Categories: Trending

6 Kebiasaan Puasa Khas Ala Anak Kost

Sudah tahukan gimana hidup anak rantau atau anak kos? Memutuskan segala sesuatu harus sendiri dan hidup jauh dari orang tua. Dan, sekitar 70% kehidupan mereka tergolong mengenaskan apalagi ketika bulan puasa datang. Anak rantau dipaksa hidup mandiri dan mempersiapkan segalanya sendiri untuk persiapan puasa.

Baca Juga : Lima Manfaat Memperbanyak Istighfar dalam Kehidupan Sehari-hari

Memang mengenaskan jika menjalani puasa tanpa ada orang tersayang disekitar kita. Tapi anak kos juga punya strategi sendiri agar puasa mereka lebih bermakna. Berikut ini adalah gaya anak kos (perantau) menjalani puasa di kampung orang.

1. Sahur Mewah

Jangan dikira jadi anak kos itu selamanya melarat. Salah, mereka juga bisa hidup mewah dengan makan makanan enak walau tidak ada keluarga yang mendampingi. Mewah disini bukan berarti harus masuk resto dan pesan menu spesial yang berharaga selangit loh..

Sahur Kiriman [ImageSource]
Mewahnya anak kos datang ketika sahur. Tanpa memesan paket delivery, ada orang yang akan mengirimkan paket makanan untuk mereka. Siapa lagi kalo bukan kiriman dari keluarga sendiri yang jauh. Makanan yang dikirim sangat banyak dan berbagai macam menu.

2. Buka Bersama di Acara Sosial

Kebanyakan anak kost mengartikan semua bulan di dalam kalender adalah bulan puasa. Menahan makan, minum dan membeli barang-barang yang dinginkan. Puasa bukan karena niatan puasa tetapi karena memang tidak punya duit. Jadi ketika puasa datang tidak ada bedanya bagi mereka.

Ikut Berbuka di Acara Sosial [ImageSource]
Biasanya, mereka makan hanya ketika lapar. Ini adalah alternatif terbaik untuk mengurangi pengeluaran uang bagi mereka. Dan ketika puasa datang, mereka mengambil buka bersama gratis atau membayar separuh dari harga biasa. Seperti buka bersama di pengajian atau acara sosial organisasi.

3. Buka Bersama dengan Penghuni Masjid

Gaya puasa anak kos satu ini paling sering digunakan. Alih-alih ingin jelajah masjid se-kota, tapi alasan sebenarnya adalah untuk berbuka puasa di masjid sehingga mengurangi pengeluaran untuk makan buka puasa. Hayo, ngaku siapa yang sering memakai trik satu ini?

Buka Bersama di Masjid [ImageSource]
Yah, Cara ini memang paling ampuh dari pada yang lain untuk bisa menghemat pol-polan hingga akhir bulan. Selain berbuka puasa dengan menu mewah, ada juga takjil yang sulit dijangkau bagi anak kos. Namun, tak jarang dari mereka mendapatkan zonk karena banyaknya orang di dalam masjid.

4. Bekal Makan Sahur Dari Jalanan

Selain menyediakan menu berbuka puasa, ada beberapa masjid yang juga menyediakan kotakan nasi untuk dibawa pulang bagi para musafir. Kotakan nasi inilah yang juga menjadi penyelamat anak kost dan dijadikan bekal sahur bagi anak kos, loh.

Bekal Sahur [ImageSource]
Bukan hanya di masjid saja bekal sahur ini ada. Ketika berada di perjalanan pulang, ada beberapa orang yang menyebarkan kotakan ini dijalanan. Biasanya di perempatan jalan atau di trotoar yang ramai dengan orang berkumpul.

5. Ngabuburit Gratisan

Ngabuburit gak harus selalu berdompet tebal dan membeli makanan mahal. Ujung-ujungnya ketika berbuka puasa, takjil carian tadi terdampar di meja dan tak tersentuh. Meski sebelum berbuka semuanya ingin dimakan, beda ketika sudah makan.

Sebar Takjil [ImageSource]
Makanya, banyak orang yang lebih mencari gratis dari pada beli mahal tapi tak dimakan. Anak kos juga sama. Apapun yang berbau gratis pasti cepat di ambil. Salah satunya negabuburit gratis dengan berkunjung ke lokasi perbelanjaan yang menyediakan takjil gratisan.

6. Always Mie Instan

Namanya juga anak kos. Yang namanya mie instan tak pernah ketinggal menjadi menu favorit. Bukan hanya hari biasa, puasa kalau tidak ada mie terasa hambar. Dan jadinya sahur dan buka menunya tetap sama dengan menggunakan mie.

Mie Instan [ImageSource]
Sedikit sulit untuk menghilangkan mie dari daftar menu. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki alat dapur di tempat kost. Miris, ya alternatif paling manjur mereka menggunakan rice cooker untuk masak. Ya, semuanya jadi bisa jika dengan anak kos.

Baca Juga : 7 Fenomena Kelakuan Anak Kost Masa Kini

Menyandang status anak kost memang penuh dengan suka dan duka. Tapi bukan berarti menjadi anak kos bakal sengsara selamanya. Bisa jadi ketemplok rejeki seperti diatas. Semuanya tergantung dari niatan masing-masingkan?

Share
Published by
titi

Recent Posts

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago