in

Rumah di Solo Lebarnya Hanya 1 Meter, Bagian Dalamnya Sungguh Bikin Melongo

Melihat rumah mewah bertingkat yang luasnya enggak kira-kira mungkin sudah biasa, lalu bagaimana kalau ada hunian sempit yang berkebalikan dengan itu? Unik bukan? Seperti itulah bentuk salah satu rumah di Solo yang sedang viral dan tersebar di berbagai platform media sosial.

Rumah ini sangat mencolok dari bangunan yang ada di sekitarnya karena lebarnya yang hanya satu meter saja. Eits, jangan salah, walaupun terlihat kecil dari luar, katanya ada banyak hal-hal mengejutkan kalau kamu masuk ke dalam rumah. Penasaran kan? (sama, mimin juga), yuk kita lihat penampakan dalam rumah unik ini!

Dibeli sejak 21 tahun yang lalu

Rumah unik Solo [Sumber gambar]
Bagi yang penasaran banget, rumah ini terletak di Jalan Kahuripan Barat I Nomor 33, RT 02 RW 05, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Pemiliknya adalah Joko Priyanto dan Maryani. Melansir kumparan.com, rumah tersebut sudah dibeli oleh Pak Joko 18 tahun silam (2001) dan memang kondisinya seperti yang terlihat –lebih mirip gang sempit daripada rumah. Dengan lebar total 1,3 meter, rumah ini dibeli dengan harga 36 juta (zaman itu sudah lumayan mahal, ya).

Ukuran rumah yang berbentuk huruf B

Bagian dalam rumah [Sumber gambar]
Dilihat sekilas rumah Joko ini memang tampak kecil, namun saat masuk ke bagian dalam rumah ini tampak seperti rumah pada umumnya. Rumah yang diapit oleh PAUD Nur’ainiyah dan rumah warga sekitar itu memanjang ke belakang sekitar 14 meter dan membentuk huruf ‘B’. lebar rumah juga 8 meter, keseluruhan bangunan tercatat dalam sertifikat 55 meter persegi. Dihuni Bersama istri dan dua anaknya, rumah Joko ini memiliki 3 kamar tidur, toilet, dapur, ruang tamu, garasi, serta ruang terbuka lain.

Direnovasi dan dijadikan dua lantai

Ketika membelinya dulu, rumah tersebut hanya satu lantai saja. Namun, tragedi atap kamar anaknya yang ambrol membuat ia kemudian merenovasi rumah tersebut dan menjadikannya dua lantai. Perihal depan rumah yang kecil, Joko mengaku pernah ingin membeli tanah untuk melebarkan depan rumahnya. Sayang, tanah tersebut tidak dijual. Dengan kondisi yang seperti itu, ia dan keluarganya sama sekali tidak merasa sesak. Ya, karena dalamnya luas, Sobat.

Dikatakan mirip dengan rumah yang ada di Vietnam

Rumah mini di Vietnam [Sumber gambar]
Sebelum rumah milik Joko ini viral, ada sebuah rumah milik seorang wanita di Vietnam yang pernah heboh di facebook. Rumah tersebut memiliki lebar 1 meter dan Panjang ke belakang 10 meter. Rumah yang keseluruhannya dicat warna putih ini juga memiliki 2 lantai. Bedanya dengan rumah milik Joko, rumah perempuan di Vietnam ini dari depan ke belakang memang hanya satu meter saja. Hal tersebut membuat warganet heran, karena di sisi kanan dan kiri rumah terdapat lahan cukup luas yang tidak ada bangunan.

BACA JUGA: Ini Nih Deretan Rumah Dengan Bentuk Paling Unik Dan Nyentrik di Dunia!

Fenomena rumah unik di Solo ini sampai diberitakan di televisi loh. Nyeleneh memang, namun setelah salah satu stasiun televisi melakukan kunjungan, bagian dalam rumah ini nyatanya sama seperti kebanyakan rumah yang lain, luas dan terdiri dari beberapa ruangan.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Meski Tidak Cetak Gol, 4 Penjaga Gawang Ini Diam-diam Punya Harga Selangit

Terlalu Banyak Akal! Orang-orang Ini Selundupkan Narkoba ke Penjara dengan Cara Gila