Categories: Trending

Jordania, Negara Keren Yang Punya Ratu Cantik Jelita

Banyak negara-negara yang terkenal karena penduduknya mayoritas beragama Islam. Salah satunya adalah Yordania, yang sebelum kemerdekaannya masih bernama Transyordania. Sebuah negara yang aman dan ramah lingkungan serta mempunyai ibu kota yang sangat menawan yakni, Amman.

Ternyata ada banyak fakta mengenai negara tempat dimana Laut Mati atau Dead Sea berada ini. Berikut team Boombastis akan uraikan beberapa fakta mengenai negri elok yang katanya memiliki ratu yang sangat cantik. Kita simak sama-sama yuk sekarang.

1. Letak Dan Ibu Kota

Yordania terletak di tepi timur Sungai Yordan. Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi di timur dan tenggara, Irak di timur-laut, Suriah di utara dan Tepi Barat dan Israel di barat, berbagi kekuasaan atas Laut Mati.

Kota Amman, Yordania – (c)jalan2liburancom

Yordania memiliki luas daerah 35.637 mil persegi. Ibu kota dari negara ini adalah terletak di kota Amman. Negara indah ini memiliki tingkat kejahatan yang termasuk rendah.

2. Bentuk Pemerintahan

Pemerintahan di negara ini adalah monarki konstitusional. Yordania didirikan pada tahun 1921, di akui oleh Liga Bangsa-Bangsa sebagai negara dibawah mandat Britania pada tahun 1992 (dikenal juga sebagai Emirat Transyordania).

Raja Abdullah Dan Ratu Rania – (c)bisniscom

Pada tahun 1946, Yordan bergabung dengan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sebagai negara yang merdeka kemudian resmi dikenal sebagai Kerajaan Hasyimiyah Yordania.

Kerajaan Yordania dibagi menjadi dua belas provinsi yang dibagi lagi menjadi lima puluh empat departemen. Saat ini negara ini dipimpin oleh seorang raja bernama Abdullah II yang mempunyai istri cantik jelita bernama Ratu Rania Al-Abdullah. Perdana mentrinya bernama Awn Shawkat Al-Khasawneh.

3. Bahasa Dan Agama

Masyarakat di negara yang beribu kota di kota Amman ini menggunakan bahasa Arab untuk bahasa resminya. Sedangkan untuk kepentingn de facto perdagangan dan perbankan serta pendidikan, negara ini menggunakan bahasa universal, yaitu bahasa Inggris.

Masyarakat Jordan – (c)jordanjubileecom

Penduduk di Yordan sebagian besar menganut agama Islam dan hampir 90% nya berpegang pada ajaran agama Islam Sunni. Tapi beberapa penduduk disini ada juga yang menganut agama Kristen. Kelompok-kelompok itu di antaranya angota Gereja Kuno dari Timur, Gereja Ortodoks Yunani Yerussalem, dan lain-lain.

4. Ekonomi

Negara ini memiliki banyak industri yang bergerak dibidang pertambangan fosfat, farmasi, penyulingan minyak bumi, semen dan kalium. Sedangkan untuk pertaniannya, banyak gandum, barley, jeruk, dan tomat yang ditanam disini. Yordan juga mengeskpor fosfat, pupuk, kalium, produk pertanian, dan manufaktur.

Salah Satu Hasil Pertanian Yordania – (c)anneahiracom

Jordan memiliki perekonomian yang tumbuh cepat. Pada tahun 2000, Yordan bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia. Hal ini dilakukan dengan harapan untuk menumbuhkan perekonomian melalui reformasi dan peningkatan perdagangan.

5. Penduduk

Negara yang beribu kota di Amman ini diperkirakan terdapat populasi sebangak 6.407.085 dari hasil sensus penduduk tahun 2010. Hampir 90% penduduknya orang-orang pribumi dan sisanya adalah warga negara asing dan para pekerja imigran.

Penduduk Yordania – (c)eramuslimcom

Sebagian besar masyarakat Yordania berasal dari keturunan Arab dengan Palestina dan Irak menjadi kelompok besar. Komunitas imigran yang cukup besar diantaranya adalah Mesir, Lebanon dan Suriah. Sedangkan untuk kelompok nonn-Arab adalah Circassians, Armenia, Turkmans, Chechen, dan Romanis.

Itulah tadi beberapa fakta mengenai negara Yordania. Sangat keren dan menakjubkan. Sipa nih diantara kamu yang tertarik untuk mengunjungi Yordania ini?

Share
Published by
Rahma Muliani

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

22 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago