Bayi yang baru saja lahir ternyata memiliki risiko tinggi mengalami kematian secara mendadak. Tanpa ada sebab yang jelas semisal sakit, mereka bisa meninggal tanpa sebab yang jelas. Saat tidur, mereka akan meninggal begitu saja sehingga membuat orang tua yang ditinggalkan merasa sedih dan tidak tahu harus berbuat apa.

Artikel Lainnya
Ciptakan Warna Tersendiri, 10 Potret Gadis Tribune Ini Membuat Piala Dunia Lebih Menarik
Waspada! 4 Penyakit Kronis Ini Akan Muncul Jika Makan Daging Ayam yang Masih Ada Darahnya

Peristiwa meninggalnya bayi secara mendadak ini dinamai SIDS atau sudden infant death syndrom. Hingga saat inipenyebab mengapa bayi meninggal secara mendadak belum juga diketahui. Akibatnya banyak sekali orang tua menjadi was-was ketika anaknya tidur tapi nanti tidak kembali lagi. Untuk lebih mendalami perihal SIDS, simak uraiannya di bawah ini.

Semengerikan Apa SIDS itu?

SIDS bisa menimpa bayi yang baru lahir dan belum berusia di atas 1 tahun. Biasanya bayi dengan usia sekitar 2-4 bulan memiliki peluang besar mengalami SIDS. Saat mereka tidur, mendadakorgan pernapasan berhenti dan menyebabkan bayi ini meninggal dengan cepat tanpa sebab apa-apa.

SIDS Mengerikan image source]
SIDS Mengerikan [image source]
Yang paling mengerikan dari SIDS adalah tidak adanya tanda-tanda yang tampak. Bayi yang awalnya sehat, minum ASI lancar, dan tidak mengalami gejala demam mendadak meninggal begitu saja. Beberapa peneliti mengaitkan adanya gangguan pada otak sehingga tubuh tidak bisa mengontrol pernapasan sehingga kematian yang mengerikan bisa terjadi secara instan.

Penyebab Terjadinya SIDS pada Bayi

Meski penyebab secara pasti dari SIDS belum diketahui dengan jelas. Beberapa ilmuwan dan juga dokter menduga kalau ada dua penyebab mengapa bayi bisa meninggal secara mendadak. Pertama masalah fisik dari bayi secara langsung. Gangguan pada otak menyebabkan organ di dalam tubuh tidak berfungsi secara maksimal. Infeksi pernapasan dan juga bayi lahir dengan masa rendah juga disinyalir menjadi masalah SIDS.

Penyebab SIDS image source]
Penyebab SIDS [image source]
Penyebab kedua dari SIDS adalah lingkungan dan juga peletakan saat tidur. Bayi tidak bisa sembarang diletakkan dengan posisi tertentu. Bayi yang kurang sehat bisa mendadak susah pernapas.Permukaan tidur bayi juga memengaruhi kerja organ di dalamnya tubuhnya secara menyeluruh.

Faktor Risiko yang Menyebabkan SIDS

Selain beberapa hal yang telah disebutkan pada subbab sebelumnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan bayi mengalami SIDS. Pertama masalah jenis kelamin. Bayi dengan jenis kelamin pria lebih rentan tekan SIDS. Bayi dengan usia 2-4 bulan rentan terkena SIDS dibanding yang baru lahir.

Risiko SIDS image source]
Risiko SIDS [image source]
Selanjutnya faktor ras juga berpengaruh, bayi dari ras Indian dan Alaskan punya peluang besar mengalami SIDS. Orang tua yang perokok meski bayi masih di dalam kandungan juga membuat risiko SIDS semakin membesar. Bahkan sebanding dengan bayi-bayi yang lahir dengan keadaan masih prematur.

Pencegahan SIDS untuk Menghindari Kematian

Karena bukan sebuah penyakit dan tidak bisa disembuhkan. Salah satu cara untuk menghindari SIDS adalah dengan melakukan pencegahan. Siapa saja yang ingin anaknya terhindar dari sindrom ini bisa melakukan pencegahan dengan mengatur posisi tidur dari bayi dan juga tempat tidurnya agar sesuai dengan bentuk tubuh dan juga kerawanan organ.

pencegahan SIDS [image source]
pencegahan SIDS [image source]
Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mencegah adanya SIDS yang sangat mematikan ini adalah dengan melakukan vaksinasi. Bayi yang baru lahir harus mendapatkan vaksinasi yang komplet sehingga perluang terjadi gangguan pada organ tubuh terutama otak tidak akan terjadi.

Demikianlah uraian tentang SIDS yang sangat mematikan. Semoga bisa memberikan informasi kepada Anda semua yang sedang atau akan memiliki bayi berusia di bawah 1 tahun.