Mayoritas masyarakat Indonesia pasti mengenal Akhdiyat Duta Mojo alias Duta Sheila on 7. Bahkan banyak dari mereka yang menyebut dirinya sang legenda atas kiprahnya di dunia musik Indonesia. Namun, berbeda dari musisi kebanyakan Duta benar-benar memiliki karisma yang tak terkalahkan.

Sehingga, semakin menua dirinya malah ketambahan dan bukannya kehilangan banyak fans. Dalam ulasan berikut, Boombastis.com akan mengungkapkan 6 hal yang jadi alasan kenapa kalian harus ngefans dengan sosok satu ini. Simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Sudah manggung selama 20 tahun, tetap membumi saat promosi lagu baru

Duta Sheila on 7 Promosi Lagu Baru [sumber foto]
Beberapa waktu lalu, akun gosip @lambe_turah mengunggah sebuah pernyataan dari pengguna facebook bernama Andi Muhammad Ikhlas. Ia adalah seorang pekerja di bidang media, dan kala itu Duta meminta bantuan darinya untuk mempromosikan single baru Sheila on 7 yang berjudul Film Baru. Jika kita pikir-pikir, musisi legendaris seperti Sheila on 7, setiap mengeluarkan karya pasti akan selalu laris di pasaran, tapi tidak begitu pikiran seorang Duta. Ia tetap menganggap dirinya sebagai musisi biasa yang bisa kehilangan pendengar sewaktu-waktu.

2. Bersedia nyanyi di kondangan dengan sound system ala kadarnya

Bagi Sahabat Boom (saboom) sekalian yang mengaku sebagai Sheila Gank—sebutan untuk fans Sheila on 7, pasti sudah pernah melihat video Duta menyanyi di kondangan yang beredar luas. Ya, kala itu, ia sedang menghadiri pernikahan kerabat dekatnya dan didapuk untuk menyumbangkan suaranya di sana. Meski hanya berbekal electone dan sound system seadanya, Duta tetap menyumbangkan suara terapiknya. Sehingga para tamu pun terpukau dengan persembahannya.

3. Tetap nyanyi untuk fans meski sudah diusir polisi

Ketika sedang mengadakan konser di Yogyakarta, panitia penyelenggara yang mengundang Sheila on 7 tampaknya kurang koordinasi dengan pihak keamanan. Hal tersebut dikarenakan, ketika Duta sedang asyik menghibur para Sheila Gank, tiba-tiba seorang polisi naik ke atas panggung dan menyuruh konser tersebut bubar karena sudah lewat jam malam. Tak terima dengan pengusiran itu, Sheila on 7 tetap melanjutkan konser untuk menghibur fans yang sudah datang.

4. Tak pernah menolak ketika diajak foto bareng

Tak Menolak Diajak Foto Bareng Fans [sumber foto]
Salah satu keuntungan menjadi Sheila Gank atau lebih spesifiknya lagi penggemar dari Duta, kalian akan kelebihan stok foto bersama dirinya. Hal ini diungkapkan oleh salah satu penggemar Duta yang bertemunya di pinggir jalan. “Mau minta foto,” ucapnya dan Duta dengan sigap meladeni penggemarnya yang ingin berfoto. Duta pun mengungkapkan pada liputan6.com, jika dirinya sangat menghargai fans yang sudah mengapresiasi karyanya, sehingga ia ingin membalas hal tersebut dengan sekedar foto bersama.

5. Mengapresiasi musisi lain, mesti dirinya sudah jadi legenda

Duta Sheila on 7 Apresiasi Musisi Lain [sumber foto]
Banyak musisi-musisi Indonesia yang jika kebetulan bertemu dalam satu panggung akan mengambil foto bersama. Namun, bukan berarti mereka saling mengapresiasi karya satu sama lain. Berbeda dengan Duta, meski sudah tergolong sebagai legenda di dunia musik Indonesia, ia tetap humble dan mendukung musisi lainnya layaknya seorang fans. Hal tersebut dibuktikan ketika kemarin ia berfoto bersama Raisa dan juga Fadly Padi, caption yang ditulisnya benar-benar seperti seorang penggemar!

6. Keluarga saja disayang, apalagi kamu~

Duta Sheila on 7 is a family man [sumber foto]
Bukan rahasia lagi jika Duta adalah seorang family man alias pria yang sayang keluarga. Tak jarang ia mengunggah foto keluarganya ketika sedang berlibur atau sekedar bermain bulu tangkis bersama, ke dalam akun instagram pribadinya (@duta507). Ia pun sering mengunggah foto sang istri, Adelia Lontoh di sana. Benar-benar pria idaman banget, deh! Keluarga saja disayang, apalagi kamu~

7. Tak segan makan di angkringan atau jajanan kaki lima

Duta Sheila on 7 Makan di Pinggiran [sumber foto]
Beberapa musisi atau artis papan atas Indonesia anti dengan hal ini, bukan karena sombong atau sok tajir, tapi mereka jadi tak bisa menikmati waktu jika harus pergi ke restoran biasa yang ramai pengunjung. Namun untuk Duta, hal tersebut tak terlalu mengganggunya. Ia pernah kepergok pergi ke warung lesehan langganannya di Yogyakarta, pernah pula ia makan mie di pinggir jalan. Ketemu fans? Tak masalah, tinggal diladeni foto saja, kan.

Itulah 7 hal yang bisa jadi alasan kuat untuk menjadi penggemar seorang Akhdiyat Duta Modjo. Meski sudah jadi legenda, kelakuannya masih persis seperti ketika dirinya belum memiliki apa-apa. Salut banget untuk Duta, teruslah berkarya dan menginspirasi banyak orang!