Dalam perkembangan seragam tim di jagad sepak bola bisa dibilang telah mengalami perkembangan yang pesat. Dari awalnya hanya hitam dan putih saja untuk membedakan satu kesebelasan dengan lainnya dalam pertandingan, kini sudah memiliki corak warna, desain, dan model yang beragam. Bahkan setiap tahunnya cenderung selalu muncul inovasi baru mengenai benda tersebut.

Berkat kondisi tersebut kemunculan sebuah kostum sepak bola yang unik juga tidak bisa dihindari. Kendati bagi pembuatnya memiliki makna yang mendalam, namun terkadang bagi orang lain yang melihat jatuhnya menjadi aneh. Seperti apakah seragam-seragam sepak bola tersebut penampakannya dan klub mana yang mengenakannya? Simak ulasannya ini untuk mengetahuinya.

PSMP Mojokerto gunakan kostum berdasi layaknya taksedo

Seragam PSMP Mojokerto [Sumber Gambar]
Kendati bukan kesebelasan yang mentereng dan berlaga di kompetisi teratas Indonesia. Terobosan mengenai kostum yang dilakukan oleh PSMP Mojokerto tetaplah patut di apresiasi. Di tengah seragam bola yang mainstream mereka berani untuk terlihat berbeda dengan desain dasi dan toksedo. Menurut Manajer klub ini yakni Muhamad Sungkar, perwujudan jersey kesebelasan asal Jawa Timur ini menirukan sebuah tim bernama Cultural Leonesa. Namun tidak sepenuhnya sama, yang mana klub Eropa tidak menambahkan dasi pada kostumnya sedangkan PSMP lenkap.

Klub Spanyol, Deportivo Palencia kostumnya berbentuk Anatomi Tubuh

Kostum Deportivo Palencia [Sumber Gambar]
Deportivo Palencia pastinya menjadi sebuah klub yang masih asing di telinga kita semua. Bahkan apabila kita tidak mencarinya di mesin pencari sulit mengetahui profilnya. Namun beberapa tahun lalu kesebelasan ini sempat menjadi perbincangan lantaran kostumnya yang unik nyeleneh. Klub yang didirikan tahun 2011 tersebut menggunakan desain berwujud anatomi tubuh. Jadi menjadikan seragam bola terlihat memunculkan otot-otot berwarna coklat kemerahan layaknya organ manusia dibedah. Usut punya usut latar belakang dari pembuat kostum itu ditunjukkan untuk mengelabui lawan yang bertanding dengan mereka.

Kostum Spiderman sempat jadi seragam perang juara UEFA cup 2018

Atletico Madrid tahun 2003 [Sumber Gambar]
Setelah beberapa kali gagal mendapatkan piala, pada tahun ini akhirnya kesebelasan Atletico Madrid sukses menjadi pemenang. Kesebelasan yang dilatih Diego Simione tersebut berhasil menggenggam piala UEFA cup 2018. Prestasi yang juga menjadi pelepas dahaga dari fans yang sudah menunggu lama. Tapi tahukah kalian sobatku? Sebelum meraih hasil luar bisa itu. Rival Real Madrid ini pernah menggunakan kostum yang unik seperti beberapa tim tadi. Kejadian itu terjadi tahun 2003 kala mereka harus mengenakan seragam spiderman akibat kerjasama dengan sebuah rumah produksi film. Seragamnya berwarna biru dengan jaring laba-laba di dada.

Timnas Kamerun memiliki desain kostum tanpa lengan

Seragam Timnas Kamerun [Sumber Gambar]
Berbicara mengenai final piala Afrika tahun 2002, pastinya yang akan terlintas dalam pikiran adalah anehnya kostum Timnas Kamerun. Bahkan apabila dipikir-pikir seragam tempur Samuel Eto,o dan kawan-kawan adalah satu-satu yang dipakai pertandingan resmi. Lewat apparelnya Puma, kesebelasan yang berjuluk Singa itu mengenai kostum bola tanpa lengan. Alih-laih inovatif, banyak pengamat bola yang menyamakannya dengan kostum latihan. Bahkan menurut kabar beredar FIFA juga melarang penggunaan jersey tersebut. Menurut penyedia model itu dipilih untuk mengatasi hawa panas yang kerap muncul di laga sepak bola.

Meski dalam penampakannya beragam Jersey di ulasan ini unik, atau malah aneh. Namun menjadi bukti bagaimana banyak produsen kostum klub sat ini terus melakukan inovasi. Hal yang juga menggambarkan apabila sepak bola terus mengalami perkembangan ke berbagai macam hal. Kalian pilih yang mana nih apabila ditawarkan seragam perang klub bola di atas?