Memberikan julukan Cristian Gonzales dengan El-Loco (Si Gila) bisa dibilang merupakan sebuah hal yang tepat. Pasalnya, sebagai pesepakbola ia benar-benar membuktikan label tersebut. Bahkan meski jalani kompetisi kasta kedua Indonesia dengan beberapa masalah, ia masih terus menggila lewat capaian-capaian epic-nya. Seperti salah satu contohnya beberapa waktu sukses mengantarkan PSS juara Liga 2, sekaligus promosi ke Liga1 musim depan.

Tidak berhenti disitu saja, sosok mantan punggawa Persik Kediri juga menjadi top skore klubnya sekarang dengan 15 gol. Jumlah yang juga membuktikan kalau usianya kini yang menyentuh kepala empat penghalang untuknya tampil hebat. Masih terkait bapak empat anak ini, ternyata performa hebatnya itu tidak didapatkannya dengan sendirinya, atau malah bim salabim. Dan berikut Boombastis.com berikan resep rahasia Cristian tetap bisa tampil moncer.

Mengubah gaya bermainnya

Bagi seorang Gonzales yang memasuki usia senja di sepak bola terus bermain ngeyel, belari-lari kesana kemari, tentu menjadi sebuah hal yang sulit. Berangkat dari kondisi itulah, untuk tetap menjaga performannya di atas lapangan, ia mengubah gaya bermainnya.

Aksi Gonzales [Sumber Gambar]
Dilansir Boombastis, dari laman Bola.com, pemain naturalisasi ini mengaku kalau melihat usianya tidak memungkinkan untuk mengandalkan kecepatan, maka dari itu ia lebih memilih mengandalkan otak dan insting saat berlaga. Dengan hal itu tidak dipungkiri, sosoknya menjadi penyerang cerdik yang mampu fokus mencetak gol selama 90 menit pertandingan.

Profesionalitas tinggi sebagai seorang atlet

Selain mengubah gaya bermain, resep performa Gonzales tetap hebat di usia tidak muda lagi juga disebabkan dengan kehidupan saat menjadi atlet. Seperti banyak diketahui selain terlihat menjadi sosok family man, ia juga merupakan pesepakbola yang mempunyai profesional tinggi.

Gonzales Berlatih [Sumber Gambar]
Dengan hal itulah menurut mantan pelatih Arema yang dikutip laman Bola.com, Cris Goal terus mampu menjaga konsistensi di atas lapangan. “Jika Gonzales tidak disiplin dan profesional menjalani kariernya, tidak mungkin dirinya bisa berkarier panjang seperti ini”. tutur Aji. Kisah tadi lagi membuktikan kalau selain bakat, kehidupan pemain menjadi seorang atlet yang sangat berpengaruh untuk karier.

Hal lain yang juga membuatnya tetap mampu menjaga performanya adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. El Loco sangat memilih menu makanan agar terhindar dari meningkatnya berat badan tubuhnya. Menurut istrinya Eva, yang dikutip dari soccer16.com, Gonzales hanya dihidangkan makanan dengan kualitas baik dan sehat. Berkaca dari hal itu, bukan sesuatu yang aneh kalau ia mempunyai stamina bagus meski masuk usia 40-an.

Menjadi pemain yang religius

Tidak berhenti di dua hal tadi saja, kunci sukses mantan pemain Persik ini dalam menjaga konsitensinya kabarnya juga disebabkan oleh kehidupan spiritual yang bagus. Melansir laman Kompas.com, Gonzales merupakan sosok yang religius dengan banyak mengamalkan ajaran sunah atau wajib agama yang dianutnya sekarang, mulai dari sholat lima waktu sampai khataman dan berzikir.

Gonzales dan istri [Sumber Gambar]
Bahkan, kabarnya setiap mau berlaga top skore kompetisi Indonesia tahun 2006 ini juga menyelipkan tasbih dan buku doa-doa dalam tas-nya. Istrinya Eva juga kerap melakukan pengajian mengundang ibu-ibu kalau sebelum Gonzales bertanding. Lewat kebiasaan seperti inilah seorang pemain bisa mengarahkan kehidupannya di luar lapangan jauh dari hal negatif.

BACA JUGA: Inilah 4 Capaian Hebat Cristian Gonzales yang Buktikan Usia Bukan Halangan Berprestasi

Melihat apa yang dilakukan oleh Cristian Gonzales tersebut semakin mempertegas, kalau lewat hal-hal positif lah pesepakbola bisa mempunyai karier panjang. Mungkin juga resep tadi bisa digunakan oleh pesepakbola muda saat ini, agar bisa mempunyai prestasi gemilang layaknya Gonzales.