Di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali, nama Sri Mulyani Indrawati kembali masuk sebagai menteri yang tergolong berprestasi di Indonesia. Dilansir dari ekonomi.kompas.com, dirinya dianugerahi sebagai Menteri Keuangan Terbaik Tahun 2018 di Asia Pasifik Timur.

Penghargaan bergengsi dengan titel Finance Minister of the Year East Asia Pacific ini, diberikan oleh majalah Global Market. Di mana buletin tersebut kerap menyajikan berita pereknonomian internasional yang menjadi rujukan bagi pelaku dan instutis di bidang moneter. Tak hanya itu, sederet prestasi lain yang diberikan oleh Sri Mulyani, menjadikan dirinya layak disebut Menteri terbaik di Indonesia.

Dianugerahi The Best Minister in The World versi World Government Summit

Dalam acara World Government Summit di Dubai, Uni Emirat Arab, Menkeu Sri Mulyani dianugerahi sebagai Menteri Terbaik atau Best Minister in the World Award yang diberikan secara langsung oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum. Dilansir dari ekonomi.kompas.com, Sri Mulyani terpilih setelah melalu seleksi ketat dari lembaga independen Ernst & Young. Yang membanggakan, ia menjadi yang pertama dari menteri-menteri lain di kawasan Asia untuk menerima penghargaan tersebut.

Masuk kategori sebagai wanita berpengaruh dunia versi Forbes

Jika Forbes selama ini kerap memperingkat kekayaan para pengusaha atau orang-orang terpandang di seluruh dunia, majalah bisnis dan finansial asal AS itu juga memberikan daftar wanita-wanita yang dianggap berpengaruh secara global. Dilansir dari forbes.com, nama Sri Mulyani Indrawati masuk ke dalam kategori World’s Most Powerful Women pada 2016 dan menduduki peringkat ke-37. Hal ini berkat kecakapan dirinya saat menduduki jabatan sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Peringkat 4 sebagai manusia paling berpengaruh versi Globe Asia

Dikutip dari globeasia.com, nama Sri Mulyani bertengger di urutan ke-4 di antara 99 orang yang masuk ke dalam nominasi tersebut. Bukan tanpa alasan, majalah bisnis Indonesia yang diterbitkan dalam Bahasa Inggris itu memilih sang Menteri karena prestasinya dinilai sangat membanggakan. Dilansir dari liputan6.com, Sri Mulyani sukses dalam menjalankan program tax amnesty, di mana hal tersebut berhasil mengembalikan pajak yang seharusnya dibayarkan oleh beberapa orang Indonesia di luar negeri.

Jadi Menteri Keuangan Terbaik tahun 2006 versi Euromoney

Euromoney yang menjadi salah satu majalah bisnis dan finansial tertua di dunia (terbit sejak 1969), memberikan penghargaan kepada Sri Mulyani Indrawati sebagai Finance Minister of the year pada 2006 silam. Dilansir dari euromoney.com, Menteri Keuangan di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, dinilai sukses meredam gejolak dan isu moneter yang menghantam neraca keuangan Indonesia.

Gerak cepat Sri Mulyani yang dinilai menyelamatkan bangsa Indonesia

Salah satu gebrakan Sri Mulyani yang paling hebat adalah, keberhasilannya memaksa raksasa teknologi Google yang diwakili oleh Google Asia Pacific Pte Ltd, melunais unggakan pajaknya untuk tahun 2015 silam. Dilansir dari finance.detik.com, Menteri kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 itu juga akan mengerjar perusahaan lain seperti Facebook dan Twitter. Dilansir dari cnn.indonesia.com, Sri Mulyani bahkan sempat berdebat dengan pengacara Facebook di Singapura terkait masalah pajak yang belum dibayarkan.

Tak salah jika Sri Mulyani diberi predikat sebagai salah satu Menteri Keuangan terbaik yang dimiliki Indonesia. Mulai dari era SBY hingga Jokowi, dirinya selalu terpilih dalam kabinet kerja mereka. Hal tersebut membuktikan, bahwa Sri Mulyani memang memiliki track record bagus dengan kinerja yang diakui dunia internasional.