Saat ini negara kita tercinta Indonesia tercatat sudah 6 kali berganti Presiden. Dari kurun waktu yang tersebut pernah tidak kalian berpikir di era pemimpin negara siapa Timnas Senior meraih prestasi terbaik? Tentu merupakan pertanyaan yang akan sulit untuk dijawab. Sesuatu hal yang lumrah, lantaran mungkin yang teringat dalam benak kita adalah kegagalan demi kegagalan Tim Merah Putih di beberapa kejuaraan.

Nah untuk membuka memori-memori kalian tentang capaian epik Tim Garuda dan bukti kalau sebutan Macan Asia yang pernah disandang bukan hanya tahayul belaka, Boombatis akan berikan kepada kalian kegemilangan Timnas di beberapa presiden. Pada zaman siapakah paling istimewa? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini. Lest Go.

Timnas di era kepemimpinan Soekarno

Sebagai salah satu kesebelasan yang belum terkenal namanya, Timnas di era Soekarno menjadi sebuah kuda hitam di jagad sepak bola. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penampilan Tim Merah Putih yang berhasil memperoleh hasil gemilang. Di masa pemerintahan Bung Besar tersebut Indonesia berhasil memperoleh juara di Merdeka Games tahun 1961 dan 1962.

Ilustrasi aksi Ramang [Sumber Gambar]
Selain itu, Timnas juga merasakan Olimpiade Melbourne 1956 dan kembali menjadi terbaik di Aga Khan Gold Cup 1961. Di akhir kepemimpinan-nya, Timnas kembali raih trofi lagi dengan meraih gelar Kings Cup 1968 di Thailand.  Beberapa kali uji coba ke Eropa dan Asia juga dilakukan di era Soekarno.

Selama 30 tahun memimpin Timnas meraih banyak Piala

Bukan sebuah rahasia lagi kalau ketika era pemerintah Presiden ke Soeharto Timnas banyak catatkan prestasi kegemilangan. Mulai kembali akan lolos ke ajang Piala Dunia 1986 sampai torehkan beberapa trofi di kejuaraan Asia. Capaian Timnas di Era Soeharto di mulai dengan merengkuh gelar di Merdeka Games di Malaysia (1970), Pesta Sukan 1972, Anniversary Cup III di Jakarta (1972), President Cup di Korea (1973).

Juara Sea Games [Sumber Gambar]
Sedangkan pada era 1980 sampai 1990-an, Timnas Indonesia mencatat gelar juara di ajang SEA Games, tepatnya pada SEA Games 1987 di Jakarta dan SEA Games 1991 di Manila. Capaian yang mungkin saja akan sulit untuk terulang kembali.

Timnas tetap raih gelar saat era Presiden Abdurrahman Wahid

Kendati mempunyai masa singkat kala memimpin negeri ini, namun ketika era Presiden Abdurrahman Wahid Timnas juga merasakan gelar juara. Dilansir laman PSSI.org, di tahun pria acap kali disapa Gus Dur itu, Indonesia menjadi terbaik di Piala Kemerdekaan tahun 2000. Berlaga menghadapi Myanmar, Bima Sakti cs sukses mempermalukan  negara tetangga itu dengan skor 4-1.

Aksi Gendut Doni [Sumber Gambar]
Dalam laga yang di gelar di Jakarta tersebut nama Gendut Doni menjadi pahlawan lantaran mampu menjebol gawang lawan sebanyak dua kali. Gol lain Timnas hadir dari kaki Bima Sakti dan juga Aji Santoso di menit 54 dan 58. Hasil ini membuat Timnas meraih gelar ini lagi setelah terakhir kali 1987.

Capaian Timnas di era Megawati ditunjukkan Tim Merah U-21

Setali tiga uang dengan apa yang diperoleh oleh Timnas di era Gus Dur tadi. Saat tampuk pemimpin negara beralih ke Megawati, pasukan Garuda juga hanya memperoleh satu gelar saja. Lewat Tim Merah Putih U-21, Indonesia menjadi yang terbaik di  Piala Sultan Hassanal Bolkiah 2002.  Kala itu di partai pamungkas Timnas sukses menundukkan Thailand.

Bambang Pamungkas [Sumber Gambar]
Nama Johan Prasetyo dan Rahel Tuasalamony menjadi aktor dengan gol-golnyanya. Hasil baik ini juga melengkapi perjalanan Garuda Muda yang sukses mencatatkan hasil sempurna tanpa tersentuh kekalahan. FYI, punggawa Timnas berisi pemain beken macam Samsidar, Eka Ramdani, Erik Setiawan, Bambang Pamungkas, Hamka Hamzah, Hermawan, Syamsul Chaerudin dan masih banyak lagi.

Di 2 priode SBY Timnas meraih hasil apa?

Setelah Presiden Soeharto bisa dibilang, Pak SBY (Susilo Bambang Yudoyono) mempunyai masa kepemimpinan yang tergolong panjang. Terpilih menjadi Pemimpin Negara tahun 2004 dan berakhir 2014. Lantas seperti apakah nasib Timnas? Saat di era mantan Jendral Bintang Empat ini Garuda memperoleh Piala Kemerdekaan di tahun 2008 dan raih gelar runner-up AFF.

Juara Kemerdekaan [Sumber Gambar]
Selain itu, di eranya juga anak-anak Indra Sjafri juga torehkan hasil gemilang dengan meraih Piala AFF U-19 di tahun 2013. Kala itu Evan Dimas dan kawan-kawan sukses mengalahkan Vietnam di laga puncak lewat babak adu penalti. Timnas U-19 juga lolos ke Piala Asia.

Tim Merah Putih juga raih prestasi di era Jokowi

Selain beberapa era Presiden tadi, Timnas juga memperoleh gelar disaat era kepemimpinan Joko Widodo. Namun saat pria Solo ini memimpin trofi  banyak diperoleh oleh Tim Garuda Muda. Mulai dari Timnas U-16, U-19, sampai U-23, mereka memperoleh beberapa gelar seperti AFF U-16, juara ke tiga AFF U-19, dan  juga perunggu SEA Games 2018.

Timnas SEA Games 2017 [Sumber Gambar]
Capaian yang berpotensi bertambah, lantaran kini Timnas Senior juga sedang berusaha berprestasi di ajang AFF Suzuki 2018. Kalau menurut kalian bertambah apa enggak nih sobat Boombastis? Kalau berharap tapi tetap realistis.

BACA JUGA: Jasa Bung Karno Kembangkan Sepak Bola Indonesia Hingga Negara Tetangga Bertekuk Lutut

Dari sekian ulasan tadi, tentunya kalian mengetahuinya di era Presiden siapa Indonesia memperoleh banyak gelar. Besar harapan kejayaan di masa-masa lampau dapat terulang kembali di beberapa tahun ke depan. Hal yang bukanlah suatu kemustahilan kalau melihat kemajuan sepak bola tanah air sekarang.