in

Ini Alasan Pesawat Tak Boleh Lewat di Atas Ka’bah sampai Pangkalan Udara AS Paling Rahasia

Larangan transportasi tak hanya berlaku bagi kendaraan di air dan darat saja. Namun hal ini juga berlaku bagi pesawat terbang. Ada beberapa wilayah yang tidak boleh dilewati oleh pesawat dengan diberi nama no-fly zones. Maskapai dan pilot harus mematuhi perintah larangan tersebut.

Ada beberapa tempat yang tidak boleh dilintasi oleh pesawat terbang. Mulai dari situs bersejarah Machu Piccu, Taj Mahal, rumah pemain sepak bola Lionel Messi  hingga Disney World. Inilah beberapa tempat yang dilarang dilintasi oleh pesawat terbang dengan alasan keamanan.

Larangan melintas diatas Ka’bah, Makkah

Larangan pesawat melintas di atas Mekkah ini sudah terdaftar di NOTAM (Organisasi Penerbangan Sipil Dunia). Alasan teknis yang mendasari larangan tersebut dikarenakan alasan keagamaan. Namun, larang paling utama dari pemerintah Arab Saudi adalah orang nonmuslim dilarang memasuki Kota Suci walaupun mereka berada di pesawat. Peraturan dari pemerintah sendiri sangatlah ketat, dengan memaksa masuk dan berpura-pura menjadi muslim hal itu bisa menjadi insiden internasional.

Mekkah merupakan tempat suci umat muslim [sumber gambar]
Menyelinap masuk melihat Ka’bah saja, hukuman yang didapat bukan main-main. Untuk teori yang mengatakan bahwa adanya medan magnet besar atau zero magnetism area hingga pesawat dan burung tidak bisa melintas di atas Ka’bah, hal tersebut belum bisa dibuktikan. Lokasi Kota Suci ini dikelilingi pegunungan dan perbukitan, sehingga suara mesin dari pesawat dapat memantul dan dianggap menggangu ibadah orang-orang muslim. Namun, dengan beberapa alasan darurat dan keamanan, penerbangan menggunakan helikopter diperbolehkan.

Larangan melintasi Tibet

Salah satu alasan pemerintah menerbitkan larangan penerbangan melintasi Tibet adalah dengan alasan keamanan. Berada di pegunungan, kemungkinan yang terjadi bila pesawat terbang melintas adalah bahan bakarnya membeku karena memiliki titik beku -47 derajat celsius. Dengan ketinggian 14.000 kaki, maka tidak memungkinkan melakukan pendaratan darurat bila terjadi masalah.

Tibet yang berada didataran tinggi [sumber gambar]
Tak hanya itu, pasokan oksigen juga tidak akan mencukupi dalam ketigian itu. Namun, Tibet tetap memiliki bandara yang beroperasi, yaitu Bandara Lhasa Gonggar di Lhasa dan Bandara nternasional Tribhuvan di Kathmandu. Tetapi, maskapai penerbangan lain akan mengindari melewati wilayah Tibet demi  keamanan.

Larangan terbang di Area 51 Nevada

Area 51 merupakan area paling rahasia dan terlarang di Amerika Serikat. Dalam peta, Area 51 merupakan pangkalan udara yang berlokasi di Danau Groom, sebuah danau kering di gurun Nevada.. Area ini dibangun untuk uji coba pada perang antara Amerika dan Uni Soviet. Banyak rumor mengatakan adanya UFO yang jatuh dan terlihat dilokasi tersebut dan sebagai uji coba pesawat tempur serta senjata nuklir.

Area 51 Nevada [sumber gambar]
Barack Obama adalah presiden AS pertama yang mengungkapkan area terlarang ini ke publik. Informasi larangan hanya sebatas karena termasuk fasilitas rahasia dan minim penjelasan. Demi keamanan, pihak pemerintah sendiri mengatakan tidak akan menoleransi pagi penyusup yang masuk.

BACA JUGA: Tak Pernah Melihat Pesawat Melintasi Langit Kakbah? Ternyata Ini Alasan di Baliknya

Larang sendiri dibuat untuk dipatuhi demi keamanan bersama. Karena tempat-tempat tersebut dapat berbahaya bagi keselamatan. Resiko bagi para penumpang burung besi ini juga sangat dipertaruhkan. Walaupun para pilot harus memutar arah lebih jauh daripada melintas di atasnya yang merupakan jalur tercepat.

Written by Terry

Fakta Tubuh Manusia Setelah Meninggal Menurut Penelitian Meletakkan Kamera di Dalam Kubur

Ratu Terlama Sepanjang Sejarah, Queen Elizabeth II Pimpin Inggris Raya Selama 7 Dekade