Bagi para penggemar berlian nama Black Orlov bisa berarti dua hal. Sangat indah tapi di sisi lain juga begitu menakutkan. Ya, dari sisi fisik berlian berwarna hitam ini begitu luar biasa. Kilaunya benar-benar membuat mata seolah terhipnotis untuk memilikinya. Tapi, di balik itu, Black Orlov menyimpan sesuatu yang membuat orang tak berani menyentuhnya.

Artikel Lainnya
Ciptakan Warna Tersendiri, 10 Potret Gadis Tribune Ini Membuat Piala Dunia Lebih Menarik
Waspada! 4 Penyakit Kronis Ini Akan Muncul Jika Makan Daging Ayam yang Masih Ada Darahnya

Ya, berlian satu ini dipercaya begitu penuh dengan kutukan. Siapa pun yang mencoba memilikinya bakal merasakan hal-hal yang menakutkan. Termasuk di dalamnya adalah ancaman kematian. Sejak pertama sampai sekarang, sudah ada beberapa orang ternama yang jadi korban dari keganasan kutukan Black Orlov ini.

Sebenarnya agak susah untuk mempercayai adanya kutukan-kutukan semacam itu, apalagi datangnya dari benda kecil seperti ini. Namun, sejarah menuliskan jika Black Orlov memang nyata memberikan ancaman. Lebih jauh tentang berlian ini, berikut adalah beberapa hal tentang si berlian hitam yang akan membuatmu ketakutan.

Mata Brahma dan Kutukan Mematikan

Diketahui berlian Black Orlov ini bukan dihasilkan dari tambang atau semacamnya, melainkan barang curian. Ceritanya diawali dari kelakuan kriminil seorang penjaga kuil di daerah Pondicherry India. Si penjaga ini entah karena butuh uang atau semacamnya, berani mencuri Black Orlov. Awalnya, berlian ini adalah bagian mata dari patung Brahma yang ada di situ.

Black Orlov yang terkutuk [Image Source]
Black Orlov yang terkutuk [Image Source]
Pencurian ini berhasil dan kemudian si penjaga pun menjualnya ke seorang penadah. Mungkin karena patung itu sangat sakral, kemudian dipercaya jika permata ini lalu dikutuk oleh sang Brahma. Kutukannya sendiri tak jauh-jauh dari kematian.

Kematian Pertama Lantaran Black Orlov

Dari tangan sang penjaga kuil, kemudian Black Orlov berpindah tangan ke seorang kolektor permata yang diketahui bernama JW Paris. Paris sendiri kemudian berhasil menjual permata ini dengan harga yang sangat-sangat mahal. Pasalnya, berlian hitam diketahui sebagai salah satu jenis paling langka di dunia.

Black Orlov memakan korban [Image Source]
Black Orlov memakan korban [Image Source]
Sayangnya, kebahagiaan Paris tak bertahan lama. Pasalnya, kemudian ia mendapatkan kesialan yang luar biasa. Bukan rugi usaha atau semacamnya, melainkan kematian. Jadi, entah apa sebabnya kemudian tak lama setelah Paris melakukan transaksi jual beli itu, ia langsung pergi ke sebuah gedung di Manhattan, Amerika. Ia pergi ke bagian puncak lalu kemudian loncat dari sana dan akhirnya tewas. Dipercaya Paris ini adalah korban pertama dari permata Black Orlov.

Putri Bangsawan Rusia juga Jadi Korban

Setelah kematian JW Paris, entah bagaimana ceritanya kemudian berlian ini sampai ke tangan dua orang putri bangsawan Rusia. Namanya adalah Leonila Galitsine-Bariatinsky dan Nadia Vygin-Orlov. Singkat cerita dua putri bangsawan yang cantik jelita ini dengan bangga berganti-gantian memakai permata ini.

Nadia Vygin-Orlov [Image Source]
Nadia Vygin-Orlov [Image Source]
Sungguh cantik memang ketika leher mereka yang mulus dikalungkan perhiasan luar biasa ini. Namun, keduanya tak pernah tahu jika berlian ini sungguh terkutuk. Sampai akhirnya entah mungkin karena benar-benar dihantui atau semacamnya, dua putri bangsawan ini memutuskan terjun bebas dan menuju kematiannya. Kejadian ini begitu diingat banyak orang ketika itu. Bahkan Black Orlov sendiri diambil dari nama salah satu putri bangsawan ini.

Kutukan Black Orlov yang Sirna

Setelah kematian menggemparkan dua putri bangsawan Rusia itu, kemudian permata ini sampai ke tangan seorang pria bernama F. Winson. Tak seperti pemilik-pemilik sebelumnya, Winson tahu betul kalau Black Orlov dikutuk. Akhirnya ia pun berinisiatif untuk memecah berlian menjadi tiga.

Kutukan Black Orlov yang hilang [Image Source]
Kutukan Black Orlov yang hilang [Image Source]
Asalnya, Black Orlov ini memiliki berat sekitar seratusan lebih karat. Kemudian Winson memecahnya menjadi tiga bagian, lalu ia pun melengkapi Black Orlov ini dengan ornamen-ornamen. Dari sini Winson percaya jika kutukan Black Orlov sudah benar-benar hilang. Dan memang, semenjak saat itu sudah tidak ada lagi kematian-kematian lantaran berlian hitam ini.

Black Orlov yang Tak Pernah Diketahui Harganya

Tak hanya kental dengan rumor terkutuk, berlian satu ini juga dikatakan berharga sangat mahal. Walaupun begitu, tak pernah diketahui berapa harga Black Orlov. Namun, kuat dugaan jika Black Orlov ini dilabeli sangat-sangat mahal.

Harga Black Orlov yang fantastis [Image Source]
Harga Black Orlov yang fantastis [Image Source]
Kalau menurut data yang ada, Black Orlov di tahun 1969 terjual seharga $300 ribu. Ini di tahun 1969 di mana dolar nilainya tentu berbeda dari hari ini. kalau dikonversikan dengan value uang hari ini mungkin nilainya berada di kisaran 5-10 juta dolar. Kalau dikonversi dengan Rupiah nilainya adalah sekitar Rp 67-135 miliar. Lumayan ‘murah’ ya harganya.

Berlian memberikan kutukan rasanya lebih pantas untuk dijadikan skenario film. Tapi, siapa yang menyangka jika yang semacam itu sungguh terjadi di dunia nyata. Kalau kamu mungkin belum percaya dengan yang semacam ini, tidak ada salahnya untuk mampir ke museum sejarah yang ada di London dan New York.