Beberapa Puasa Sunnah dan Keutamaannya

oleh Vyra Sofia
07:00 AM on Mar 2, 2015

Sebagai ummat muslim, kita pasti sudah sangat paham bahwa puasa merupakan salah satu ibadah dalam ajaran agama kita ini, Islam. Tujuan berpuasa selain tentunya untuk mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta kita, yaitu Allah SWT, tentunya juga memiliki banyak manfaat bagi kita, selain secara jasmani mampu meningkatkan daya tahan tubuh, secara rohani pun kita bisa lebih sabar dan mampu menahan hawa nafsu duniawi yang seringnya dapat melenakan kita dan menjerumuskan kita pada dosa.

Puasa sendiri tak hanya sekedar menahan lapar, tidak makan dan minum dari waktu Subuh sampai adzan Maghrib, namun lebih kepada peningkatan ibadah-ibadah kita untuk terus membersamai puasa kita di hari tersebut, seperti lebih banyak membaca Al-Qur’an atau shalat sunnah disamping shalat wajib yang kita kerjakan, dan juga tentunya menahan amarah dan segala macam hawa nafsu yang merugikan.puasa

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

Dalam Islam, dikenal beberapa macam puasa sunnah yang diajarkan oleh Rasulullaah SAW sesuai dengan perintah Allah SWT. Puasa sunnah itu masing-masing memiliki keutamaannya sendiri. Nah, apa sajakah puasa sunnah yang dimaksud tersebut dan apa saja keutamaannya masing-masing? Ini dia ulasannya:

1. Puasa Enam Hari di Bulan Syawal

Setelah tanggal 1 Syawal di mana kita ummat muslim merayakan Hari Raya ‘Idul Fitri, maka pada tanggal sesudahnya sampai habis bulan Syawal, baik secara berurutan maupun tidak, disunnahkan kita menjalankan puasa selama 6 hari. Puasa ini memiliki keutamaan tersendiri, seperti yang disebutkan dalam hadits, Keutamaan puasa Ramadhan yang diiringi dengan puasa Syawal adalah seperti orang yang berpuasa selama setahun (HR. Muslim).

2. Puasa Hari Arafah

Pada tanggal 9 Dzulhijjah, adalah hari di mana para jemaat Haji menjalankan wukuf di padang Arafah, itulah kenapa tanggal 9 Dzulhijjah disebut sebagai Hari Arafah, dan puasa sunnah di hari itu dinamakan Puasa Arafah. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits, Keutamaan puasa Arafah adalah akan dihapuskannya dosa-dosa pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang (HR. Muslim). Nah, yang dimaksud dengan dosa tersebut adalah dosa-dosa kecil, karena kita tahu bukan bahwa dosa besar hanya bisa dihapus dengan taubatan nasuha, sebenar-benarnya taubat. Walaupun telah memiliki keutamaan, namun kita juga tidak boleh dengan enteng melakukan dosa kecil setelah puasa sunnah Arafah, karena Allah Maha Tahu, sekecil apapun niat yang ada dalam hati kita dan Allah akan membalasnya sesuai dengan niatan tersebut. Maka berhati-hatilah…

3. Puasa Sunnah Hari Senin dan Kamis

Sebenarnya tidak ada kewajiban mengiringi puasa hari Senin kemudian dengan hari Kamis atau sebaliknya. Puasa sunnah di dua hari ini sesungguhnya merupakan amalan sunnah yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah dan membantu melapangkan urusan kita di dunia maupun akhirat kelak. Pada hari Senin dan Kamis juga merupakan hari-hari dimana amal-amal hamba diangkat dan diperlihatkan kepada Allah.

4. Puasa 3 Hari Tengah di Setiap Bulan Hijriyah

Beberapa dari kita mungkin masih asing dengan istilah atau nama Puasa Sunnah Ayyamul Bidh. Puasa sunnah Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dikerjakan selama 3 hari berturut-turut pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriyah.

5. Puasa Dawud

Puasa sunnah yang satu ini tentu sudah tidak asing bagi kita. Dimana kita menjalankan puasa sunnah satu hari kemudian besoknya tidak dan lusanya berpuasa sunnah lagi, begitu seterusnya. Puasa sunnah dawud memiliki keutamaan seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits, puasa ini memiliki keutamaan karena puasa ini adalah puasa yang paling disukai oleh Allah (HR. Bukhori-Muslim).

Nah, dari kelima jenis puasa sunnah di atas dan beberapa keutamaan yang terkandung di dalamnya, semoga bisa memberikan motivasi kepada kita untuk terus dan terus meningkatkan amalan-amalan terbaik kita demi meraih keberkahan dan mendekatkan kita pada Sang Khaliq. Semoga Allah mudahkan langkah kita untuk terus menuju pada kebaikan yang bisa mengantarkan kita pada syurgaNya kelak. Aamiin… (sof)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Dibangun Mewah Berjuta-juta, TKW Ini Robohkan Rumah Barunya dengan Alasan yang Ngelus Dada Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Tak Ada yang Tak Mungkin, 4 Pria Biasa Ini Berhasil Menaklukkan Hati Artis Cantik Indonesia
BACA JUGA