Sejarah Indonesia memang selalu menarik untuk dipelajari. Latar belakang negara kita memang sangat beragam, mulai dari kerajaan Hindu-Budha yang sempat berjaya, masa-masa penjajahan Belanda dan Jepang hingga masuknya Islam ke nusantara. Masa-masa itu memberi efek dan ciri khas tersendiri kepada budaya bangsa.

Baca Juga: 4 Misteri Bung Karno Yang Heboh Hingga Hari Ini

Banyak sekali sumber yang bisa kita gali untuk menemukan fakta-fakta tentang sejarah. Namun, bicara soal dunia maya, ada sebuah kelompok studi sejarah yang menamakan diri mereka “Sejarah X”. Kelompok yang aktif di Instagram dan Twitter ini memiliki banyak koleksi foto-foto bersejarah di Indonesia yang tentu saja sangat mencengangkan. Apa saja keunikan yang bisa ditemukan di akun Instagram @Sejarah_X ? Berikut daftarnya.

1. Sutirah, Pawang Hewan Wanita Pertama di Indonesia.

Foto ini tampak sangat mengagumkan sekaligus agak seram. Seorang wanita dengan rambut panjang dan gaun putih panjang tengah berpose dengan seekor buaya. Buaya tersebut digendongnya di lengan dengan santai, seperti sedang menggendong seorang bayi. Sementara si buaya sendiri tampak nyaman dan tenang di gendongan si wanita.

Wanita ini adalah Sutirah yang lahir pada tahun 1863. Sejak kecil Sutirah sudah menunjukkan kemampuan yang khusus dalam berinteraksi dengan hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Ketika remaja, Sutirah mulai dipercayakan oleh penduduk untuk membantu segala urusan yang berkenaan dengan ternak mereka. Mulai dari mengawinkan hewan ternak, menenangkan kerbau yang mengamuk, sampai mencari ternak yang hilang.

Sutirah
Sutirah

Kemampuan Sutirah untuk berkomunikasi dengan binatang dikenal luas oleh masyarakat, hingga suatu hari Sutirah dipanggil ke sebuah perkebunan teh di Jawa Barat untuk diperbantukan menghalau macan tutul yang kerap mengganggu para pemetik teh di perkebunan itu.

Akibat kesuksesannya tersebut, Sutirah dipekerjakan di Dierenbescherming Agentschappen (lembaga pengawasan hewan bentukan kolonial). Sutirah sempat pula bekerja dengan Carl Wilhelm Weber, ahli zoologi terkenal. Bersama Weber, Sutirah berkesempatan menjelajah ke berbagai pelosok mulai dari Lombok, Sulawesi sampai ke kepulauan Tanimbar untuk mengklasifikasi hewan vertebrata.

Selanjutnya: Pak Kamit, Berjalan Ratusan Meter Demi Bertemu Bung Karno