Puasa yang tinggal menghitung hari, membuat semua umat Islam menyiapkan segala sesuatunya. Mulai dari pembagian waktu kerja sampai berburu bahan makanan. Nah, berbicara tentang bahan makanan, pasti orang-orang tertentu agak kebingungan nih. Lantaran ada beberapa orang yang harus mengonsumsi makanan dan minuman khusus waktu puasa nanti.

Salah satunya adalah para penderita penyakit maag atau asam lambung. Mereka harus benar-benar memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang harus dikonsumsi supaya penyakitnya tidak tiba-tiba nongol waktu menjalankan puasa. Contohnya seperti di bawah ini nih.

Mengonsumsi makanan yang lambat dicerna

Mie dan kurma [Sumber Gambar]
Untuk kalian yang menderita maag ada sebuah rahasia supaya penyakitnya tidak kambuh. Itu adalah harus mengonsumsi makanan yang lambat dicerna pada saat sahur ataupun berbuka. Contohnya adalah buah kurma dan pisang. Keduanya kaya akan nutrisi sehingga kalian enggak perlu khawatir kekurangan gizi pada saat puasa. Selain itu, kurma dan pisang bisa membuat kalian tidak akan merasa cepat lapar. Sehingga badan kalian akan tetap bugar setiap harinya. Nah, untuk para anak muda jangan mengonsumsi makanan instan seperti mie atau cireng. Karena itu bisa memicu asam lambung meningkat.

Artikel Lainnya
Dianggap Tim Lemah, Beginilah Kiprah Menawan Bangladesh yang Sempat Selamatkan Timnas
Lindswell Kwok Jadi Peraih Emas Kedua, 15 Netizen Twitter Ini Ndagel Tentang Dirinya

Minum air putih yang banyak saat sahur dan berbuka

Minum air putih yang banyak [Sumber Gambar]
Lalu ada hal kedua yang harus para penderita maag lakukan yakni minum air putih sebanyak-banyaknya. Paling tidak kalian harus minum maksimal 8 gelas dalam sehari. Pembagiannya adalah setelah tidur malam, pada saat sahur, ketika adzan magrib dan sehabis shalat. Lalu untuk keempat lainnya yaitu setelah berbuka, sehabis shalat isya, tarawih dan sebelum tidur. Ini dilakukan supaya badan tidak dehidrasi dan lambung tidak bingung karena kehilangan cairan. Dengan begitu, dijamin deh tubuh kalian akan lebih segar dan tak perlu khawatir asam lambung naik.

Makan dengan porsi kecil dahulu saat berbuka

Makan dengan porsi kecil saat berbuka [Sumber Gambar]
Penyakit maag bisa kambuh ternyata bukan hanya dari jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi lho. Tapi juga karena dari pola makannya. Biasanya, waktu berbuka kita makan dan minum secara berlebihan karena menjalankan puasa seharian. Namun, hal tersebut enggak diperuntukkan kepada orang yang menderita penyakit lambung. Mereka harus memulai berbuka dengan porsi kecil terlebih dahulu. Itu dilakukan supaya lambung tidak kaget karena menerima terlalu banyak asupan makanan dan minuman.

Minum obat maag saat sahur dan berbuka

Minum obat maag saat berbuka dan sahur [Sumber Gambar]
Untuk kalian yang memang penyakit lambungnya sudah parah, wajib memperhatikan hal satu ini. Yaitu harus mengonsumsi obat ketika sahur maupun berbuka puasa. Hal ini dilakukan supaya penyakit maag tidak muncul secara tiba-tiba. Akan tetapi, obatnya harus yang sudah cocok dengan kalian ya. Jangan pernah coba-coba obat baru untuk masalah satu ini. Karena ditakutkan akan ada penyakit baru yang akan muncul di perut kalian.

Hindari tidur setelah sahur

Hindari tidur setelah sahur [Sumber Gambar]
Mungkin kalian masih belum banyak yang tahu tentang hal satu ini. Ya, itu adalah para penderita maag tidak boleh tidur setelah makan sahur. Karena jika kalian tidur setelah makan sahur, akan meningkatkan sekresi dari asam lambung. Selain itu akan ada gerak peristaltik dari pankreas yang sangat keras. Sehingga, perut kalian akan semakin tidak karuan dan akibatnya penyakit maag kambuh saat itu juga. Jadi jangan sampai kalian tidur setelah makan sahur ya. Lakukan kegiatan bermanfaat seperti mengaji atau olahraga kecil supaya tidak mengantuk.

Sudah tahu kan apa saja yang boleh dan tidak dilakukan saat berpuasa untuk pengidap maag? Jadi, jangan sampai kalian melanggarnya ya karena asam lambung bisa meningkat kapan saja tanpa kita duga. Oh iya, selain hal di atas, ada yang perlu diperhatikan lagi yaitu jangan mengonsumsi makanan pedas dan asam karena itu bisa memicu munculnya penyakit maag. Semoga artikel ini bermanfaat dan puasa kalian lancar ya.