Resep Semur Ayam Pendamping Ketupat Lebaran

oleh Maya Galuh
12:56 PM on Jul 15, 2015

Kurang suka dengan makanan bersantan? Maka semur ayam bisa jadi pilihan. Menu satu ini rasanya gurih, manis dan cocok untuk segala selera. Terlebih bila anak-anak suka manis, pasti kuah semur langsung ludes deh. Nah jadi ingin mencoba memasaknya bukan?

Resep semur ayam
Resep semur ayam [ImageSource]
Resep semur ayam di bawah ini mudah dibuat lho. Selain praktis juga ada sayurnya jadi anak-anak juga mendapat asupan sayur. Yuk segera dicoba memasaknya:
Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Bahan:
1 ekor ayam kampung, potong jadi beberapa bagian kecil-kecil saja agar cepat empuk dan bumbu meresap sempurna
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
2 batang wortel, potong dadu
100 gram buncis, rajang
Bawang goreng secukupnya
3 buah kentang ukuran sedang
minyak secukupnya untuk menggoreng
500 ml air
100 gram bumbu dasar putih
1 sdm saus tomat
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
1 biji pala, geprek
5 tangkai cengkeh
5 cm batang kayu manis
8 sdm kecap manis

Langkah Membuat:
1. Setelah ayam dipotong dan dicuci bersih, kerat-kerat dan lumuri dengan campuran dari perasan air jeruk nipis dan 1sdt garam. Biarkan dahulu selama 20 menit.
2. Jika sudah selesai, goreng hingga matang tapi jangan sampai kering. Tiriskan.
3. Untuk membuat kuah, masak air dan masukkan pala, cengkih, kayu manis serta bumbu dasar putih. Jika sudah mendidih, masukkan saus, garam, merica serta kecap manis dan aduk rata.
4. Setelah itu, masukkan sayuran dan ayam yang telah digoreng tadi, serta kentang yang telah diiris dan digoreng dahulu.
5. Jika sudah matang, segera sajikan selagi hangat dengan taburan bawang goreng dan kerupuk udang.
Sajikan hangat, taburi bawang goreng.

Tips memasak semur ayam:
1. Pastikan bumbu ayam sebelum digoreng sudah meresap. Ini agar ayam lebih tasty alias terasa.
2. Pakai kecap manis yang pekat dan gurih agar rasanya makin sedap.
3. Jika suka, boleh ditambahkan potongan cabai rawit jika ingin terasa agak pedas.

Selamat mencoba!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA