Barang haram ini memang ganas. Ia dapat menjerat siapa saja, tak memandang besaran harta maupun tingginya kasta. Dari rakyat jelata hingga pejabat kaya raya, ada saja yang tak kuasa menahan godaannya. Tak terkecuali dengan para pesohor layar kaca. Kerasnya persaingan dan gelap gemerlapnya dunia hiburan yang digeluti membuat narkoba semakin leluasa untuk mencengkeram mereka.

Di bawah ini ada artis-artis muda yang pernah dan tengah terjerat kasus narkoba. Padahal, artis-artis ini secara tidak langsung merupakan figur publik yang harusnya menjadi panutan atau teladan bagi para penggemarnya atau anak bangsa lainnya untuk menjauhi narkoba. Siapa saja mereka? Mari kita intip daftarnya.

Jennifer Dunn

Jennifer Dunn. [Image Source].
Untuk urusan narkoba, pemain sinetron yang satu ini bisa dibilang sebagai pionir dalam kategori “artis muda pengguna narkoba.” Ia pertama kali ditangkap aparat pada tahun 2005 karena kepemilikan sabu-sabu. Mungkin karena belum jera, ia kembali ditangkap pada Oktober 2009 karena kasus yang sama PLUS pesta seks di kamar kostnya di bilangan Jeruk Purut. Kali ini ia divonis empat tahun penjara dan denda sebesar Rp150 juta.

Revaldo

Revaldo. [Image Source].
Revaldo dikenal sebagai pemeran Rangga dalam sinetron adaptasi film “Ada Apa dengan Cinta.” Ia tercatat pernah dua kali berurusan dengan pihak kepolisian akibat kasus yang sama. Pertama pada tahun 2006 akibat kedapatan memiliki sabu, pil ekstasi, dan ganja. Lalu, yang kedua terjadi pada tahun 2010 karena kesalahan yang sama, kepemilikan narkotika berjenis sabu seberat 62 gram dan satu paket ganja.

Sammy Simorangkir

Sammy Simorangkir. [Image Source].
Sammy menjadi salah satu dari beberapa artis dalam daftar ini yang tertangkap akibat tengah berpesta narkoba di kediamannya masing-masing. Di sebuah kos di kawasan elit di Kuningan di mana ia berada, Polisi menemukan barang bukti sabu-sabu beserta alat hisapnya. Meski divonis 5 tahun penjara, namun hakim hanya menjatuhkan hukuman satu tahun kurungan saja. Pasca bebas, ia juga resmi didepak dari Kerispatih.

Roger Danuarta

Roger Danuarta. [Image Source].
Aktor yang satu ini pernah menjadi si “Boy” dalam dunia persinetronan tempo dulu. Namun, kepopulerannya meredup seiring ia bertambah usia. Baru pada tahun 2014, ia kembali menggebrak media. Namun, lewat pemberitaan negatif. Ia ditemukan pingsan dalam mobilnya dengan jarum suntik yang masih tertancap di lengannya. Beruntung, ia hanya diwajibkan menjalani masa rehabilitasi.

Sheila Marcia

Sheila Marcia. [Image Source].
Pada tanggal 7 Agustus tujuh tahun silam, Sheila Marcia ditangkap tangan sedang berpesta narkoba di apartemen Golden Sky Pluit bersama beberapa rekannya. Ia baru bisa menghirup udara bebas pada 6 Maret setahun kemudian. Namun, pada tanggal 7 September di tahun yang sama, ia kembali terjerat kasus narkoba dalam kondisi tengah berbadan dua. Baru pada tanggal 10 Februari 2010 aktris yang banyak tersandung skandal ini kembali dibebaskan.

Raffi Ahmad

Raffi Ahmad. [Image Source].
Pemuda kelahiran Bandung yang tenar lewat berbagai acara di salah satu stasiun TV swasta ini digerebek oleh BNN di rumahnya sendiri pada tahun 2013. Kasus ini cukup heboh kala itu. Namun, meski diancam hukuman penjara yang lama, suami Nagita Slavina ini pada akhirnya dinyatakan bebas lantaran disebut negarif dari ganja yang ditemukan di rumahnya. Ia hanya positif menggunakan metilon, sejenis obat-obatan yang untungnya saat itu masih belum diatur dalam perundang-undangan.

Dylan Carr

Dylan Carr. [Image Source].
Artis yang beken sebagai aktor pendukung dalam sinetron Anak Jalanan ini pada Januari tahun lalu pernah ditangkap oleh pihak polres Jakarta Selatan karena kedapatan tengah mengonsumsi narkoba berjenis sabu di lokasi syutingnya. Ia pun menjalankan proses rehabilitasi dan pada Juli di tahun yang sama dinyatakan bebas dan kembali aktif menghiasi layar kaca.

Jupiter Fortissimo

Jupiter Fortissimo. [Image Source].
Jupiter ditangkap saat sedang bertransaksi narkoba di suatu tempat karaoke di kawasan Jakarta Barat pada Mei 2016. Pria yang mengaku pernah menjadi homoseksual ini terkenal usai membintangi film Terowongan Casablanca. Oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat ia dijatuhi vonis penjara selama 2,5 tahun.

Andika dan Izzy Kangen Band

Andika dan Izzy Kangen Band. [Image Source].
Vokalis band paling karismatik di Indonesia ini juga tak mau kalah dengan artis lain yang terjerat kasus narkoba. Bersama rekan personel bandnya yang lain, Izzy, ia ditangkap pada tanggal 11 Maret 2011 setelah kedapatan mengonsumsi narkotika berjenis ganja. Keduanya pun harus bersedia manjalani hukuman di lembaga rehabilitasi narkoba milik BNN di Lido, Jawa Barat.

Andika The Titans

Andika The Titans. [Image Source].
Pemain keyboard dari band The Titans ini ditangkap di kediamannya di Sarijadi, Bandung, oleh Satuan Narkoba Polrestabes Bandung akibat dugaan penyalahgunaan narkoba jenis baru yang sedang tren, Gorila. Bahkan, santer dikabarkan ia ditangkap dalam keadaan mabuk tembakau tersebut. Padahal, di tahun 2013 lalu ia pernah bersaksi bahwa dirinya tegas tak akan mendekati barang haram tersebut.

Ridho Rhoma

Ridho Rhoma. [Image Source].
Kasus artis muda pengguna narkoba paling gres datang dari putra mahkota pedangdut legendaris Rhoma Irama, Rhido Rhoma. Ia ditangkap oleh jajaran Polres Jakarta Barat tepat pada hari kemarin, 25 Maret. Ia ditangkap di sebuah hotel karena ketahuan memiliki sabu seberat 0,7 gram. Padahal, sang ayah tengah berkampanye memperkenalkan diri sebagai bekal menjadi caleg atau bahkan capres pada pilkada serentak 2019 nanti. Tentu saja hal ini akan sangat berdampak signifikan terhadap karier politik Rhoma Irama. Sungguh terl.. la.. lu kau, nak.

Biar bagaimanapun artis-artis ini telah membuktikan bahwa seberat apapun kehidupan dan masalah yang tengah kita jalani, seyogyanya kita tak melarikan diri kepada barang haram bernama narkoba. Jika hal itu terjadi, bukannya teratasi, masalah justru menjadi kian pelik.