in

Bikin Ngeri! Ilmuwan Beberkan Ramalan Tentang Bumi Ketika Suatu Saat Matahari Mati

Beruntung Bumi memiliki matahari. Sinar hangatnya menyapa setiap pagi hingga sore hari, menyokong setiap kehidupan di planet ini. Hal ini akan terus berulang hingga ribuan, atau bahkan jutaan tahun lagi.

Namun seperti manusia, matahari juga memiliki usia. Suatu saat nanti, sang surya akan kehilangan cahayanya. Di tengah bayangan perubahan iklim yang makin ekstrem, orang-orang mulai bertanya-tanya, bagaimana rasanya hidup tanpa adanya matahari? Apakah kita masih tetap mampu untuk berdiri dan berjalan di kegelapan yang abadi?

Meski iklim makin tak menentu, jangan khawatir matahari akan segera mati

Penampakan matahari berapi-api [sumber gambar]
Hujan di musim panas, kemarau yang menyiksa, atau banjir di mana-mana. Anomali cuaca seperti sudah menjadi sarapan pagi manusia masa kini. Apakah pertanda matahari akan mati? Jangan khawatir. Meski sudah berusia miliaran tahun, matahari masih akan hidup hingga miliaran tahun lagi.

Oke, matahari tidak akan mati dalam waktu dekat. Namun apa yang terjadi ketika “dia” mulai menua?

Matahari hanya berhenti menyinari Bumi saat gerhana terjadi. [sumber gambar]
Diperkirakan matahari masih akan bersinar hingga lima miliar tahun lagi. Peradaban manusia sendiri masih belum diketahui akan seperti apa nantinya di masa tersebut. Namun, tak bisa dihindari bahwa di waktu tersebut matahari akan memasuki usia senjanya Saat itu terjadi, kemungkinan besar Bumi adalah planet mati.

Seperti apakah Tata Surya saat matahari mulai kehabisan umurnya?

Saat kehabisan bahan bakarnya, matahari akan berubah menjadi putih. [sumber gambar]
Dari jurnal Nature, yang mencatat observasi WM Keck Observatory di Hawaii, disebutkan bahwa ada sistem tata surya dengan bintang yang telah menjadi bintang katai putih (white dwarf). Sistem yang berada di dekat pusat Galaksi Bima Sakti tersebut, masih memiliki planet yang tetap berputar di orbitnya.

Kesimpulannya, Bumi akan mati namun planet-planet jauh akan tetap eksis

Ilustrasi kehancuran Bumi. [sumber gambar]
Dari catatan jurnal Nature tersebut, bisa disimpulkan bahwa ketika matahari menua, kehidupan di Bumi akan musnah. Paling parah, planet indah ini bakal menghilang dari pandangan. Namun, planet-planet yang berjarak jauh dengan matahari kemungkinan akan selamat dan tetap pada orbitnya.

Bisakah manusia berpindah ke Jupiter atau Saturnus?

Bisakah manusia hidup di planet lain seperti di Bumi? [sumber gambar]
Saat ini, para ilmuwan sedang meneliti kemungkinan manusia hidup di planet-planet jauh, seperti Jupiter, Saturnus, atau bahkan di satelit-satelit yang mengorbit pada dua planet tersebut. Mungkin dengan kemajuan teknologi yang dimiliki ribuan atau jutaan tahun lagi, manusia bisa hidup di sana. Namun peneliti tidak yakin, seberapa lama manusia dan makhluk hidup bisa bertahan dengan sokongan bintang katai putih.

BACA JUGA: Akhirnya Bisa Difoto dari Dekat, Begini Penampakan Jelas Matahari yang Bikin Takjub

Tetapi masa depan tak dapat ditebak. Selama Tuhan menginginkan makhluk ciptaan-Nya untuk hidup, sejauh itu pula peradaban manusia akan terus bertahan dan berkelanjutan. Bahkan ketika matahari tak lagi kuat untuk berpijar, sejarah akan terus tertulis di manapun manusia berada.

Written by Bayu Yulianto

Amye Un, Perempuan Asal NTT yang Ternyata Ikut dalam Pemilihan Wali Kota di Australia

Dulu Sempat Minder, Ini Kisah Anak SD yang Viral karena Punya Nama Unik ABCDEF GHIJK Zuzu