Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan menteri-menteri yang akan membantunya di Kabinet Indonesia Maju. Uniknya, prosesi dilakukan secara formal namun terkesan santai. Ya, kepala negara ke-7 Indonesia itu duduk lesehan di veranda Istana Merdeka sembari mengumumkan nama-nama menteri pilihannya.

Kali ini, beberapa jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju diisi oleh sosok muda dan berprestasi di bidangnya masing-masing. Ada Nadiem Makarim yang merupakan pendiri Gojek , hingga pengusaha media sekaligus mantan pemilik klub Inter Milan Erick Thohir. Terpilih sebagai menteri, simak prestasi mereka berikut ini.

Nadiem sukses membawa Gojek menjadi salah satu unicorn kebangaan Indonesia

Nadiem Makarim sukses dirikan Gojek hingga capai unicon [sumber gambar]
Berawal dari sebuah layanan transportasi, Gojek kini menjelma menjadi sebuah entitas bisnis raksasa lokal Indonesia yang berskala global. Berkat tangan dingin Nadiem Makarim, Gojek menjadi perusahaan rintisan (startup) pertama asal Indonesia yang mendapat gelar unicorn, karena telah memiliki nilai valuasi lebih dari USD 1 Milyar atau setara Rp 14,1 Triliun.

Wishnutama di balik megahnya opening dan closing ceremony Asian Games 2018

Sosok Wishnutama di balik kemeriahan acara Asian Games 2018 [sumber gambar]
Jika tak melewatkan acara opening dan closing ceremony Asian Games 2018, terlihat jelas betapa mewah dan megahnya acara yang disuguhkan saat itu. Keberhasilan tersebut, tak lepas dari peran Wishnutama sebagai Creative Director (Sutradara Kreatif) di belakang layar. Tak hanya itu, suami dari artis Gista Putri itu juga sukses mendirikan stasiun televisi dengan konsep modern bernama NET TV.

Erick Thohir berhasil selenggarakan perhelatan Asian Games 2018

Erick Thohir berhasil pimpin penyelenggaraan Asian Games 2018 [sumber gambar]
Senada dengan Wishnutama, Erick Thohir juga merupakan sosok yang berjasa besar terhadap perhelatan Asian Games 2018. Sebagai Ketua Inasgoc, ia sukses menghemat budget penyelenggaraan Asian Games 2018 dari total keseluruhan anggaran awal, dari yang semula sebesar Rp 8,7 triliun menjadi Rp 3 triliun. Bahkan, ia memastikan bahwa efisiensi tersebut itu tidak mengurangi mutu dan kualitas ajang Asian Games 2018. “Ada penghematan cukup signifikan kurang lebih Rp 3 triliun-an,” ujarnya yang dikutip dari Tempo.

Prabowo Subianto yang sukses angkat citra pencak silat Indonesia ke panggung dunia

Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) [sumber gambar]
Sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), sosok Prabowo Subianto yang kini menjadi Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju, memiliki peran besar di balik kesuksesan pencak silat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan atlet pencak silat memborong emas Asian Games pada 2018 silam. Alhasil, raihan tersebut ikut mendorong posisi Indonesia menempati urutan ke-4 dengan perolehan 31 emas.

Sri Mulyani yang bawa perekonomian Indonesia menjadi lebih baik

Sri Mulyani yang tetap dipercaya sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) [sumber gambar]
Tak heran jika nama Sri Mulyani kembali terpilih sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) di Kabinet Indonesia Maju. Menurut Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Apindo (Apindo), Shinta Kamdani yang dikutip dari Tempo mengatakan, Sri Mulyani memiliki peran siginifikan dalam menjaga stabilitas ekonomi makro nasional. Selain itu, ia juga dianggap berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017 silam.

BACA JUGA: 5 Alasan Prabowo Subianto Cocok Jadi Menhan di Kabinet Jilid II Presiden Joko Widodo

Sebelum menjadi menteri pilihan Presiden Joko Widodo di Kabinet Indonesia Maju, para tokoh di atas telah membuktikan kualitasnya di bidang masing-masing hingga membuahkan prestasi. Tentu saja, mereka juga memiliki capaian sukses lainnya yang tak kalah hebatnya. Ya, kita tunggu saja prestasi berikutnya sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju.