumi lebih dari 42 miliar ton. Akibatnya, akan ada pergeseran dari besarnya massa yang mempengaruhi rotasi bumi dan itu biasa disebut dengan momen inersia. Namun, peneliti NASA menyebutkan jika rotasi bumi akan melambat hanya sebesar 0,06 mikrodetik. Jadi kita tak akan terlalu merasakan pengaruhnya gengs.

Ciptakan mobil yang bisa membelah diri

Bukan hanya bidang komputerisasi, China juga tak ingin kalah di bidang teknologi otomotif. Dilansir dari teknologi.id, Negeri Tirai Bambu tersebut menciptakan mobil yang bisa membelah diri seperti bakteri. Namanya adalah Roewe I-Unit 2025 Concept.

Mobil membelah diri [Sumber Gambar]
Sebenarnya, mobil ini sudah diciptakan dengan seri SmartForTwo. Namun bedanya, kendaraan ini bisa membelah diri dan saat terpisah masing-masing bagian mampu beroperasi sendiri. Tapi untuk saat ini, mobil ‘bakteri’ tersebut masih dikembangkan karena akan dibenamkan motor listrik kecil dan juga sebuah baterai di lantai.

Membuat serat untuk membangun lift luar angkasa

Tim peneliti dari Universitas Tsinghua, Tiongkok telah menciptakan serat terkuat yang bisa digunakan untuk membangun lift di luar angkasa. Menurut para ilmuwan, serat ini terbuat dari karbon nanotube dan tidak akan putus meskipun ditarik oleh 160 ekor gajah. Bahkan, beban sebesar 800 ton juga tidak bisa merusak serat yang disebut-sebut 45 kali lebih kuat dari bahan lainnya.

Serat untuk lift luar angkasa [Sumber Gambar]
Dinukil dari koran-jakarta.com, bahan ini nantinya tidak hanya dipakai untuk pembangunan lift luar angkasa. Melainkan untuk peralatan olahraga, persenjataan balistik, ilmu penerbangan dan astronotika. Namun sayangnya, untuk menerapkan serat tersebut ke dunia nyata, dibutuhkan beberapa bahan tambahan yang dapat menyeimbangkannya.

Meluncurkan bulan buatan di tahun 2020

Penemuan yang jadi perbincangan akhir-akhir ini adalah China akan menciptakan bulan buatan. Diwartakan oleh merdeka.com, bulan ini nantinya akan memiliki cahaya delapan kali lebih terang daripada aslinya. Tujuannya adalah untuk menggantikan lampu kota yang menerangi Kota Chengdu dan sekitarnya.

Bulan buatan [Sumber Gambar]
Bulan buatan ini diperkirakan dapat memancarkan sinar dengan jarak 10 sampai 80 kilometer. Jadi, Sahabat Boombastis bisa dong membayangkan betapa terangnya cahaya dari bulan tersebut. Kalau kalian ingin melihatnya, kita harus menunggu sampai tahun 2020.

BACA JUGA : 5 Teknologi China yang Bikin Negara Tersebut Seolah Menjadi ‘Tuhan’ Baru di Dunia

Melihat penemuan di atas, kita hanya bisa geleng-geleng kepala. Di mana penemuan mereka sudah di luar nalar manusia. Tapi kerennya, teknologi-teknologi ini tidak sekedar untuk pamer ke dunia saja. Para penemu juga ingin inovasi buatannya berguna untuk seluruh orang di dunia.