Ingat nggak sih dengan film Petualangan Sherina? Sama seperti Boboho, film ini merupakan hiburan yang selalu diputar saat musim libur tiba. Nggak cuma akting, para pemeran film ini juga unjuk kebolehan dalam bernyanyi dan menari. Hayo, siapa yang masih inget dulu sering niruin gaya Sherina dan Sadam ketika nyanyi? Seru memang, bahkan bikin anak-anak nggak pernah bosen meski diputar berulang-ulang. Jangan-jangan, kalian juga sering nonton film ini ya?

Film ini dirilis tahun 2000, berarti sudah 17 tahun berlalu. Para pemerannya saat ini bukan lagi anak kecil, mereka pada dewasa dan mungkin sudah punya kecengan masing-masing. Penasaran nggak sih sama kabar para pemeran Petualangan Sherina? Yuk, kita nostalgia bareng.

Sherina Munaf sebagai Sherina

Nggak asing dengan penyanyi cantik Sherina kan? Yup, diketahui kalau Sherina memang sudah berbakat sejak kecil. Si cewek kelahiran Bandung, 11 Juni 1990 ini sudah aktif di dunia hiburan sejak tahun 1999. Saat main dalam film Petualngan Sherina, ia masih 10 tahun lho.

Sherina Munaf [image source]
Tapi akting dan suaranya bener-bener tertata apik. Diceritakan kalau Sherina ini harus pindah sekolah karena ayahnya mendapatkan pekerjaan di Bandung. Di sekolah baru, Sherina malah ketemu dengan Sadam, anak cowok nakal dan sombong yang akhirnya jadi musuh bebuyutannya. Dan ternyata, Sadam sendiri merupakan anak majikan ayah Sherina di Bandung. Aduh, greget banget deh cerita mereka tuh.

Derby Romero sebagai Sadam

Sama seperti Sherina, Derby Romero juga dikenal sebagai penyanyi bersuara merdu. Dalam film ini, Derby juga memamerkan suara dan kebolehannya dalam menari. Derby berperan sebagai si anak nakal yaitu Sadam. Lucunya meski nakal dan belagu di sekolah, ketika di rumah Sadam ini sangat manja, bahkan panggilannya ‘Yayang’.  Saat ini selain bernyanyi, Derby juga kerap bermain sinetron. Salah satu sinetron yang dibintanginya bertajuk Kepompong, yang tayang di tahun 2009 lalu.

Derby Romero pemeran Sadam [image source]
Dalam film Petualangan, Meski awalnya bermusuhan dengan Sherina, tapi pada akhirnya mereka bisa bersahabat karena keduanya sempat diculik oleh Pak Raden. Ada lagu, tari, ketegangan, komedi, film ini emang komplit. Makanya bisa dinikmati semua umur. Barangkali, kalian juga lihat film ini nggak cuma sekali kan? Meski rilisnya sudah lama banget, tapi nyatanya masih sering aja tayang di layar televisi masa kini.

Mathias Muchus sebagai Ayah Sherina

Pria berwibawa ini dulu berperan sebagai Dermawan, seorang insinyur pertanian yang bekerja di supermarket. Tapi, akhirnya ia mendapat pekerjaan impiannya, yaitu mengelola perkebunan di Bandung. Konflik inilah yang pertama ditunjukkan dalam film Petualangan Sherina. Karena diceritakan kalau Sherina ini nggak rela ninggalin Jakarta, sudah begitu banyak sahabat yang ada di sekolahnya.

Mathias Muchus [image source]
Kebayang kan, ketika si ayah bilang ingin memboyong keluarga ke Bandung. Sedih banget pastinya. Sosok Dermawan diperankan begitu sempurna oleh aktor senior Mathias Muchus. Pribadinya menggambarkan sosok ayah kebanyakan, yang penyayang tapi tetap tegas.

Didi Petet sebagai Papi Sadam

Nah, pemeran papinya Sadam juga nggak kalah keren, yaitu aktor senior Didi Petet. Diceritakan kalau pak Ardiwilaga ini merupakan . Ia juga sosok pria yang bisa bekerja sama dengan ayahnya Sherina. Sebagai ayahnya Sadam, peran Didi Petet juga begitu apik. Sama berwibawanya dengan Mathias Muchus—si Ayah Sherina. Didi Petet memang dikenal sebagai pemain teater dan juga film dan sinetron.

Didi Petet [image source]
Tapi, aktor senior ini sudah meninggal pada 15 Mei 2015 silam di usianya yang ke 58 tahun akibat penyakit lambung yang telah lama dideritanya. Meninggalnya Didi Petet memang banyak membuat pihak berduka, tapi meski sudah tiada, namun karya-karyanya masih tetap bisa menghibur banyak orang, termasuk film Petualngan Sherina.

Ratna Riantiarno sebagai mami Sadam

Ini nih, sosok yang bertanggung jawab kenapa Sadam bisa jadi ‘Anak Mami’. Dalam cerita Petualangan Sherina, Sadam memang merupakan satu-satunya anak laki-laki yang dimiliki oleh orangtuanya. Karena terlahir sebagai bungsu dan laki-laki tunggal, jadilah Sadam sangat disayang oleh kedua orangtuanya, terlebih oleh maminya yang over protektif.

Pemeran mami Sadam [image source]
Sosok mami yang baik hati dan sangat menyayangi Sadam itu diperankan oleh Ratna Riantiarno. Selain dikenal sebagai artis, perempuan kelahiran Manado, 23 April 1952 ini juga manajer seni pentas dan aktifis teater Indonesia. Awalnya, aktris senior ini juga penari. Berkat kemampuan menarinya juga, Ratna sering wira-wiri ke luar negeri. Wih, luar biasa ya!

Itulah beberapa tokoh yang terlibat dalam film keluarga Petualangan Sherina. Film satu ini tergolong sukses besar, kebukti karena jadi hiburan legendaris yang nggak ngebosesin. Wajar sih, para artisnya saja keren semua. Semoga kedepannya ada film tema keluarga yang sesukses Petualangan Sherina, ya.