Bagi Cristino Ronaldo 5 Februari, pastinya menjadi hari yang selalu mengesankan dalam hidupnya. Pasalnya, waktu tersebut adalah tanggal dimana dirinya dilahirkan 34 tahun silam. Dalam rentang waktu panjang tersebut bisa dikatakan pesepakbola asal Portugal ini, sudah meraih banyak hal hebat di sepak bola. Bahkan jika nantinya ia gantung sepatu namanya akan terus dikenang di olahraga ini.

Masih berbicara tentang tanggal lahir Ronaldo. Ternyata saat ia diturunkan ke bumi ternyata ada banyak peristiwa besar yang juga muncul di tahun kelahirannya. Meski tidak berpengaruh kepada pemain Juventus itu, namun agaknya tetap menjadi warna menarik untuk dilihat kembali. Seperti apakah itu? Yuk mari kita bersama mengenang kembali di tahun 1985 ada apakah sebenarnya.

Guncangan gempa besar terjadi di Mexico

Mexico 1985 yang lalu, tentunya tidaklah seperti sekarang yang terlihat damai. Bahkan terpantau roda perekonomian berjalan dengan baik. Kembali berbicara 34 tahun silam negara Benua Amerika Tengah tersebut rupanya diguncang fenomena alam yang dahsyat. Dari penelusuran yang dilakukan penulis, wilayah terkenal makanan Tacos itu diterjang gempa besar.

Gempa Mexico [Sumber Gambar]
Memiliki kekuatan 8.1 skala richter, membuat daerah tersebut porak-poranda hingga menelan sekurang 10.000 sampai 40.000 orang. Gempa tersebut berpusat di lepas pantai Pasifik Michoacan, sekitar 200 mil di sebelah barat Meksiko City, ibu kota negara Meksiko

Letusan Gunung Api di Kolombia telan ratusan korban

Selain Mexico, 34 tahun silam Kolombia juga dilanda fenomena alam yang besar.Usut punya usut, negara di kawasan Amerika Selatan di hantam letusan gunung berapi yang dahsyat. Bahkan kabarnya sampai menelan korban jiwa sampai 2.300 orang.

Gunung kolombia 1985 [Sumber Gambar]
Dilansir dari Liputan 6, gunung yang meletus pada kejadian di penghujung tahun 1985 adalah Nevaldo del Ruiz. Gunung yang sebetulnya selama 150 tahun tidak mengalami aktivitas yang besar. Dari semua wilayah Kolombia terdampak peristiwa tersebut, Armero, Provinsi Tolima menjadi lokasi terparah, lantaran daerahnya harus hancur dan terkubur tanah.

Serangan Bom di Candi Borobudur

Tidak hanya wilayah mancanegara saja, pada 34 tahun yang lalu peristiwa-peristiwa besar juga terjadi di Indonesia. Salah satunya adalah serangan bom yang terjadi di wilayah Candi Borobudur. Meski tidak berbahaya dua hak tadi, tapi cukuplah membuat tempat ibadah orang Budha rusak dan menimbulkan trauma.

Kondisi Borobudur pasca di bom [Sumber Gambar]
Dilansir dari beberapa sumber motif dari peristiwa memilukan itu adalah jihad yang diotaki oleh “Ibrahim” alias Mohammad Jawad alias “Kresna”. Berkat ledakan bom sembilan stupa pada candi peninggalan Dinasti Syailendra alami kerusakan. Selain Borobudur, bus Pemudi Exspress juga diledakan di daerah Banyuwangi pada tahun 1985.

Korban penembak misterius di Indonesia capai 10 ribu orang

Masih terkait peristiwa di tahun 1985 di Indonesia, 34 tahun silam juga menjadi penanda kalau korban Petrus sudah mencapai 10 ribu orang. Dilansir laman Tempo.com, jumlah sebanyak itu adalah perhitungan dari total korban dari tahun 1982 sampai 1985.

Petrus Pak Harto [Sumber Gambar]
Pada umumnya wilayah Indonesia yang disinggahi kejadian tersebut adalah Jakarta, Yogyakarta, Bantul, Semarang, Medan, Palembang, Magelang, Solo, Cilacap, Malang, dan Mojokerto. Masih melansir laman yang sama, selain korban yang ditetapkan sebagai penjahat, korban Petrus sering kali juga berasal dari korban salah tangkap.

BACA JUGA: Enggak Hanya Jago Bola, Pemain Terhebat Ini Sukses Sebarkan Perdamaian Antar Umat Beragama

Begitulah sobat Boombastis beberapa peristiwa yang menghiasi tahun kelahiran Cristiano Ronaldo. Bagaimana banyak yang serem bukan? Namun, terlepas dari hal tersebut, kejadian-kejadian tadi menjadi bukti kalau setiap tahun ada fenomena besar di muka bumi ini. Jadi selalu berhati-hatilah dan mendekatkan diri kepada sang pencipta.