Zaman yang terus menuntut perubahan, juga membuat teknologi harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan penggunanya yang semakin bertambah. Salah satunya adalah produsen ponsel dunia yang memakai Android sebagai sistem operasinya. Di tahun 2019, banyak dari mereka yang berlomba-lomba mengeluarkan produk terbarunya. Nggak sekedar rilis, tapi juga ada tekonologi baru yang disematkan. Wah, jadi penasaran nih…

Dikutip dari laman Andorid Authorithy, nama-nama besar di industri ponsel dunia seperti Huawei, Google Pixel, Nokia dan Xiaomi, saling berkejaran satu sama lain dengan merilis produk besutan mereka di tahun 2019 ini. Bisa dibilang, ponsel yang dirilis ini termasuk jor-joran soal teknologi. Salah satunya adalah 5G yang bakal semaki ramai di masa depan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Nokia 9.1 PureView 5G

Nokia 9 PureView [sumber gambar]
The King is back! Ya, itulah yang pantas disandang oleh nokia, sang raja ponsel dulu sempat berjaya sebelum kedatangan Android. Kini tak lama berselang, Nokia kembali meluncurkan terbarunya yang telah menggunakan sistem operasi Android. Menurut rumor yang ada, Pabrikan asal Finlandia itu bakal meningkatkan kinerja kamera, dengan fokus pada video dan kinerja cahaya rendah lewat lima kameranya. Sebagai informasi, Nokia 9.1 juga dilaporkan memiliki fitur Snapdragon 855, Android 10 out of the box, dan konektivitas 5G. Ponsel ini kemungkinan akan meluncur di tahun 2019.

Xiaomi Mi Mix 4

Xiaomi Mix 3 [sumber gambar]
Xiaomi secara umum telah meluncurkan perangkat Mi Mix yang baru pada paruh kedua tahun ini, dengan Mi Mix 3 diluncurkan pada Oktober 2018. Konfirmasi kedatangan Mi Mix 4, dilaporkan melalui pos Weibo dari eksekutif perusahaan Wang Teng. Bukan sembarang produk, ponsel satu ini dikabarkan akan memiliki kamera yang lebih baik daripada sensor 64 megapixel Samsung, yang diperkirakan sebesar 108 megapixel. Untuk rilisnya diperkirakan berkisar tahun 2019.

Huawei Mate 30 Pro

Huawei Mate 20 Pro [sumber gambar]
Meski sempat tersandung dengan adaya perang dagang dengan AS beberapa waktu lalu, Huawei tetap berinovasi dengan meluncurkan produk barunya, Mate P30 Pro, yang akan dirilis pada bulan September atau Oktober 2019. Menurut rumor, Mate 30 Pro akan menampilkan layar AMOLED 6,71 inci dengan kecepatan refresh 90Hz. Ponsel ini juga dilaporkan akan menampilkan prosesor Kirin yang ditingkatkan, modem Balong 5000 untuk konektivitas 5G, dua kamera belakang 40MP dengan sensor telefoto ketiga, dan pengisian kabel dan nirkabel yang cepat.

Google Pixel 4 series

Google Pixel 4 [sumber gambar]
Seri Google Pixel 4, yang kemungkinan akan terdiri dari Google Pixel 4 dan 4 XL, diperkirakan akan memulai debutnya pada bulan Oktober. Sayang, Google belum mengungkapkan banyak informasi tentang ponsel besutannya tersebut. Meski demikian, raksasa internet itu mengonfirmasi dua fitur baru Pixel 4, yakni Motion Sense dan Face Unlock. Motion Sense menggunakan radar sensor gerak Soli pada ponsel untuk mengaktifkan gerakan tangan. Sedangkan Face Unlock, juga menggunakan Soli untuk mengaktifkan sensor buka kunci wajah Pixel 4.

BACA JUGA: 7 Ponsel Cerdas Android Harga Satu Jutaan yang Spesifikasinya Level Dewa

Dilihat dari fitur dan teknologi yang ada, deretan ponsel di atas pasti memiliki harga yang fantastis. Tapi kamu tenang aja Sahabat Boombastis. Mumpung belum rilis di pasaran, kamu bisa melihat spek dan hal-hal terbaru apa saja yang ada. Juga yang paling penting, nabung dulu sementara. Siapa tau ada yang cocok, langsung sikat ya gengs..hehe..