in

Riwu Ga, Pria Tanpa Nama yang Berhasil Membuat Indonesia Merdeka

Riwu dan Jasanya Sebagai Penyebar Kemerdekaan

Riwu yang sangat setia kepada Bung Karno akhirnya diajak sang Proklamator untuk mendampinginya ke mana pun berada. Termasuk ketika proklamasi di mana saat itu Riwu jadi salah satu saksi mata atas deklarasi kemerdekaan bangsa ini. Nggak hanya sebagai saksi, Riwu ketika itu mendapatkan satu misi yang bisa dibilang cukup penting. Ya, sebagai pembawa berita kemerdekaan.

Proklamasi kemerdekaan [Image Source]
Proklamasi kemerdekaan [Image Source]
Jadi, setelah beberapa jam pasca proklamasi, Riwu dipanggil oleh Bung Karno yang kemudian menyuruhnya untuk menyebarkan berita kemerdekaan ini. Tanpa banyak tanya, Riwu pun berangkat ditemani oleh seorang pria bernama Sarwoko dengan menaiki sebuah mobil jeep. Tak pakai lama, Riwu langsung berdiri di kap mobil sambil berteriak-teriak sekencangnya, “Merdeka..merdeka!” begitu lontar Riwu berulang-ulang. Orang-orang awalnya memandang Riwu dengan aneh, tapi kemudian mengangguk tersenyum karena ini adalah kabar kemerdekaan.

Dari hal kecil yang dilakukan Riwu ini, pesan kemerdekaan pun menyebar ke seluruh Nusantara. Bayangkan kalau saat itu Riwu tidak ada atau mungkin dia malas. Mungkin nggak akan banyak yang tahu kalau Indonesia sudah merdeka.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Empu Nambi, Mahapatih Pertama dan Terhebat Majapahit yang Mati Menderita Karena Difitnah

Ngerinya Prosesi Bedolob, Pengadilan Sakral ala Suku Dayak Agabag