Resep Opor Ayam Istimewa

oleh Maya Galuh
11:25 AM on Jul 15, 2015

Menu opor ayam tidak bisa dipisahkan dari deretan sajian khas lebaran. Kuah santan yang gurih, taburan bawang goreng melimpah, potongan ayam kampung yang empuk ditambah dengan ketupat dan satu sendok sambal plus kerupuk udang, sungguh menggoda selera! Jika Anda berpikir bahwa membuat opor ayam ini ribet, maka sekarang nggak lagi.

Resep Opor Ayam
Resep Opor Ayam [ImageSource]
Ini dia resep dan beberapa tips masak opor ayam:
Baca Juga
5 Bahaya Menakutkan Mabuk Pakai Obat Batuk Dioplos Durian, Awas Klenger!
Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap

1/2 ekor (500gr) ayam kampung, potong 5 bagian
300 ml santan encer, dari sisa perasan santan kental
100 ml santan kental, dari 1 butir kelapa
1 lembar daun salam
1 sendok teh gula merah
1 cm jahe, memarkan
2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
minyak Secukupnya untuk menumis

Bumbu Halus:

1 cm kunyit, bakar
jinten secukupnya
6 butir bawang merah
2 butir kemiri, sangrai secukupnya
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar sangrai secukupnya

Langkah Membuat:
1. Tumis semua bumbu yang halus, jika sudah terasa harum tambahkan serai, jahe, daun salam dan lengkuas. Lanjutkan menumis hingga kecoklatan.
2. Setelah itu, masukkan ayam yang telah dibersihkan dan dipotong-potong tadi dan aduk terus hingga bumbu melumuri seluruh potongan ayam.
3. Jika sudah, tuang santan encer dan aduk lagi hingga merata. Kemudian tambahkan garam, gula merah, dan merica bubuk sambil terus diaduk.
4. Memasak opor harus sabar, tunggu hingga santan encer dan bumbu-bumbu meresap ke dalam ayam. Setelah itu tuangkan santal kental.
5. Aduk jangan sampai santan pecah dan sajikan panas-panas. Taburi dengan bawang merah goreng dan perasan jeruk nipis.

Tips memasak opor ayam:
1. Untuk memastikan ayam benar-benar sudah matang atau belum, Anda bisa menusuknya dengan garpu dan mencuilnya sedikit. Opor ayam akan amis jika daging belum benar-benar matang.
2. Jika suka pedas, boleh ditambahkan cabai yang diulek halus lalu dicampurkan saat proses memasak opor. Jika tidak suka, maka sajikan sambal terpisah.
3. Opor ayam paling nikmat disajikan bersama kerupuk udang, sambal bajak dan ketupat.
4. Pilih ayam kampung dan bersihkan jangan sampai ada darah yang tertinggal.

Selamat mencoba!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA