in

Meski Dianggap Nggak Masuk Akal, Inilah 4 Manfaat Nonton Sinetron Azab-azaban

Belakangan lagi ngehits sinetron atau FTV yang temanya azab-azaban. Di beberapa stasiun televisi, mungkin kalian nemuin sinetron semacam itu ya. Sejak dulu, sinetron sejenis ini memang udah ada, meski baru hits baru-baru ini. Menyusul sinema televisi yang judulnya panjang dan bikin perut tergelitik, sinetron dengan tema azab-azaban juga viral dan banyak diperbincangkan di sosial media.

Saking viralnya, trailer dari sinema ini bahkan ditayangkan di salah satu televisi Jepang. Kebanyakan sih nganggepnya aneh atau nggak masuk akal. Padahal sih, nonton sinetron sejenis ini lebih bermanfaat daripada tema yang lain loh. Seperti apa manfaatnya? Berikut ini ulasannya.

Lebih aman daripada sinetron remaja yang vulgar

sinetron [sumber gambar]
Kalau kamu aktif di sosial media, entah itu Instagram atau Facebook, pasti tau dong apa yang lagi heboh dibahas netizen belakangan ini? Yup, salah satu sinetron Indonesia yang ditayangkan di jam sore ternyata dianggap terlalu vulgar. Adegan tersebut menunjukkan pasangan yang tengah ada di atas ranjang dan mesra-mesraan. Meski dalam cerita tersebut mereka sudah menikah, namun netizen tetap merasa kalau adegan tersebut seharusnya tidak dipertontonnya secara gamblang. Secara ya, sinetron itu tayang di jam sore, yang sangat mungkin dilihat oleh anak di bawah umur. Menanggapi viralnya berita itu, banyak netizen yang mengaku tidak suka dengan adegan tersebut karena vulgar. Mereka menganggap jika nonton sinetron azab-azaban lebih aman karena nggak ada adegan vulgar.

Mengingatkan kita soal karma

Ilustrasi karma [sumber gambar]
Kalian sendiri pasti percaya jika di dunia ini ada yang namanya hukum karma. Besar atau kecil kelakuan manusia, pasti bakal ada balasannya. Kebaikan atau pun kejahatan, pasti akan ada timbal baliknya. Sebagai manusia, semua orang pasti pernah melakukan dosa. Barangkali, dosa yang dilakukan oleh tokoh utama dalam sinema azab-azaban itu pernah kita lakukan. Tapi, sebaik-baiknya manusia yang melakukan dosa adalah mereka yang mau bertobat. Ngerti salah, baiknya segera tobat sebelum kena azab seperti tokoh dalam sinetron.

Mengingatkan soal kematian

Ilustrasi kematian [sumber gambar]
Dalam sinetron azab-azaban, memang selalu ada tokoh yang meninggal. Nah, sosok yang meninggal inilah yang terkena azab. Di mana lagi kita temuin sinetron yang selalu ngingetin kita soal kematian? Toh, kebanyakan hanya kisah cinta-cintaan yang bikin kita ngerasa melambung di awang-awang. Padahal, sejatinya hidup kita hanya sementara. Kalau kita cuma sibuk sama urusan dunia, nantinya bakal menyesal sendiri. Terlebih, umur manusia nggak ada yang tahu. Ajal itu datangnya tak terduga. Sinema azab-azaban ini berusaha bikin kita sadar kalau kematian adalah hal yang paling deket sama kita.

Mungkin selama ini dianggap lebay, tapi azab kubur tentu lebih pedih dari yang terlihat di sinetron

ilustrasi siksa kubur [sumber gambar]
Jujur deh, selama ini kalian mungkin menganggap kalau sinetron azab-azaban itu lebay kan? Siapa yang pernah mikir demikian? Ketika sang tokoh utama melakukan kejahatan yang keterlaluan, lantas saat meninggal mendapat sesusahan yang berturut-turut. Barangkali di dunia nyata memang nggak ditunjukkan separah itu. Allah masih menyembunyikan aibnya. Tapi, azab itu sesuatu yang pasti. Dalam kubur, seorang yang melakukan dosa pasti mendapatkan balasannya, dan tentunya lebih pedih daripada yang terlihat di sinetron ya. Seperti yang ada adalah salah satu ayat Al-Qur’an, surat Thahaa: 124 yang artinya: “Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta“. Dan tentu saja itu bukan ayat tunggal yang ngebahas soal adanya azab, Gaes. Jadi, jangan nganggap kalau sinetron azab-azaban itu lebay. Karena keberadaan azab itu memang ada.

Itulah empat manfaat nonton sinteron azab-azaban. Jadikan sebagai pengingat saja, Gaes. Karena sesungguhnya manusia memang kerap melakukan dosa. Nonton sinema tersebut, setidaknya kita diingetin buat tobat.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Mau Tau Rahasia Sukses Berbisnis Ala Presiden Jokowi? Terapkan 5 Cara Ini!

Jadi Cawapres Terkaya 2019, Inilah 5 Sumber Uang Sandiaga Uno yang Luber-luber