in

Inilah 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Bersyukur Punya Tubuh Pendek

Cowok maupun cewek yang berbadan tinggi selalu berhasil menjadi pujaan. Rasanya iri gitu ya melihat mereka yang punya kaki panjang dan selalu terlihat menjulang di antara teman-temannya. Belum lagi saat mereka bisa mengambil barang-barang di atas rak dengan mudahnya, sementara kita harus naik kursi dulu.

Jangan merasa miris! Kabar gembira, ternyata nggak selamanya jadi manusia tinggi itu lebih baik.  Tuhan itu baik, selalu menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan berimbang. Ternyata, banyak banget keuntungan jadi orang pendek yang nggak dimiliki orang-orang tinggi. Bahkan termasuk salah satunya adalah punya umur lebih panjang. Simak ulasan lengkapnya berikut.

Punya Ruang Kaki yang Luas di Bus dan Mobil

Orang pendek nggak perlu takut kesempitan saat duduk di pesawat [Image Source]
Derita punya mobil kecil adalah tempat kaki yang ada sangatlah sempit. Begitu juga kalo kita naik bus. Kaki harus tertekuk selama berjam-jam. Nggak nyaman kan? Tapi buat orang pendek, ini bukanlah masalah. Selalu ada ruang kaki yang luas buat mereka!

Bisa Tidur di Mana Saja

Tidur di sofa bukanlah masalah [Image Source]
Orang tinggi sering kesulitan menemukan tempat tidur yang nyaman. Berbeda dengan mereka, orang pendek bisa tidur di mana saja, termasuk di sofa, bangku taman, maupun troli belanja!

Nggak Perlu Khawatir Kejedot

Nggak perlu menunduk karena nggak bakalan kejedot [Image Source]
Biasanya kalau kita jalan-jalan di mall, ada beberapa tempat dengan peringatan “Awas Kepala” supaya kita bisa menghindari jedotan dengan tembok. Orang pendek nggak perlu khawatir karena kecil sekali kemungkinan mereka bakal kejedot.

Bisa Sembunyi di Tempat yang Tak Terduga

Bisa sembunyi di mana saja [Image Source]
Misalnya nih ada mantan kamu yang berniat balas dendam ke kamu dan kamu berniat untuk bersembunyi menghindarinya. Dimana kira-kira kamu bakal sembunyi? Tempat persembunyian yang baik tentunya yang tak terduga seperti di dalam kardus, di lemari penyimpanan panci, dan tempat-tempat kecil lainnya. Orang tinggi nggak bisa bersembunyi di situ, tapi buat kamu yang pendek bisa banget!

Punya Banyak Pilihan Baju

Beli baju anak-anak? Kenapa nggak? [Image Source]
Kamu belum nikah tapi beli baju anak-anak? Buat siapa? Jawabannya bisa jadi untuk kamu sendiri karena tubuhmu mungil seperti anak-anak. Ini bukan hal yang buruk karena baju anak-anak punya lebih banyak model dan lucu-lucu. Selain itu, kamu juga bisa beli baju dewasa yang seksi. Kamu jadi lebih bebas berekspresi.

Memiliki Risiko Kanker yang Lebih Kecil

Risiko terkena kanker lebih kecil [Image Source]
Keuntungan jadi orang pendek bukan cuma berlaku secara sosial saja, tapi juga secara kesehatan, lho! Penelitian membuktikan kalau mereka yang bertubuh pendek memiliki risiko kanker lebih rendah daripada yang bertubuh tinggi. Risiko kanker meningkat 11% untuk pria yang lebih tinggi 10cm. Sementara untuk perempuan, semakin tinggi 10 cm, risiko kankernya meningkat hingga 18%.

Risiko Darah Menggumpal Rendah

Risiko VTE juga rendah [Image Source]
Penelitian di Universitas Norwegia menemukan bahwa orang tinggi memiliki risiko memiliki VTE sebesar 2.5 kali lebih tinggi daripada mereka yang pendek. VTE atau Venous Thromboembolism adalah nama kolektif untuk trombosis vena dan emboli paru. Keduanya disebabkan oleh pembekuan darah yang kemudian menyumbat pembuluh. Hiiii ngeri yaa…

Jarang Stress

Hidupnya selalu rileks [Image Source]
Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas New York, laki-laki pendek yang menikah 32% tidak akan menceraikan pasangannya dibanding mereka yang lebih tinggi. Peneliti berpendapat orang pendek memiliki mental yang kuat yang dibentuk saat muda. Di masa tuanya mereka pun menjadi tidak mudah stress.

Tidak Mudah Sakit Karena Sengatan Panas

Nggak perlu takut kepanasan [Image Source]
Sering terkena sengatan matahari bisa bikin kita sakit, lho. Apalagi kita tinggal di negara tropis yang musim kemaraunya sangat panjang. Bagi orang pendek, ini semua bukanlah masalah karena menurut penelitian, orang pendek memiliki risiko sakit akibat sengatan panas yang lebih rendah dibanding orang tinggi. Ini dikarenakan semakin besar tubuh kita, semakin mudah kita merasakan panas.

Harapan Hidup Lebih Lama

Hidup panjang [Image Source]
Dengan sedikitnya masalah yang dihadapi, sedikit stress yang dialami, dan risiko penyakit yang rendah, tidak aneh jika orang pendek memiliki harapan hidup yang lebih lama. Ini juga dibuktikan oleh penelitian, lho. Rupanya, selain sebab-sebab di atas, hormon yang mengontrol tinggi badan juga memiliki pengaruh pada usia kita. Semakin rendah kadar hormon tersebut, semakin panjang umur kita.

Di balik kesedihan kita saat diejek sebagai orang pendek, rupanya banyak sekali keuntungan yang bisa kita nikmati. Mulai sekarang, nggak ada alasan lagi buat iri sama orang tinggi. Dan bahkan mereka yang menjulang itu yang seharusnya ingin seperti kita karena berbagai manfaat yang tak mereka miliki.

Written by Aisyah Putri

Leave a Reply

Luar Biasa! Orang Ini Mengaku Temukan Cara Hentikan Tsunami

Melati Kusuma, Superhero Marvell Asal Indonesia yang Nggak Kalah dari Black Widow