Resep Balado Ayam Spesial Lebaran

oleh Maya Galuh
11:28 AM on Jul 15, 2015

Anda kurang suka sajian opor ayam? Tenang, ada banyak kreasi menu ayam yang tidak kalah spesial untuk sajian lebaran. Salah satunya adalah dimasak balado. Wah pecinta pedas pasti gembira luar biasa nih! Menu khas Sumatera Barat ini jadi istimewa saat Idul Fitri tiba.

Resep Balado Ayam
Resep Balado Ayam [ImageSource]
Kenapa? Karena biasanya disajikan dengan nasi, tapi saat lebaran dimakan bersama ketupat ataupun lontong. Biasanya ditambah dengan siraman kuah kari yang gurih luar biasa. Sudah tidak sabar untuk memasaknya? Ini dia caranya:
Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong menjadi 10 bagian
500 ml air
1 batang serai, geprek hingga pipih
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprek hingga pipih

Bumbu Halus :
1 sendok teh ketumbar
2 cm jahe, memarkan
1 sdt garam
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri

Bumbu Balado :
10 buah cabai merah, rajang halus
10 butir bawang merah
2 siung bawang putih
ΒΌ sdt garam
2 buah asam kandis, utuh

Langkah Membuat:
1. Bersihkan ayam yang telah dipotong-potong, pastikan tidak ada darah yang tersisa.
2. Kemudian rebus seluruh potongan ayam bersama bumbu halus yang telah diulek hingga halus, daun salam, serai dan juga lengkuas. Biarkan hingga seluruh bumbu meresap ke dalam daging.
3. Setelah itu, tiriskan ayam lalu goreng hingga matang.
4. Untuk bumbu balado, ulek seluruhnya kecuali asam kandis.
5. Kemudian tumis bumbu balado hingga harum dan layu bersama dengan asam kandis.
6. Masukkan ayam yang telah digoreng tadi, aduk hingga merata dan bumbu balado membalur seluruh potongan ayam hingga ke seluruh bagian.
7. Sajikan panas-panas, nikmati dengan kerupuk udang goreng dan juga acar mentimun yang segar.

Bagaimana, ternyata membuat ayam balado tidak rumit bukan? Tingkat kepedasan juga bisa Anda atur sendiri. Ingin semakin pedas maka bumbu baladonya bisa Anda modifikasi sesuai selera. Tidak ada hidangan lain senikmat menu istimewa yang disantap bersama keluarga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA