Entah dari kapan, bentuk bumi mulai diperdebatkan. Banyak penganut bentuk bumi dari berbagai teori. Bulat, datar atau kotak misalnya. Dengan berbagai dalil dan teori yang masuk akal, mereka bisa yakin akan pendapatnya. Meski banyak pendapat dari para ahli geografi, tapi tetap saja mereka tak peduli dengan itu.

Bahkan, banyak juga orang yang melakukan hal lucu bin koplak untuk membuktikan teori anutannya. Mungin terlihat remeh, tapi kalau kita telisik lebih dalam lagi, perbuatan mereka masuk akal juga. Seperti di bawah ini, beberapa contoh kelakuan orang-orang demi buktikan teori bentuk bumi yang mereka yakini.

Bersepeda beratus-ratus meter hanya untuk buktikan bumi bulat

Salah satu ilmuwan tidak tinggal diam dengan teori bentuk bumi yang beredar saat ini. Kali ini, seorang ahli yang bernama Kurtis Baute ingin bereksperimen untuk membuktikan bahwa bumi itu bulat. Adalah dengan bersepeda sejauh 138 km dari Regina hingga Stoughton di kawasan Kanada. Hal ini ia lakukan bukan berdasarkan pemikirannya sendiri. Namun, ia mencontek percobaan seorang ahli bernama Erastosthenes yang bersepeda dengan menempuh jarak sejauh 800 kilometer panjangnya.

Bersepeda untuk buktikan bumi bulat [Sumber Gambar]
Hasilnya pun sesuai dengan apa yang diduga sebelumnya. Kepada The Star Vancouver ia mengutarakan jika bumi bentuknya bulat. Alasannya karena cahaya matahari yang masuk ke bumi adalah paralel. Lalu bayangan yang dihasilkan lebih pendek empat cm dari aslinya. Sementara itu, jika bumi berbentuk datar, maka bayangan yang dihasilkan memiliki ukuran sama dengan aslinya.

Bola basket pun ikut jadi bukti dari teori bumi bulat

Selain Kurtis Baute, ada lagi pria bernama Jeff yang mampu membungkam penganut teori bumi datar. Hanya dengan modal bola basket dan kamera DSLR, ia bisa membuktikan bahwa bumi itu bentuknya bulat, bukan datar atau yang lainnya.

Bola basket digunakan untuk pembuktian [Sumber Gambar]
Lalu, pria berusia 36 tahun tersebut memperbesar bidang dari bola basket itu dengan menggunakan lensa makro. Nah, dari situ ia mengatakan jika dilihat dari jarak dekat, bola basket bentuknya memang datar. Ini diakibatkan jarak pandang yang terbatas. Begitu juga dengan bumi, kalau dari jarak pendek memang akan terlihat datar.

Aplikasi terkenal yang juga jadi bukti dari bumi bulat

Bantahan tentang bumi datar juga dilakukan oleh pria bernama Greg Pagel. Ia berusaha untuk membuktikan dengan menggunakan maps. Awalnya, ia memotret horizon dari danau yang berada di dekat rumahnya. Memang horizon yang pria berusia 47 tahun tersebut potret terlihat datar, namun ia menghitung kelengkungannya dari foto itu.

Menggunakan maps [Sumber Gambar]
Nah, setelah ia mendapat nilai dari kelengkungannya, Pagel langsung menghitung dengan menggunakan aplikasi besutan google tersebut. Dari hasil hitungannya, ia mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan. Lebih singkatnya, horizon terlihat datar jika dipandang dari jarak dekat saja.

Rela bangun roket demi dapatkan foto bumi datar

Kalau yang satu ini adalah penganut teori bumi datar. Demi membuktikan teorinya benar, pria bernama Mike Hughes tersebut rela merogoh kocek dalam-dalam. Dilansir dari Associated Press, ia membangun roket bertenaga uap di garasi rumahnya yang menghabiskan 20rb US Dollar.

Bangun roket [Sumber Gambar]
Ia membangun roket supaya lelaki berusia 61 tahun ini meluncurkan diri ke angkasa dan mendapatkan potret dari bumi datar. Namun sayangnya, belum sempat ke luar angkasa, ia sudah mengalami kecelakaan sehingga mengharuskan ia untuk menggunakan alat bantu berjalan selama dua minggu.

Ya itulah kelakuan orang-orang yang ingin buktikan teori tentang bentuk bumi. Memang agak sedikit kurang kerjaan, tapi itu bisa membungkam kubu penganut teori bentuk bumi yang lain. Jadi, kalian kubu yang mana nih? Bentuk bumi bulat atau datar?