Setelah Lebaran, Jakarta Kebanjiran 68.500 Orang Pendatang Baru

oleh Admin
10:41 AM on Aug 4, 2014

Hari Raya Idul Fitri telah meninggalkan banyak cerita. Mudik menjadi salah satu budaya yang mewarnai perayaan Idul Fitri di seluruh Indonesia. Warga Jakarta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, pulang kampung selama beberapa hari. Setelah mudik, mereka kembali ke Jakarta dengan membawa beberapa keluarga dan kerabat. Jumlah pertambahan penududuk Jakarta setelah Lebaran tidak bisa dihindari, karena tahun ini pun diperkirakan jumlah pendatang baru melebihi tahun lalu.Setelah Lebaran Jakarta Kebanjiran 68.500 Orang Pendatang Baru

Berdasarkan data yang dikeluarkan Purba Hutapea, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta, pendatang baru di Jakarta setelah mudik mencapai angka 51.000 orang pada tahun lalu, dilansir oleh Kompas.com, Minggu (3/8). Sedangkan tahun ini, jumlah warga Jakarta yang mudik 3.616.774 orang, dan diprediksi warga yang kembali mencapai 3.685.274 orang.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Dari perbedaan jumlah warga yang mudik dan yang kembali, diperkirakan warga Jakarta akan membengkak di angka 68.500 orang. Sebagian besar warga yang datang ke Jakarta mayoritas berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Mereka dibagi menjadi tiga golongan, pendatang yang menetap dalam waktu lama, menetap sementara dan hanya sekedar liburan saja.

Jumlah warga yang bertambah ini seolah mempertahankan tradisi untuk membawa keluarga dan kerabat untuk mengadu nasib Jakarta. Seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, warga yang datang seringkali hanya bermodal nekat dengan harapan akan memiliki kehidupan lebih baik. Namun sayangnya, bertambahnya jumlah warga Jakarta sering diwarnai dengan bertambahnya jumlah pengangguran.

Kurangnya kemampuan dan pendidikan membuat warga yang mengadu nasib kecewa. Sebagian warga biasanya kembali ke kampung halaman, namun tidak sedikit yang tetap bertahan di Jakarta demi kehidupan yang lebih baik.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak
BACA JUGA