Categories: Trending

5 Profesi yang Sudah Identik Dengan Kota-Kota di Indonesia

Mengetahui identitas seseorang biasanya bisa dilihat dari apa yang nampak. Misalnya logat bicara, kebiasaan unik dan lain sebagainya. Nah, selain hal-hal tersebut asal seseorang juga bisa dilihat dari profesi apa yang dijalaninya saat itu.

Baca Juga : Kisah Pierre Tendean, Sang Kapten yang Salah Tangkap

Misalnya saja tukang sol sepatu. Sudah bisa ditebak asal mereka dari mana? Yup, dari cara mereka berteriak “sol sepatu” sudah sangat kelihatan jika mereka datang dari Jawa Barat. Tentunya tidak hanya ini saja, masih ada banyak jenis pekerjaan lain yang sudah identik dengan kota-kota tertentu di Indonesia.

Satu lagi, hal-hal ini cuma ada di Indonesia saja lho. Makanya kita harus bangga dan menjaga tradisi-tradisi unik dan asyik seperti ini sebagai identitas yang Indonesia Banget. Berikut ulasannya.

1. Tukang Sate

“Te.. sate..” ketika kamu mendengar penjual ini, maka sudah bisa dipastikan dari mana asalnya. Yup, betul sekali, Madura. Sate memang sudah sangat identik dengan Madura. Walaupun sebenarnya jenis makanan ini tak melulu dari sana.

Tukang sate sudah jadi trademarknya orang Madura [Image Source]
Selain logat bicara, pakaian dan gerobaknya juga jadi identitas sekali. Misalnya para penjualnya memakai kaos strip merah dan putih, lalu pakai peci. Sedangkan dari gerobaknya biasanya berbentuk runcing di bagian depan serta terdapat semacam tempat untuk membakar di bagian belakang.

Selanjutnya :  Pengacara

2. Pengacara

Profesi ini mengharuskan si empunya harus pintar bicara serta punya nada yang powerful. Jadi, kota mana yang kerap dikaitkan dengan profesi satu ini? Yup, Medan. Ya, orang-orang Batak sudah sangat lazim dikenal pandai bicara dengan suaranya yang menggelegar itu. Memang banyak dari profesi pengacara isinya adalah orang-orang Medan. Tak perlu bukti, karena contohnya sudah sering wara-wiri di televisi. Seperti Hotman Paris, Hotma Sitompul dan yang lainnya.

Profesi pengacara juga sudah identik dengan orang-orang Medan [Image Source]
Selain pengacara, profesi apa lagi yang sering dikaitkan dengan orang Medan? Benar lagi, supir angkot dan tambal ban. Mungkin di daerah lain tidak mesti begitu, namun di kota besar seperti Jakarta profesi ini dan Medan sudah jadi paket bundling. Silahkan tanya dari mana asal para supir angkot ini ketika mampir di ibukota. Pasti sebagian besar dari mereka mengaku berasal dari Medan.

Selanjutnya :  Pedagang Bakso

3. Bakso

Seperti sate, bakso sebenarnya tidak dimiliki satu daerah saja sebagai ciri khas. Namun, ketika kita membicarakan profesi yang berkenaan dengannya, maka sudah pasti yang terlintas di kepala adalah kota Malang. Akui saja bakso Malang memang jawara dan terbukti laris dimana-mana.

Bakso? Tentu saja Malang [Image Source]
Di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung banyak bakso enak yang dijajakan. Namun dari semuanya yang paling mantap rasanya memang cuma Malang. Nah, meskipun identik dengan si kota dingin, bakso kadang identik pula dengan kota Solo.

Selanjutnya : Warteg

4. Warteg

Entah karena sudah paten atau tabu untuk dilakukan orang yang bukan pemiliknya. Namun yang namanya warteg di mana-mana selalu dimiliki orang Tegal. Tak percaya coba buktikan sendiri deh.

Dari namanya saja sudah jelas kalau warteg itu hanya untuk orang-orang Tegal [Image Source]
Nama Warteg sendiri sudah menyiratkan dari mana asalnya. Yup, Warung Tegal, jadi mindset orang-orang pun sudah otomatis seperti itu. Sebenarnya ada juga sih selain orang Tegal yang memakai nama Warteg di depan kaca warung mereka. Biasanya mereka adalah orang-orang Betawi dan juga Madura.

Selanjutnya : Tukang Potong Rambut

5. Tukang Potong Rambut

Nah, bagi para pria yang ingin gaya maksimal tapi punya budget rendah, maka pilihan untuk tatanan rambut diserahkan kepada tukang cukup pinggir jalan. Nah, profesi ini sendiri mayoritas dijalankan oleh orang Madura. Mau tulisan di kaca tempatnya aneh-aneh dengan menggunakan bahasa yang super stylish, tapi bisa dipastikan salah satu tukang cukurnya adalah orang Madura.

Selain sate, Madura juga identik dengan profesi tukang cukur [Image Source]
Sebenarnya selain Madura, Bogor juga identik lho dengan profesi ini. Di kota-kota besar, justru orang-orang dari kota hujan yang lebih dikenal sebagai tukang cukup. Bahkan hal tersebut juga disematkan dalam sebuah singkatan Asgar alias Asli Garut.

Cuma di Indonesia kamu bisa menemukan pekerjaan yang bisa dikaitkan dengan nama-nama kota. Sebenarnya sebuah profesi tidak identik dengan nama kota sih, namun mindset kita sudah terbentuk demikian. Nah, selain 5 profesi di atas, mana lagi yang jenis pekerjaan yang terkait dengan kota di Indonesia menurutmu?

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

12 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

2 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago