Anjing adalah salah satu hewan buas dengan gigi tajam yang bisa menyerang saat mereka merasa bahwa dirinya terancam. Namun, meskipun begitu, anjing yang galak dan buas sekalipun bisa dilatih mematuhi perintah dalam jangka waktu tertentu.

Tetapi, tetap saja tipe anjing pemburu terlatih ini harus ada di bawah pengawasan tuan mereka. Karena sewaktu-waktu anjing pemburu tetap pada kodrat mereka, menyerang siapapun yang dianggap sebagai ancaman. Satu dari banyak kejadian adalah yang dialami oleh Bima Aryo. Kabar tentang tewasnya ART Bima karena serangan Belgian Malinois miliknya sedang santer dibicarakan.

Lalu, apakah masih bisa selamat orang yang habis terserang dan tergigit anjing? Bisa saja, asalkan penanganan dan pertolongan pertama yang dilakukan kepada mereka sesuai dengan prosedur. Berikut ini Boombastis.com berikan tipsnya untuk pembaca semua.

Bersihkan dengan air hangat

Basuh dengan air hangat [sumber gambar]

Melansir laman hellosehat.com, luka gigitan anjing yang tidak begitu parah sebenarnya bisa kamu tangani sendiri di rumah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Pertama, Bersihkan luka bekas gigitan dengan air hangat selama beberapa menit menggunakan kain bersih ataupun bola kapas. Selanjutnya, jika gigitan tak berdarah, maka kamu harus memencet tempat gigitan agar darah keluar. Cara ini berfungsi untuk mencegah bakteri masuk ke dalam luka.

Tangani dengan benar dan beri obat

Obati dan bungkus dengan kain kassa [sumber gambar]

Selanjutnya, kamu bisa memberikan obat pereda rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Setelahnya, oleskan juga salep antibiotik, biasanya kebanyakan orang akan memakai neosporin atau basitrasin, fungsinya adalah mencegah kuman berkembang biak di luka bekas gigitan. Setelahnya, bungkus luka dengan perban ataupun kain kassa yang bersih.

Pergilah ke dokter jika muncul gejala lain

Pergilah ke dokter [sumber gambar]

Penanganan di atas adalah cara jika luka tidak terlalu parah dan tidak menimbulkan gejala lain. Selanjutnya, jika setelah diobati di rumah namun muncul gejala lain seperti kemerahan, bengkak, rasa hangat, lunak saat di sentuh, atau bahkan disertai dengan demam, maka pergilah ke dokter atau tenaga medis professional, karena kita tidak pernah tau apakah anjing yang menggigit baik-baik saja atau malah terinfeksi, sedang sakit, dan rabies.

BACA JUGA: Selama Ini Salah Kaprah! Begini Cara yang Benar untuk Tangani Korban Gigitan Ular Berbisa

Jika sudah melakukan langkah di atas, maka ikuti segala hal yang disarankan oleh dokter. Selanjutnya, dokter akan memberikan obat serta menangani sesuai dengan kebutuhan pasien. Tetapi, kembali lagi ke diri kalian masing-masing ya Sobat, kalau misalnya memang sejak awal sudah takut terjadi hal-hal yang tak diinginkan, maka ada baiknya langsung ke dokter saja. Ya, penanganan secara mandiri juga tidak membantu apa-apa kalau langkah-langkah yang diambil salah. Semoga bermanfaat!!!