Dalam khasanah budaya Jawa, sosol Satrio Piningit dipercaya sebagai figur yang mempunyai kesaktian dan wibawa bak serorang raja. Menurut penuturan Permadi SH, politikus sekaligus paranormal yang dikutip dari tribunnews.com mengatakan, Satrio Piningit atau Ratu Adil bakal muncul di jika kondisi di Indonesia telah mengalami kemerosotan di berbagai sendi kehidupan.

Dari nama yang disandangnya, Piningit berarti masih tersembunyi (pingit) atau memang belum saatnya muncul jika waktunya belum tiba. Sosok misterius tersebut, bakal naik ke tampuk kekuasaan tertinggi di Indonesia yang menjadi teladan, harapan, dan mengayomi rakyatnya. Konon, beberapa pemimpin negeri ini juga pernah dikaitkan dengan figur Satrio Piningit. Seperti apa sosok misterius itu sebenarnya?

Bakal muncul saat kondisi Indonesia mencapai titik terendah dan penuh huru-hara

Ilustrasi hur hara dan kerusuhan [sumber gambar]
Dalam istilah Jawa, zaman kalabendu atau kondisi rakyat Indonesia yang telah mencapai titik kemerosotan yang paling dasar, bakal menjadi tanda adanya petaka besar yang melanda negeri ini. Menurut Permadi SH yang dikutip dari tribunnews.com menyebutkan, Satrio Piningit yang dinanti-nanti masyarakat akan muncul ke permukaan. Bisa dibilang, kemerosotan moral, kehancuran budi pekerti dan hawa nafsu yang merajalela pada saat itu menjadi timing yang tepat bagi sosok misterius tersebut untuk keluar.

Sosok bijaksana yang bakal membawa Indonesia keluar dari zaman kegelapan

Sosok misterius yang bakal pimpin Indonesia keluar dari kehancuran [sumber gambar]
Saat kemunculannya, Satrio Piningit atau Ratu Adil ini nantinya dipercaya membawa tiga karakter yang melambangkan kebajikan. Sumber dari tribunnews.com menuliskan, Pertama, Satria Bayangkara yaitu sosok pemimpin yang bersikap adil, berjiwa pemaaf terhadap lawan-lawan politiknya dan mengayomi. Kedua, Satria Panandita adalah sosok pemimpin yang religius, jujur, adil, tegas, dan pengemban amanah kemaslahatan umat. Ketiga, Satria Raja adalah sosok negarawan yang mengabdi demi rakyat, bukan abdi negara untuk kekuasaan yang korup.

Kehadirannya telah diramalkan oleh Prabu Jayabaya

Prabu Jayabaya telah meramalkan Satrio Piningit [sumber gambar]
Jauh sebelum Satrio Piningit banyak dibicarakan di era modern, Prabu Jayabaya dalam tulisan bukunya, Jangka Jayabaya telah meramalkan sosoknya. Dilansir dari viva.co.id, Ciri itu disebutkan adanya sosok dewa yang tampil berbadan manusia, berparas seperti Batara Kresna, berwatak seperti Baladewa, dan bersenjata trisula wedha (bait 159), berwujud sebagai manusia biasa. Dirinya juga dikenal sebagai figur yang sakti mandraguna tanpa aji-aji (bait 162).

Tokoh besar Indonesia yang kerap dikaitkan dengan figur Satrio Piningit

Presiden Indonesia yang dikaitkan dengan figur Satrio Piningit [sumber gambar]
Menurut budayawan Jawa, Aziz Hidayatullah yang dilansir dari viva.co.id, ada tujuh figur Satrio Piningit yang sempat dikaitkan maknanya dengan pemimpin bangsa ini. Mereka adalah Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro (Soekarno-RI 1), Satrio Mukti Wibowo Kesandung Kesampar (Soeharto-RI 2), Satrio Jinumput Sumelo Atur (BJ Habibie-RI 3), Satrio Lelono Topo Ngrame (Gus Dur-RI 4), Satrio Piningit Hamong Tuwuh (Megawati-RI 5), Satrio Boyong Pambukaning Gapuro (SBY-RI 6), dan Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu (Jokowi-RI 7). Untuk yang terakhir, masih banyak penafsiran dari berbagai kalangan tentang sosok Jokowi sebagai Satrio Piningit.

Keberadaanya kerap menjadi bahan politik

Poster Raja Jokowi dan Uang stempel Prabowo [sumber gambar]
Sayang, tensi politik yang cenderung memanas dari hari ke hari, seakan berputar liar mencatut makna dari sosok Satrio Piningit itu sendiri. Dilansir dari cnnindonesia,com, Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo Ma’ruf Amin saling tuding ihwal keberadaan poster Jokowi yang memakai pakaian Raja dan beredarnya uang berstempel Prabowo. Memang, keberadaan presiden ke-7 itu kerap dikait-kaitkan sebagai sosok Satrio Piningit bagi oleh beberapa kalangan. Begitu pun dengan figur Prabowo Subianto. Yang jelas, jelas keberadaan sang Ratu Adil masih menjadi misteri hingga waktu yang ditentukan tiba.

Baca Juga : 5 Ramalan Jayabaya Tentang Indonesia yang Harus Diwaspadai Masyarakat Negeri Ini

Sosok yang bakal menjadi Satrio Piningit di negeri ini, semuanya masih abu-abu alias samar. Meski hanya sebatas dikatakan sebagai mitos dan ramalan, toh figurnya dipercaya bakal melekat pada salah satu tokoh besar di tanah air ini. Siapa dirinya? Sekali lagi, semuanya masih belum bisa diprediksi secara akurat. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?