Little Red Book, Buku Suci nan Sakti Masyarakat Tiongkok yang Kini Tak Lagi Berharga

oleh Rizal
13:00 PM on Dec 2, 2016

Little Red Book, bagi kita buku ini mungkin terkesan biasa-biasa saja. Buku Merah Kecil, apa sih maksudnya? Jelas bukan sesuatu yang spesial melainkan hanya mengundang rasa penasaran saja. Ketika bagi kita biasa saja, siapa yang menyangka kalau Little Red Book ini sangat berpengaruh bagi orang-orang Tiongkok. Bahkan, buku ini bisa dibilang sebagai kitab panduan hidup mereka.

Tidak bercanda lho ketika dikatakanLittle Red Book ini adalah buku panduan hidup orang-orang Tiongkok. Pasalnya, buku yang memang kecil itu dibuat oleh seorang Mao Zedong. Pria ini bisa dibilang sebagai sosok yang bisa bikin Tiongkok sehebat sekarang. Dulu, Tiongkok terseok-seok sekali. Bahkan pernah dibikin seperti sampah oleh Jepang di masa penjajahannya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Mao Zedong [Image Source]
Mao Zedong [Image Source]
Kembali soal Little Red Book, buku ini memang luar biasa. Terutama karena pengaruhnya. Dulu di masa Mao berkuasa di tahun 70an, buku ini adalah pegangan wajib orang-orang Tiongkok. Hampir setiap orang memilikinya dan mengamalkan setiap isinya. Kalau kamu penasaran dengan isinya, Little Red Book ini hanya bertuliskan semacam kumpulan kata-kata bijak Mao yang jumlahnya ada ratusan ribu.

Buku Little Red Book [Image Source]
Buku Little Red Book [Image Source]
Buku ini begitu dihormati orang-orang Tiongkok di masa itu. Bahkan, Little Red Book ini jadi semacam kitab suci di mana isi-isinya diresapi seperti ajaran-ajaran agama. Makanya, kalau kemudian ada yang macam-macam dengan buku ini, entah menghina isi atau merusak fisik, maka bakal ada hukuman berat yang menanti orang tersebut. Penjara atau mungkin hukuman mati.

Para prajurit Tiongkok membaca buku merah [Image Source]
Para prajurit Tiongkok membaca buku merah [Image Source]
Little Red Book ini juga termasuk salah satu buku paling laris sedunia. Diperkirakan jumlahnya ada sekitar lima miliar eksemplar yang tersebar di Tiongkok dan seluruh dunia. Jumlah yang bikin geleng-geleng kepala itu hampir menyamai rekor penyebaran Bible alias Alkitab.

Sempat jadi pujaan bahkan dianggap suci, tapi seiring dengan lengsernya Mao dan terbentuknya pemerintahan Tiongkok yang lebih kekinian, buku ini pun tak lagi angker. Kini, nasib buku ini malah jadi semacam barang museum atau bahkan cenderamata kalau pergi ke Tiongkok. Miris ya, nasibnya hampir sama seperti Mein Kampf-nya Hitler yang kini jadi hinaan banyak orang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA