in

Viral Petugas SPBU Siram Uang Pelanggan untuk Buktikan Keaslian, Boleh Enggak Seperti Itu?

Penyebaran uang palsu memang marak terjadi di mana-mana. Baik di warung kecil, toko ternama dan bahkan yang terbaru ada di ATM. Hal ini dialami oleh seorang pria yang pada waktu itu ingin membeli bahan bakar di salah satu SPBU di Blitar. Melihat di dompetnya hanya tersisa Rp30 ribu, lelaki ini langsung mengambil uang di ATM SPBU.

Ketika sudah membeli dan membayarkan uangnya, petugas meminta izin untuk menyiram uangnya menggunakan bensin. Si pengendara pun terima-terima saja lantaran penasaran apa yang ingin dilakukan oleh si petugas SPBU. Ternyata, petugas memperlihatkan bahwa salah satu uang pecahan Rp50 ribu yang dibayarkan si pembeli adalah palsu.

https://www.instagram.com/p/BxPZ1WklCg-/

Di video yang diunggah oleh akun instagram @smart.gram terlihat bahwa uang mengalami perubahan. Di mana warna dari uang menjadi lebih pekat dan juga luntur. Lalu, garis pengaman pada uang juga terdapat sebuah tulisan yang tidak jelas. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah alat pembayaran tersebut terbelah menjadi dua.

Mendeteksi menggunakan metode 3D [Sumber Gambar]
Hal ini pun menjadi kontroversi untuk para warganet. Pasalnya, menurut mereka petugas SPBU tidak seharusnya seperti itu. Ada hal lain yang bisa dilakukan untuk membuktikan apakah uang tersebut asli atau palsu. Seperti mendeteksi uang menggunakan lampu sinar ultraviolet. Ya untung saja uang tersebut palsu, bagaimana kalau alat pembayaran itu asli, mungkin si pengendara tidak akan menerima perlakuan dari petugas SPBU dengan lapang dada.

Bisa menggunakan lampu ultraviolet [Sumber Gambar]
Melihat video yang tengah viral tersebut, pihak dari Bank Indonesia pun turut menanggapi. Kepada kompas, ia menyebutkan “Bank Indonesia tidak pernah memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengenali keaslian uang menggunakan bensin,” ujar Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) yaitu Onny Widjanarko. Ia juga mengungkapkan bahwa uang kertas bisa dites keasliannya dengan metode 3D yaitu dilihat, diraba dan diterawang. Sehingga menurutnya, petugas SPBU tidak perlu melakukan penyiraman bensin terhadap uang.

BACA JUGA : Mulai Banyak Tersebar, Inilah Tampilan Uang 2rb yang Disulap Menjadi Pecahan 20rb

Lantas, apakah tindakan dari petugas SPBU tadi salah? Hmm.. bisa dibilang perbuatan mbak-mbak SPBU ini kurang tepat gengs. Ya memang maksudnya baik untuk memperlihatkan pelanggan bahwa uang tersebut palsu. Tapi, ada baiknya dengan menggunakan cara lain, seperti memakai metode 3D atau mendeteksi melalui lampu ultraviolet. Dengan begitu, pelanggan masih bisa membawa uangnya ke Bank Indonesia untuk ditukar sekaligus melaporkan tentang ATM yang mengeluarkan alat pembayaran palsu tersebut.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Driver Ojol Dibelikan Pizza untuk Berbuka oleh Seorang Katolik, Bukti Perbedaan Itu Indah

Masih Ingat Joko Driyono? Beginilah Kabar ‘Menyedihkan’ Sang Petinggi PSSI