Tak bisa dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia cocok mendapat julukan latah. Kita lihat saja dari kalangan artis, satu membuka bisnis oleh-oleh kekinian, yang lain pun ikut-ikutan. Jika ditotal semua, sudah ada lebih dari 20 kue kekinian yang tersebar di seluruh Indonesia.

Namun, artis papan atas tidak menentukan kualitas dan rasa dari kue mereka. Beberapa YouTuber spesialisasi makanan sudah membuktikannya, mereka membuat review yang jujur tanpa ada endorse ataupun suruhan dari artis yang bersangkutan. Ironisnya, Boombastis.com menemukan 5 kue terendah rasanya setelah melihat banyak review dari YouTuber. Simak ulasannya berikut ini.

1. Roti Mama Nia (Nia Ramadhani), paling sering dihujat

Di antara beberapa oleh-oleh kekinian lainnya, bisa dibilang Roti Mama Nia merupakan newbie alias anggota baru dalam bisnis ini. Baru saja diluncurkan, menantu dari Abu Rizal Bakrie ini bukannya mendapat tanggapan yang baik, tetapi malah hujatan. Banyak netizen yang bilang bahwa rotinya lumayan keras dan isinya tidak manis.

Roti Mama Nia [sumber gambar]
Melihat fenomena tersebut, para YouTuber pun beramai-ramai mencicipi Roti Mama Nia yang tokonya berada di Jakarta ini. Mereka pun merasakan hal yang sama, sehingga Nia Ramadhani pun berinisiatif untuk memperlihatkan proses pembuatan rotinya kepada netizen. Namun, mereka malah menemukan kejanggalan ketika Nia Ramadhani mencicipi rotinya sendiri, ekspresinya kurang meyakinkan ketika berkata roti tersebut enak, dilansir dari grid.id.

2. Pevo Cake (Pevita Pearce), rasa mint-nya disebut seperti pasta gigi

Berbeda dengan Roti Mama Nia yang berbasis di Jakarta, oleh-oleh kekinian produk Pevita Pearce berlokasi di Bandung. Meskipun banyak kue artis yang bertempat di Bandung, adik dari Keenan Pearce ini tak takut untuk bersaing. Review jujur dinyatakan oleh YouTuber bernama MGDALENAF bersama rekannya.

Pevo Cake [sumber gambar]
Ia mencoba beberapa kue artis dan berakhir di Pevo Cake. Kala itu, ia mencicipi rasa mint velvet. Komentar pertama yang keluar dari mulutnya adalah eneg dan kue bolunya agak berat. Selain itu, MGDALENAF sendiri menyatakan ia menyukai varian mint, namun Pevo Cake membuat rasa tersebut tampak seperti pasta gigi.

3. Bandung Kanaya (Amy Qanita), bolunya berasa bantet

Sama seperti Pevo Cake, Bandung Kaya milik ibu dari Raffi Ahmad ini juga di-review oleh YouTuber MGDALENAF. Sama-sama berbasis di Bandung, YouTuber satu ini ingin membandingkan beberapa produk artis yang tersebar di sana. Tekstur dari kue milik Amy Qanita ini seperti brownies tapi diadu dengan selai dengan varian masing-masing.

Bandung Kanaya [sumber gambar]
Kala itu, MGDLENAF mencicipi rasa cokelat dan green tea. Namun, ketika dicoba, ekspektasinya tak sesuai dengan realita yang ada. Ia menyatakan bahwa tekstur kue Amy Qanita bukannya brownies tetapi seperti bolu biasa dan agak bantet. Selain itu, rasanya tawar sehingga memang harus dicocol ke dalam selai. Hal yang menjadi minus dari Bandung Kanaya adalah selainya terasa terlalu manis.

4. Cirebon Sultana (Indra Bekti), 4 bocah ingusan menyatakan tak suka

Penulis pun melakukan riset pada YouTuber lainnya, dan menemukan channel YouTube KokikuTV yang juga me-review beberapa oleh-oleh artis. Bedanya, channel ini mengajak 4 bocah yang sama sekali tak mengenal sang artis sehingga bisa dibilang review kali ini jujur sejujur-jujurnya.

Cirebon Sultana [sumber gambar]
Ketika mencicipi Cirebon Sultana milik Indra Bekti, 4 bocah ini menyatakan hal yang sama. Mereka bahkan memuntahkan potongan kue yang telah dimakan. Kemungkinan besar, rasa dari Cirebon Sultana tak sesuai dengan anak-anak, siapa yang tahu jika tujuan pasar mereka merupakan orang dewasa?

5. Bandung Makuta (Laudya Chintya Bella), terlalu asin!

Meskipun Laudya Chintya Bella termasuk artis angkatan pertama yang membuka bisnis kue kekinian, ternyata tanggapan masyarakat tak memuaskan hatinya. Sama seperti Cirebon Kelana, 3 dari 4 bocah menyatakan Bandung Makuta rasanya terlalu asin dan seperti sudah lama.

Bandung Makuta [sumber gambar]
Padahal, jika kita mengintip ke lapak Bella di Bandung, kue ini termasuk salah satu oleh-oleh yang paling laris. Banyak pengunjung dari luar kota rela antri untuk mendapatkan satu kotak Bandung Makuta. Namun, lidah bocah memang tak bisa berbohong.

Setelah mengumpulkan beberapa review YouTuber dan tanggapan masyarakat, Boombastis.com menemukan 5 kue di ataslah yang paling terendah dari oleh-oleh lainnya. Namun, kembali lagi, selera orang biasanya berbeda-beda, kadang juga mereka mendapatkan kue-kue tersebut dari jasa titip yang kemungkinan besar sudah disimpan sejak lama.