Presiden Joko Widodo Dijadwalkan Hadir Dalam Peringatan Tri Suci Waisak Di Borobudur

oleh Adys Disty
06:21 AM on Jun 3, 2015
Presiden Joko Widodo via okezone
Presiden Joko Widodo via okezone

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dijadwalkan akan menghadiri acara seremonial puncak peringatan Tri Suci Waisak 2015 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (2/6). Ribuan personel TNI dan Polri juga turut diterjunkan untuk melakukan pengamanan terhadap orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Petugas pun sudah melakukan gelar pasukan di Lapangan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Lebih dari 3.000 petugas diterjunkan dalam perayaan umat Buddha tersebut. Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup, artinya petugas yang terjun di lapangan nantinya ada yang mengenakan seragam dan baju batik seperti masyarakat umum. Hal tersebut dilakukan untuk kelancaran perayaan Waisak tahun ini yang dihadiri oleh Presiden.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

“RI 1 dijadwalkan hadir dalam seremoni perayaan Waisak di Candi Borobudur. Ini baru saja gelar pasukan di Lapangan Mungkid Magelang. Pokoknya siap mengamankan kunjungan RI 1 dalam rangka perayaan Waisak tahun ini. Kalau kunjungan RI 1 pengamanan sesuai dengan prosedur. Kita jamin RI 1 aman dalam kunjungannya di Borobudur, Magelang ” kata Kepala Penerangan Korem 072 Pamungkas Yogyakarta, Mayor Inf Muhammad Munasik.

Dewan Pimpinan Walubi Jawa Tengah David Hermanjaya mengungkapkan rasa kegembiraan umat Buddha atas kehadiran Presiden Republik Indonesia dalam perayaan itu. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi umat Buddha Indonesia. “Tentu saja kami umat Buddha senang atas kehadiran Bapak Presiden. Kehadiran beliau menjadi kebanggaan umat Buddha, membuktikan bahwa Presiden Jokowi dekat dengan rakyat,” kata David.

Acara seremonial perayaan Waisak rencananya digelar di Taman Lumbini, zona II kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Tri Suci Waisak sebagai perayaan umat Buddha atas tiga peristiwa yang sangat penting dalam keagamaan Buddha, yakni kelahiran Sidharta Gautama, Buddha mencapai pencerahan sempurna, dan wafat Sang Buddha Gautama.

Umat Buddha bersama para biksu sangha Walubi akan melaksanakan prosesi berjalan kaki sejauh 3,5 kilometer dari Candi Mendut melewati Candi Pawon dan berakhir di pelataran zona I Candi Borobudur. Dalam prosesi ini, mereka membawa air berkah dan api dharma sebagai sarana puja bakti detik-detik Waisak yang ditandai meditasi selama beberapa saat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA