in

Advent Bangun, Sang Aktor Antagonis Gahar yang Kini Meringkuk Lemah Tak Berdaya

Masih ingat dengan aktor Advent Bangun? Ia dahulu adalah pemain film laga yang sangat melegenda. Berkat bakatnya yang ada di dunia karate, membuat wajahnya tak pernah terlewatkan di berbagai film laga tahun 80an.

Tapi taukah kalian kalau aktor yang bernama asli Thomas Advent Perangin-angin Bangun ini memiliki jalan hidup yang tak terduga? Yang karirnya dulu bersinar sekarang ada kabar bahwa dirinya sudah tak berdaya lagi. Hmm.. memang kehidupan seseorang tak akan pernah ada yang tahu

1. Menjadi pegawai negeri sekaligus atlet nasional

Perjalanan karir yang dijalani Advent Bangun berawal dari profesinya sebagai pegawai negeri. Ia bekerja di kantor Bea dan Cukai daerah Tanjung Balai, Karimun. Tak hanya berdiam diri di tempat, aktor yang kerap disandingkan dengan Barry Prima ini ingin sekali menjadi atlet yang bertaraf nasional.

Berawal menjadi pegawai negeri sekaligus atlet karate [image source]
Oleh karena itu, beliau masuk ke perguruan karate yang bernama INKAI. Bertahun-tahun ia berlatih di tempat tersebut, tak kunjung membuatnya menjadi atlet nasional. Setelah ditelusuri, ternyata perguruan tersebut tidak diakui oleh Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI). Mengetahui hal itu, akhirnya aktor antagonis ini memutuskan untuk pindah ke INKADO. Dari tempat pelatihan karate itulah yang membawanya menjadi atlet nasional yang sangat hebat.

2. Atlet karate yang go internasional dan bertalenta di dunia film

Tak hanya menjadi atlet yang berskala nasional, aktor kelahiran 12 Oktober ini telah menjadi karateka bertaraf internasional. Kegigihan dalam berkarate membuatnya meraih kejuaraan di berbagai pertandingan. Oleh sebab itu, para produser tertarik dengan keahliannya yang sangat cocok untuk bermain di film laga.

Atlet karate yang membuka jalan untuknya ke dunia hiburan [image source]
Sehingga pada tahun 1976 untuk pertama kali ia akhirnya bermain di film yang berjudul Rajawali Sakti. Sejak saat itu banyak tawaran film laga untuk Advent yang semakin membuat karirnya bersinar cerah. Dihitung-hitung film yang sudah ia bintangi kurang lebih berjumlah 60 dan salah satunya adalah Si Buta dari Gua Hantu yang tak asing di telinga kita. Tak heran jika pria yang berasal dari Sumatera Utara ini dijuluki sebagai aktor yang melegenda.

3. Tak lagi kuat, ia memutuskan untuk jadi pendeta

Tahun 2000 merupakan berakhirnya Advent Bangun di dunia keartisan. Badan yang sudah tak lagi kuat serta umur yang telah mencapai 60an adalah alasannya untuk menarik diri dari layar kaca. Berhentinya ia bukan berarti tidak melakukan apapun dalam hidupnya, ternyata pria bertubuh kekar ini memutuskan untuk menjadi pendeta.

Setelah meninggalkan dunia keartisan, ia memutusakn untuk menjadi pendeta [image source]
Ia mengaku kalau kesehariannya ini ternyata telah membuatnya banyak berubah. Dari sifatnya yang keras dan selalu temperamental, menjadi lebih lembut dan tak cepat terpancing emosi. Selain itu ia lebih menerima keadaan dan tak menggebu-gebu seperti dulu. Yang semula ingin ini dan itu, sekarang mengalir saja mengikuti arus kehidupan.

4. Sakit gagal ginjal yang terus menggerogoti tubuhnya

Tak disangka, aktor yang dahulu memiliki tubuh yang kuat dan kekar sekarang menjadi kurus kering dan tak berdaya. Kondisi tersebut disebabkan oleh sakit gagal ginjal yang dideritanya. Karena sudah terlalu parah, Advent Bangun harus menjalani perawatan cuci darah.

Kini Advent Bangun menderita sakit ginjal [image source]
Sempat beredar kabar bahwa ia membutuhkan donor darah yang bergolongan O, tetapi keluarga sudah menekankan jika Advent telah mendapatkannya dan berhasil melewati masa kritisnya. Sampai sekarang aktor film Si Buta dari Gua Hantu tersebut belum pulang dari rumah sakit karena harus menunggu kondisinya stabil terlebih dahulu.

Perjalanan hidup Advent Bangun sangat tak disangka. Yang awal karirnya sungguh cemerlang ternyata sekarang menderita gagal ginjal. Dari sini bisa disimpulkan bahwa setiap orang seperti roda berputar yang kadang di atas atau di bawah. Sehingga jangan pernah untuk menjudge orang jika ia sedang dalam masa sulit. Bisa saja dia kedepannya bisa melebihi kesuksesan hidup kita.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Bak Itik Buruk Rupa Berubah Menjadi Princess, 9 Potret Ini Ungkap Perjalanan Hidup Soimah

Mulai Teror Bom Sampai Pembunuhan, Inilah 5 Ancaman yang Bikin Jokowi Susah Tidur