Sahabat Boombastis tentunya sering mendengar tentang ponsel yang meledak secara tiba-tiba. Nah, kali ini peristiwa serupa terjadi di Riau, 5 Februari 2019 kemarin. Salah seorang wanita berinisial N mengalami luka robek di pipinya akibat terkena serpihan smartphone miliknya.

Terlihat di rekaman CCTV, wanita yang berprofesi sebagai Tenaga Harian Lepas (THL) di Kantor Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (diskominfotik) tersebut sedang bekerja seperti biasanya. Namun tiba-tiba ponselnya yang saat itu sedang diisi baterai meledak dan akhirnya melukai sebagian wajahnya. Ledakan yang terjadi cukup parah karena api membakar sedikit meja kerjanya. Pada akhirnya semua kerabatnya membawa ia ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan.

Posted by Yuni Rusmini on Tuesday, 5 February 2019

Kalau melihat dari videonya, memang ponsel dalam keadaan diam ketika sedang di-charge. Namun usut punya usut, ternyata ada banyak penyebab mengapa handphone bisa seperti itu. Jadi, apa saja sih faktor pemicu ledakan dari smartphone?

Pertama adalah pengisian daya baterai yang tidak stabil. Nah, hal ini biasanya sering dilakukan para pengguna smartphone. Salah satunya sering bergonta ganti charger tanpa melihat berapa besar daya yang dihasilkan. Apalagi jika daya charger lebih besar dari yang dibutuhkan oleh baterai, wah kemungkinan besar ledakan bisa terjadi lho. Jadi, biasakan untuk membawa charger sendiri supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan ya.

Sering ganti charger [Sumber Gambar]
Lalu yang kedua yaitu mengisi baterai terlalu lama. Hayo ngaku, siapa yang selama ini masih melakukan hal tersebut? Jangan dibiasakan ya gengs, karena hal tersebut bisa membuat beberapa komponen pada ponsel eror sewaktu-waktu. Mungkin kalian melakukan kebiasaan ini karena menganggap jika baterai bisa bertahan lebih lama nantinya. Padahal, pemikiran itu sungguh salah kaprah. Pasalnya, lama pengisian setelah baterai 100% tidak berpengaruh kepada ketahanannya kok. Malahan, kebiasaan satu ini dapat membuat baterai hamil dan juga meledak jika sudah terlanjur parah.

Mengecas handphone terlalu lama [Sumber Gambar]
Sedangkan kemungkinan ketiga adalah baterai ponsel yang cacat. Kalau ini bisa terjadi karena dua hal yaitu kerusakan dari pabriknya atau ulah si pemilik smartphone itu sendiri. Ya, jika dari pabrik, alangkah lebih baiknya langsung meminta ganti kepada tokonya. Biasanya, ciri-cirinya adalah baterai cepat habis atau tidak dapat mengisi daya ketika baru dibeli.

Baterai rusak [Sumber Gambar]
Lalu, untuk kerusakan yang disebabkan oleh pemilik ponsel ini ada banyak ragamnya. Mulai dari seringnya mengisi baterai tidak penuh, terlalu lama charge atau bisa juga kerap menguras daya ponsel sambil bermain game dan semacamnya. Sehingga, jauhi deh kebiasaan-kebiasaan itu Ferguso.

Terlepas dari video di atas, pemicu lain yang bisa sebabkan ledakan yakni menggunakan ponsel ketika diisi. Kita memang dilarang mengoperasikan smartphone saat di-charge lantaran itu bisa membuat si ponsel menjadi lebih lelah. Benda kesayangan dari sejuta umat tersebut menjadi tidak fokus dan akhirnya kondisinya pun memanas. Jika suhu telepon genggam sudah lebih dari normal, maka bisa terjadi ledakan.

BACA JUGA : Mengenaskan! 5 Orang Ini Tewas Gara-gara Handphone

Menengok kejadian yang dialami si N tadi, ada baiknya kita untuk menghindari beberapa penyebab di atas. Jangan sampai kita lengah dan akhirnya merugikan diri sendiri. Kalau ponselnya saja sih tak masalah, tapi nyawa kita yang bakal jadi taruhannya jika tidak berhati-hati dari sekarang.