Ada hal baru lagi yang akan dicanangkan oleh pihak kepolisian di awal Bulan Maret mendatang. Adalah akan diterbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C khusus anak zaman now. Nama dari surat ini nantinya adalah SIM C milenial.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri menjelaskan kalau surat ini berlaku untuk anak kelas 11 dan 12 yang telah berusia 17 tahun. Uniknya, ini tidak hanya ditujukan bagi yang ingin membuat baru. Tapi perpanjangan SIM pun juga dilayani kok.

Irjen Pol Refdi Andri terbitkan SIM C milenial [Sumber Gambar]
Lantas, apa ya tujuan dari SIM C milenial ini? Bukannya sama saja dengan pembuatan SIM pada umumnya ya? Hmm.. memang sebenarnya sama saja kok Sahabat Boombastis. Namun program ini lebih ke mengajak kaum milenial untuk membuat surat izin mengemudi. Pasalnya, dari data yang didapatkan oleh kepolisian jika golongan anak zaman now banyak yang belum membuat surat penting tersebut.

Ini dikarenakan golongan milenial menganggap jika membuat SIM prosesnya sangat rumit. Belum lagi antri yang bisa menghabiskan banyak waktu. Maka dari itu, kepolisian membantu memfasilitasinya dengan mengunjungi sekolah-sekolah guna mempermudah pembuatan atau perpanjangan SIM. Kalau begini kan tidak akan ada yang bisa menolak toh?

Kepolisian datang ke sekolah untuk memfasilitasi pembuatan SIM C milenial [Sumber Gambar]
Kemudian, SIM C milenial tersebut juga mengajak anak kekinian untuk tertib berlalu lintas. Di mana SIM sebagai bukti kalau mereka sudah pantas untuk berkendara di jalan raya. Beda lagi jika anak-anak ini masih belum mempunyai SIM padahal sudah berusia 17 tahun. Mereka tentunya dianggap tidak taat kepada aturan. Selain itu akan rawan terkena tilangan polisi.

Dari tujuan di atas, garis besarnya adalah untuk mengajak milenial agar tertib berlalu lintas. Namun pertanyaannya, apakah SIM C milenial ini efektif supaya generasi kekinian tidak melanggar aturan? Jawabannya bisa iya atau tidak nih Sahabat Boombastis.

Untuk mempermudah proses pembuatan SIM [Sumber Gambar]
SIM C memang merupakan penanda seseorang bahwa ia sudah layak untuk berkendara di jalan raya. Tapi, itu tidak bisa menjadi simbol kalau dirinya tak melanggar lalu lintas. Buktinya banyak orang-orang yang mempunyai SIM namun ternyata masih tidak mengenakan helm saat berkendara atau tetap melawan arah meskipun hal tersebut dilarang. Itu semua tergantung dari pribadi masing-masing.

BACA JUGA : Hayo, Ngaku! 5 Alasan Klasik ini Membuatmu Malas Buat SIM, kan?

Jadi itulah alasan mengapa SIM C milenial diterbitkan oleh kepolisian. Tak lain dan bukan adalah untuk mengajak kaum zaman now untuk membuat surat penting yang wajib dibawa berkendara. Sehingga tak ada alasan bagi para milenial untuk tidak mempunyai SIM saat ini.